film / Resensi

Safety Not Guaranteed

“Wanted: Somebody to go back in time with me. This is not a joke. P.O. Box 91 Ocean View, WA 99393. You’ll get paid after we get back. Must bring your own weapons. Safety not guaranteed. I have only done this once before.”

Suatu hari iklan di sebuah surat kabar itu nggak sengaja kebaca oleh kru majalah. Maka, beberapa orang dari majalah tersebut Darius (Aubrey Plaza), Jeff (Jake Johnson) dan Arnau (Karan Soni), pun berangkat untuk menyelidiki siapa yang memasang iklan tersebut. 

Darius berhasil menemukan orang yang memasang iklan tersebut, yaitu seorang bujangan bernama Kenneth. Setelah Jeff gagal menawarkan diri sebagai teman seperjalanan, maka Darius pun maju dengan caranya sendiri. Kenneth pun percaya kepada Darius. Mereka mulai menyusun rencana untuk kembali ke masa lalu, tepatnya tahun 2011.

Kenneth dan Darius memulai latihan fisik sampai membangun chemistry. Terakhir, Kenneth nanya ke Darius apa alasan dia ingin kembali ke masa lalu. Darius jawab kalau dia pengin balik untuk menyelamatkan ibunya. Kenneth pun makin percaya dengan Darius. Suatu malam, Kenneth ngajak Darius untuk mencuri sebuah perangkat dari laboratorium dekat situ. Darius ngerasa perbuatannya bodoh banget, tapi tetep ngikutin Kenneth. Akhirnya, Kenneth pun menceritakan alasan dia pergi ke masa lalu karena dia kehilangan seseorang yang dia cintai, Belinda. Dan dia pengin mencegah itu…

Gue pengin cerita semuanya, tapi nanti malah nggak menyisakan apa-apa untuk ditonton oleh kamu.

Film ini menarik gue karena tema time-travel-nya. io9.com juga bilang ini salah satu cerita time-travel yang oke banget. Jadi, gue makin tertarik nonton.

Awalnya gue kira ini film serius,. Nggak tahunya ini drama yang asik banget. Rasa berceritanya tuh kayak drama-drama ringan menggigit gitu deh, macem Juno, 50:50. Bukan sekadar tentang cinta, tapi tentang hidup.

Yang bikin film ini bergerak banget adalah karakter-karakternya. Memang aktor-aktornya nggak gue kenal, tetapi mereka apik banget. Darius yang cuek dan agresive, Kenneth yang misterius, cerdas, dan agak konyol, Jeff yang juga lucu-lucu gimana gitu. Humor memang bukan suguhan utama, tetapi hidup juga nggak pernah lucu-lucu banget, kan?

Ada supblot lain dalam cerita ini, yaitu Jeff yang mengejar orang yang dicintainya, Liz. Rasanya, subplot ini dengan plot utama Darius-Kenneth agak terpisah, tapi tetep menarik diikuti sih. Konflik subplotnya memang kelihatan klise, tapi gue suka gimana itu diselesaikan.

Gue suka dialog-dialog di dalam cerita ini. Nggak ada istilah-istilah berat tentang fisika. Tetapi, dialog-dialognya humanis dan sehari-hari banget.

Time-travel di dalam cerita ini nggak dijelaskan dengan detail, jadi jangan berharap nemu penjelasan ilmiah. Ah, mungkin yang jadi catatan dan perlu diketahui… kalau time-travel di film ini juga belum tentu berhasil. Meski, Darius nggak nemu catetan dalam kotak di mobil tentara tua.

Di bagian-bagian akhir, banyak hal yang bikin ber-‘huwow’ beberapa kali. Bukan cuma bikin terperangan dan senyum-senyum, tapi juga menyisakan pertanyaan. Biasanya, gue sebel kalau sebuah cerita nyisain pertanyaan, tetapi buat film ini, gue senyum sehabis nonton. Dan gue tahu, cerita time-travel nggak asik kalau gue ngerasa semuanya klik di belakang.

“It’s that time and that place and that song, and you remember what it was like when you were in that place. And then you listen to that song, and you know you’re not in that place anymore, and it makes you feel hollow. You can’t just go find that stuff again.”

One thought on “Safety Not Guaranteed

  1. Pingback: Paradoks | Hero of The Drama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s