buku / Doctor Who / Resensi

Nothing O’Clock

‘Were you always like this?’
‘Like what?’
‘A madman. With a time machine.’
‘Oh, no. It took ages until I got the time machine.’

Neil Gaiman ikut serta memeriahkan Doctor Who 50th Anniversary. Jadi, ada kumpulan cerita pendek yang dirilis setiap bulan dalam sebelas bulan dan sebelas penulis berbeda. Salah satunya, Neil Gaiman yang menulis tentang 11th Doctor dengan judul Nothing O’Clock.

Ceritanya tentang 11th Doctor dan Amy yang mendarat di Bumi, tapi ternyata Bumi udah miliki oleh makhluk lain, The Kin. Makhluk ini dulunya ditawan oleh Time Lord, tetapi ketika ras Time Lord musnah, The Kin ini pun berkelana untuk membangun lagi generasinya. Mereka mulai membeli properti-properti di Bumi. Dengan kemampuan me-recycle waktu, mereka terus berkembang biak. Dan Doctor tentu saja nggak akan membiarkan hal itu terjadi…

Ya, masa mau gue beberin semua ceritanya. Haha… Yah, ceritanya cakep, sesuai ekspektasi dari penulis sekaliber Neil Gaiman. Lumayan serem, meski gue menyadari bukan orang yang gampang diseremin dengan tulisan. Tegang. Dan Neil Gaiman dapet banget nyeritain Eleventh! Juga Amy yang Amy banget.

Meskipun gue ngerasa masih kalah kalau dibandingkan dengan episode The Doctor’s Wife. Cerita ini mudah diikutin kalau udah kenal dengan 11th Doctor, udah biasa dengan cara dia ngomong yang belibet. Selain itu, kalau udah nonton Doctor’s Wife juga bakal familier dengan frasa The Old Girl, alias TARDIS. Hehehe…

Karena dibaca, mungkin ini yang bikin ceritanya jadi kerasa rumit. Soalnya kata perkata dan kalimat perkalimat, gue baca semua! Dan tahu kah kalau 11th Doctor itu kalau ngomong suka muter-muter, ya gitulah, jadi, ada kalimat-kalimat yang gue baca dua kali. Kalau nonton, lebih mudah ngertinya, karena mikirnya belakangnya. Kadang-kadang aja, nggak peduli si Doctor ini ngoceh apaan yang penting ceritanya jalan. Ya, itu sih bedanya baca dan nonton. Gue, dengan yakin, pilih nonton Doctor Who aja alih-alih baca lagi.

Cuma tetapi sih, gue akan baca semua cerita pendek dalam rangka 50th Anniversary ini, soalnya ada Michael Scott juga, yang gue suka bukunya banget! Yahaaa!

Neil Gaiman, The Old Girl (TARDIS), & The Eleventh!😀 (source: ScifiNow)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s