buku / Resensi

The Appeal (Naik Banding)

2013-09-13 16.44.51

Sudah lama banget sejak terakhir kali gue baca novelnya John Grisham. The Firm itu jadi yang pertama dan terakhir, sebelum gue memulai lagi dengan The Appeal. Buat gue intrik dunia hukum itu menarik, meski nyaris selalu rumit ya, apalagi kalau udah berkaitan dengan kepentingan penguasa besar atau pemerintahan. Gue belum pernah nonton film yang diangkat dari novelnya John Grisham. Tetapi, gue punya satu film favorit, judulnya Michael Clayton, tentang pengacara yang melawan perusahaan obat besar. Cuma film itu akhirnya happy ending sih, karena perusahaannya kalah.

John Grisham terkenal sejak merilis A Time to Kill. Sejak itu, beliau terkenal sebagai penulis spesialisasi legal thriller. Buku-bukunya juga udah banyak. Gue baca The Appeal ini karena memang lagi butuh tahu tentang hal beginian, apalagi novel ini baru aja diterjemahankan oleh Gramedia dan topik yang diangkat The Appeal menyangkut korporasi besar juga. Jadi, mulailah gue memantapkan hati membaca buku setebal 500 halaman lebih ini.

Berkisah tentang pasangan Payton, yang sama-sama pengacara, dan membela klien bernama Jeanette Baker. Jeanatte tinggal di kota kecil bernama Bowmore dan belum lama kehilangan suami serta anaknya karena kanker. Di Bowmore terdapat sebuah pabrik pestisida yang sudah beroperasi puluhan tahun. Selama pabrik tersebut berjalan, perlahan-lahan air tanah sumber air minum penduduk Bowmore menjadi berubah warna dan berbau. Awalnya keruh, lalu menguning, sampai akhirnya berbau busuk. Semua itu disebabkan oleh limbah dari pabrik pestisida Krane Chemical yang tidak diolah secara baik, dibuang sembarangan dan akhirnya mencemari lingkungan.

Tahun-tahun berlalu, akhirnya, penduduk kota tersebut mulai diserang penyakit, banyak diantaranya yang menderita kanker. Satu persatu penderita kanker pun mulai meninggal. Meski sudah jelas, Krane Chemical tidak bereaksi. Sampai akhirnya gugatan pun diajukan dan pabrik ditutup.

Selama berbulan-bulan pasangan Payton memperjuangkan kasus Jeanette Baker vs Krane Chemical. Mereka sampai mengorbankan harta kekayaan mereka,pindah dari rumah besar ke apartemen kecil dan sempit. Mereka dililit utang demi tuntutan kasus Baker ini bisa terus berjalan. Pada akhirnya, hari vonis pun tiba. Hakim memberikan putusan kalau Krane Chemical harus membayar $41 juta sebagai ganti rugi untuk Jeanette Baker.

Cerita dimulai dari situ. Terutama tentang usaha Carl Tradeu, CEO Krane Chemical, untuk menghindari membayar tuntutan tersebut. Dengan berbagai cara, termasuk mengangkat Mahkamah Agung baru, ditempuh oleh Carl. Banyak orang yang terlibat dari pengacara rendahan sampai senator.

Dan akhirnya… tak ada perjuangan yang sia-sia ya.

Gue hampir ngelempar buku ini setelah selesai baca. Gue ngerti itu akhir yang paling realistis. Siapa sih yang bisa ngelawan orang yang berkuasa dan punya uang banyak? Nggak banyak orang bisa melakukan itu.

Gue hampir nangis ketika baca surat dari pasangan Payton kepada klien-klien mereka. Ya, ampun, dunia nggak adil banget kalau begini.

Novel ini detail banget sih membeberkan apa yang terjadi di balik sebuah kasus. Banyak karakter yang terlibat. Kalau nggak biasa baca novel dengan banyak karakter dan subplot mungkin gampang terdistraksi jadinya, juga bosen. Yang paling oke dari cerita ini adalah endingnya yang jleb jleb banget. Tapi, memang harus baca dari awal sampai akhir buat ngerasain jleb-nya itu.

Novel ini ngeliatin kalau dunia mungkin nggak adil. Tetapi, dari pada menghabiskan energi untuk ngelakuin sesuatu yang jelas nggak bisa dimenangkan, lebih baik move-on, yang penting kita pernah berusaha. Yah, beberapa hal dalam hidup ini memang nggak bisa kita kendalikan, kan? Meskipun tahu, hal itu adalah sesuatu yang kita anggap benar. Itulah hidup.

Bogor, 20/9/13

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s