film / Serial

Cinta Segitiga dalam “Hattie”

John Le Mesurier, Hattie Jacques, dan John Schofield

Hattie bukanlah film layar lebar, tapi semacam film televisi yang dirilis di BBC pada tahun 2011 lalu. Bukan tipikal film favorit gue juga sih. Gue tersasar nonton Hattie gara-gara pengin lihat Aidan Turner (Kili, The Hobbit; Mitchell, Being Human). Tetapi, setelah nonton gue ya… terkesan dengan ceritanya.

Kisah dalam film Hattie sendiri diangkat dari cerita nyata. Tentang kehidupan rumah tangga seorang artis tahun 50-60an, Hattie Jacques. Jadi, dari keseluruhan film selain akting pemain-pemainnya yang keren, ceritanya yang bikin gue tersentuh.

Tempo hari, gue nggak sengaja ikut nimbrung ngomongin tentang selingkuh bersama beberapa teman. Dan film ini bercerita tentang itu….

Hattie Jacques (Ruth Jones) adalah aktris yang cemerlang di masa itu, ia menikah dengan John Le Mesurier (Robert Bathrust), yang juga seorang aktor. Pernikahan mereka bahagia, saling cinta, saling sayang. Mereka punya dua anak, Robin dan Kim.

Pada suatu hari, ketika Hattie ikut membantu program Leukemia gitu, dia ketemu dengan John Schofield (Aidan Turner) yang anaknya meninggal karena penyakit tersebut. John Schofield ini lebih muda ya daripada Hattie. Keduanya kemudian terlibat hubungan asmara gitu deh. 

John Schofield (Aidan Turner) | aaakkk kembalikan rambut keriting seksi Aidankuh!

John Schofield yang bermasalah dengan istrinya (minta cerai dari istrinya), akhirnya diperbolehkan tinggal sementara di rumah Hatti, juga dengan seizin John Le Mesurier. Anak-anak Hattie senang John Schofield ada di rumah karena jadi ada teman main. Karakter John Schofield ini memang enerjik dan karismatik, beda dengan John Le Mesurier yang kalem dan suka baca buku.

Nah, ketika tinggal serumah ini hubungan rahasia John Schofield dan Hattie makin menjadi-jadi. Pada akhirnya, John Le Mesurier memergoki istrinya dan John Schofield ini lagi bermesraan di kamar. Tapi, John Le Mesurier nggak marah… dia bilang dia pengin marah, tapi nggak bisa. Dia juga nggak mau pergi karena nggak bisa membayangkan hidup tanpa Hattie. Begitu pula Hattie, ngasih alasan yang sama ke John Schofield bahwa dirinya nggak bisa hidup tanpa suaminya.

John Le Mesurier ngerti kalau affair yang terjadi antara istrinya dan John Schofield mungkin bisa merusak karir istrinya. Makanya, John Le Mesurier tetap memilih tinggal di rumah, tapi dia tuker kamar. John Le Mesurier tinggal di kamar tamu, sementara John Schofiedl pindah ke kamar utama biar bisa bareng Hattie.

Hattie dan John Schofield di Kamar Utama

John Le Mesurier tetap memperlakukan istrinya penuh cinta, meski ia ngerasa posisinya makin terdesak sama si John Schofield. Kepada Hattie, John Schofield juga terus-terusan minta biar John Le Mesurier pindah dari rumah. Puncaknya ketika Hattie diundang dalam talkshow ‘This is Your Life’-nya BBC. Di show tersebut, orang-orang yang penting bagi Hattie dimunculkan dalam talkshow tersebut. Inilah yang bikin John Schofield berang karena dia nggak bisa berada dalam jajaran orang-orang tersebut–nggak bisa terang-terangan di depan umum.

