buku / Resensi

Seoul Love Story

Judul: Seoul Love Story

Penulis:  Meiliana Zaenudin

Penerbit: Gramedia

 

Gue dalam pencarian novel bertema idola-fans ketika sampai ke buku ini. Kebetulan baru dan dipajang mencolok dengan kover yang unyu banget di toko buku, akhirnya gue beli. Sebenernya, baca sinopsisnya udah ngerasa pola cerita yang dipunya pasaran dan nggak bikin penasaran, tapi tetep aja gue akhirnya beli. Hahaha…

Ceritanya tentang Abriel janda muda, 22 tahun, yang kuliah ke Seoul. Abriel kerja part-time di sebuah toko. Pada suatu hari, tiba-tiba ada cowok ganteng ala boiben Korea gitu masuk toko. Dia kaget karena Abriel nggak tahu siapa dia dan kemudian ninggalin aja gitu nomor telepon. Beberapa hari kemudian, Abriel diajak temennya nonton konser boiben tersebut, namanya Blue. Abriel sangat beruntung dapet undian untuk maju ke panggung ketemu dengan anggota boiben langsung. Si cowok yang ketemu tempo hari, Jaejoong, minta Abriel untuk nemuin dia selepas konser. Ketemulah mereka, tapi Abriel masih ogah-ogahan gitu deh.

Suatu malam, Abriel dapet telepon dari penjaga bar kalau Jaejoong lagi mabok. Abriel pun ngejemput si Jaejoong ini. Dan akhirnya mereka jadi sering ketemu, lalu suka. Lalu Jaejoong sering ngajak maen si Abriel dengan boibennya, meski ada Yohwan yang kelihatan kurang suka. Terus  mereka jadian, ada emak Jaejoong yang nggak setuju. Jaejoong dan Abriel putus. Abriel deket sama Yohwan. hahaha… Endingnya si Abriel balik lagi sik sama Jaejoong.

Cinderella. Fairytale. Too good to be true. And Mary Sue.

Cerita ini cocok banget kalau pengin mengonsumsi yang manis-manis. Yang full fanservice (gue baru ngeh ternyata Jaejoong ini nama salah satu anggota band beneran setelah ada yang ngomongin di timeline). Yang drama Korea banget deh cerita, beneran baca ini berasa nonton drama korea (meski gue nggak pernah nonton juga sih).

Sebenernya cara nulis si penulisnya bagus. Enak dibaca dan ngalir. Alurnya juga rapi, meski ada plot-plot kebetulan yang gue pertanyakan. Cuma karena gue sendiri udah bermasalah dari awal kalau baca cerita Korea, misal: nggak bisa bedain gender dari nama doang, semua jadi terasa rumit buat gue.

Menurut gue sih cocoknya cerita ini masuk ke New Adult, karena kurang dalem aja kalau masuk ke Amore. Tapi Gramedia nggak punya lini New Adult juga sih. Dan posisi si cewek sebagai janda pun nggak terlalu berpengaruh di dalem cerita. Cuma sekali bimbang hilang, gitu gitu aja, sementara hubungan dia sama Jaejoong lancar mulus bak jalan tol di Eropa.

Bogor, 05/09/13

6 thoughts on “Seoul Love Story

  1. …kalau baca review-nya, curiga ini masuknya fanfiksi… Real Person Fiction. Kalau emang Jaejoong itu member boyband ya… XDD nambahin di baris ‘Cinderella. Fairy Tale…’ –> self-insert juga kah? Hihi. Biasanya fanfiksi Korea kan suka self-insert😄

    Dan, sepertinya kita sama, ga bisa ngebedain gender kalau udah nemu nama Korea. Atau Cina. Mungkin sedikit Jepang juga, hihi

    • Kalau Jepang sih masih bisa ngebedain Ambu, cuma kalau Korea atau Cina, aku bener-bener… nggak ngerti harus gimana. Jadi, itu masalah banget buatku kalau baca novel tema beginian. Self-insert? Ya, mungkin karena orang Indonesianya cuma satu, cuma si Abriel itu… dan dia beruntung banget dan mungkin ya… tapi entahlah.😄
      Jaejoong; Yohwan juga anggota band CN Blue gitu kata temenku….

    • tapi kan nama band-nya nggak sama Ambu. cuma beda-beda band gitu terus dijadiin satu boiben. nama lengkapnya juga beda kayaknya… hmmm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s