buku / film / Resensi

The Hobbit An Unexpected Journey: Chronicles II Creatures & Characters

April lalu satu lagi tie-in book dari The Hobbit: An Unexpected Journey dirilis. Kali ini bagian kedua dari seri Chronicles yang disusun oleh Weta Workshop, yaitu Chronicles II: Creatures & Characters. Gue termasuk yang ikut pre-order, tapi karena via bookdepository jadi nggak dapet tanda tangan dari Daniel Falconer, dkk.

Kemasan buku ini masih serupa dengan Chronicles: Art & Design, dengan format coffee table book. Setebal sekitar 200-an halaman fullcolor dan hardcover. Beratnya nggak jauh bedalah dengan buku Chronicles: Art & Design, sekitar sekiloan lebih dikit. Gue terima paketnya sih beratnya 1.3 kg.

Chronicles II: Creatures & Characters dengan jelas membahas karakter-karakter serta makhluk-makhluk yang terdapat di film The Hobbit: An Unexpected Journey. Membahas tentang hobbit, dwarfs, goblin, orcs, wizards, stone giant, sampai binatang-binatang teman-teman Radagast. 

Kalau di Chronicles: Art & Design semua isinya berupa ilustrasi dari tim Weta dan Art directors The Hobbit AUJ, buku kedua ini berisi foto-foto selama proses syuting berlangsung. Setiap karakter dibahas disertai komentar-komentar dari para aktor, bagian make-up, prostetik, sampai kostum.

Para aktor mengungkapkan proses-proses sejak casting hingga akhirnya mendapatkan desain karakter mereka sendiri. Serta bagaimana mereka interaksi dengan karakter lain hingga mendapatkan chemistry. Bagaimana kerja sama dengan bagian prostetik, make up, dan kostum untuk membuat bentuk wajah yang pas dan ekspresif.

Orang-orang di belakang panggung juga menceritakan bagaimana mereka harus bekerja setiap hari. Bagaimana menyiapkan properti, beberapa properti kostum dan make up (terutama wig) ada yang berasal dari masa Lord of The Rings. Cerita tentang alis buatan yang harus diganti setiap hari. Richard Armitage mengungkapkan bagaimana dia menempel alis-alis palsunya di meja make up.

Juga ada penjelasan tentang hewan-hewan yang ada di The Hobbit AUJ. Untuk warg, ternyata ada seekor anjing yang dijadikan aktor mo-cap (motion capture).

Dan banyak cerita menarik lainnya.

Buku ini bukan buku yang sekali dua kali dibuka dan selesai dibaca. Gue sendiri sejak punya udah berkali-kali buka dan lebih suka lihat gambar-gambarnya, haha… Foto-fotonya sendiri sebagian sudah pernah kita lihat di media-media, sisanya eksklusif untuk buku ini.

Jika ingin tahu bagaimana proses dibalik persiapan sebuah karakter di The Hobbit AUJ, buku ini bagus banget. Kalau ngikutin dari Chronicles: Art & Design, akan kerasa sekali bagaimana setiap desain karakter yang tadinya cuma gambar. Kemudian dibuat semacam model (bahkan setiap desain punya modelnya sendiri, Thorin aja ada beberapa macam wajah), sampai akhirnya bisa diaplikasikan ke si aktor.

Buku ini ditutup dengan dua halaman full isinya mata Benedict Cumberbatch, eh Smaug. Sebagai bonus, buku ini dilengkapi daftar perbandingan ukuran setiap makhluk yang ada di The Hobbit AUJ, dari stone giant hingga Bilbo.

Untuk fans berat film The Hobbit, buku ini harus punya nih pokoknya. Kalau bisa lengkap juga dengan bagian pertamanya. Kayaknya sih nanti bakal ada seri Chronicles untuk setiap film, ya kalau memang niat koleksi siap-siapin dompet aja. Buku The Hobbit AUJ: Chronicles II ini bisa didapatkan di toko-toko buku internasional (Amazon, Barnes & Noble, Bookdepository, atau langsung di Weta.com) atau toko buku impor di Indonesia (periplus.com, opentrolley.com). Di bookdepository, kemarin gue dapet dengan harga sekitar $35. Sementara di periplus.com harga yang tertera adalah Rp 420000,- (bebas ongkir).

Bogor, Mei 2013

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s