Hattie dan John Le Mesurier di ‘This is Your Life’

Hattie pun akhirnya ngobrol dengan John Le Mesurier tentang hubungan mereka. Hattie mendorong suaminya itu untuk pedekate ke teman Hattie yang juga aktris, Joan Malin. John Le Mesurier yang udah berteman juga dengan Joan Malin pun nggak lama untuk bisa dekat. Akhirnya, John Le Mesurier dan Hattie Jacques pun memutuskan untuk berpisah–cerai.

Setelah adegan terakhir, Hattie keluar dari gedung pengadilan, ada sedikit cerita lanjutan tentang hubungan Hattie dan John Schofield serta John Le Mesurier. Hubungan Hattie dan John Schofield nggak bertahan lama, cuma sekitar lima tahun, dan setelah itu John Schofield ninggalin Hattie karena perempuan lain. Sementara itu, Hattie dan John Le Mesurier tetap jadi teman baik sampai akhir hidup Hattie.

Di sepuluh menit terakhir film tersebut gue nangis. Gue nangis ketika ngelihat John Le Mesurier di rumahnya sendiri, tapi istrinya sama orang asing. Gue nangis ketika John Le Mesurier dan Hattie ngomong mau cerai ke anak-anak mereka. Ketika Le Mesurier dan Hattie berpisah, ya ampun, gue masih yakin seribu persen kalau Le Mesurier itu masih cinta banget sama Hattie. Masih cinta banget.

Film ini dramanya kental banget. Meski buat gue sendiri film ini secara sinematografi nggak terlalu mengesankan (gue lebih terkesan dengan North and South yang gue tonton juga semalem). Jadi ya, yang bener-bener jleb ceritanya sih, sedih. Kalau memang lagi patah hati atau terlibat cinta segitiga, film ini bener-bener gue rekomendasiin.

Akting-akting pemainnya bagus. Ekspresi sedihnya Le Mesurier dapet banget dan menyayat hati banget. Hattie yang jatuh cinta juga bagus. Begitu juga si Schofield yang menggemaskan (karena banyak adegan shirtless) dan bersikap agak meledak-ledak seperti pemuda-pemuda seumurannya.

Karena film ini kebanyakan dari sudut pandang Hattie, jadi, dibanding menghakimi Hattie yang kelihatannya ‘maruk’. Gue malah lebih sering jatuh simpati sih sama Hattie. Meski kadang kesel juga sama Schofield dan kasihan sama Le Mesurier.

Jadi, ya gue nulis ini cuma untuk numpahin uneg-uneg tentang cerita segitiga Hattie aja. Kesimpulan dari film ini ya… disimpulkan sendiri aja. Maksudnya masalah selingkuh itu kan benar-nggaknya tergantung dari mana ngelihatnya. Kalau ngerasa jadi korban ya salah, kalau ngerasa pelaku biasanya ngaku salah, tapi dalam hati berdalih benar.

Oh ya, gue nemu artikel tentang affair Hattie ini dari wawancara bersama anaknya, Robin, ketika rilis film Hattie. Ini cuplikannya:

‘Kim and I adored him,’ says Robin. ‘Our own father was loving but distant, and Schofield was funny and charismatic. He reminded me of Cary Grant.

‘The change to my mother was extraordinary. She really blossomed. We all felt good.’

Except for Le Mesurier. When he finally realised Schofield was his wife’s lover, he agreed to let his rival take his place in the marital bed.

Le Mesurier moved to the attic room, an arrangement kept secret from friends and the public.

‘My father must have been in so much pain,’ says Robin, ‘but he longed to see her happy.’

‘I don’t hate Schofield, because he made my mother so happy,’ says Robin.

Read more: http://www.dailymail.co.uk/femail/article-1347202/Hattie-Jacques-John-Le-Mesurier-The-love-triangle-son-believes-killed-her.html#ixzz2Iwoy9Dx9

Adit

Sumber gambar: http://aidan-turner.com

catatan: betapa banyak nama John yang gue tonton semalam. John Le Mesurier, John Schofield, John Porter, John Thornton. Porter dan Thonrton itu dimainin sama Richard Armitage.

4 thoughts on “Cinta Segitiga dalam “Hattie”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s