film / Resensi

The Usual Suspects

Hockney, McManus, Fenster, Keaton, Verbal Kint

Jujur aja, gue baru denger film ini ketika Bryan Singer ngetwit tentang film ini pas Q&A. Dia ngejawab pertanyaan tentang kalau dikasih kesempatan ngebuat film ini sekarang, siapa aja yang bakal dia ajak. Karena beberapa nama yang dia sebutin familier banget buat gue, jadi penasaran dong. Terlebih, ketika habis itu media-media ngebahas rame-rame tentang itu, termasuk kalau Benedict Cumberbatch dikasting jadi Verbal Kint, alih-alih Kevin Spacey. Gue pikir, film ini pasti sesuatu banget sampai rame begitu. Akhirnya, gue pun nonton untuk tahu seberapa dahsyat.

The Usual Suspect adalah film tahun 1995. Film ini memenangkan Best Original Screenplay untuk Christopher McQuarrie (penulis naskahnya) dan Best Supporting Actor untuk Kevin Spacey.  Sutradara film ini tentunya Bryan Singer yang gue kenal karyanya lewat seri X-Men.

Cerita film ini berkisar pada sekelompok kriminal, Keaton (Gabriel Bryne), Verbal Kint (Kevin Spacey), McManus (Stephen Baldwin), Hockney (Kevin Pollack), Fenster (Benicio del Toro), yang dimasukkan ke penjara pada saat yang sama gara-gara tuduhan membajak sebuah truk. Mereka yang latar belakangnya beda-beda itu saling mengenal, akhirnya mereka semua pun merencanakan pembalasan ke polisi. Setelah, membalas taksi gelap milik polisi, mereka ngejual barang curian mereka itu ke ‘Redfoot’. Nah, dari ‘Redfoot’ ini mereka dapet tawaran dari seorang misterius namanya Keyser Soze untuk menghancurkan sebuah kapal berisi heroin dan kalau sempat mencuri uangnya juga. Lewat seorang pengacara, Kobayashi, geng penjahat itu mendapat penjelasan sekaligus alasan kenapa mereka harus menjalankan misi dari Keyser Soze itu.

Ehehe… cerita plotnya sampai di situ aja.

Pas gue nonton, mau nggak mau gue keingetan geng-nya si Ocean. Padahal, cerita ini jauh lebih tua sih, tahun 1995. Kekuatan cerita ini tuh di alurnya. Ceritanya sendiri nggak terlalu istimewa. Tapi, gimana cara Bryan Singer dan Christopher McQuarrie merangkai cerita, gue kasih semua jempol yang gue punya. Apalagi twist di akhir. Itu yang bikin gue memutuskan nggak mau ngasih spoiler apa-apa di sini. Biar yang tertarik nonton tetep enjoy pas ngikutin petualangan Keaton dkk.

Yang juga patut diacungin jempol itu, aktor-aktor yang main. Huoooo… keren! Gue nggak inget pernah nonton film salah satu dari mereka–Kevin Spacey, mungkin pernah, tapi gue. Tetapi, aktingnya jago-jago, pun Benicio del Toro dengan gaya ngomongnya yang agak-agak aneh itu keren. Mereka berhasil membawakan cerita dengan baik. Padahal, menurut review-review yang gue baca, jaman itu mereka-mereka itu nggak/belum terkenal.

Film ini cowok banget, alasan lain kenapa gue suka. Selain, karena temanya juga gue suka. Pokoknya kalau suka twist yang oke, wajiiibbb banget nonton film ini. Gue aja meski udah beberapa waktu selesai nonton masih tercengang. hahaha… Bagus juga film ini untuk belajar storytelling yang keren!

Karena gue kenal film ini baru-baru ini dan gue juga ngaku sebagai penikmat film yang baru intens nonton akhir-akhir ini, gue sih seneng-seneng aja kalau Bryan Singer beneran nge-recast, hehehe… Cumberbatch dan Fassbender, arrrggghh… combo banget! Tapi, tenang itu cuma jawaban Singer pas ada yang nanya di twitter kok. Nggak serius. Hehe…. Nih, gue kasih lengkap daftar re-cast dan tengok juga post lucu dari buzzfeed tentang recast ini.😀

Hockney (Jonah Hill), McManus (Dane DeHaan), Fenster (Joseph Gordon Levitt), Keaton (Chris Hemsworth), dan Verbal Kint (Benedict Cumberbatch) tambahan: Kobayashi (Michael Fassbender) dan Eddie Finneran (Jennifer Lawrence)

3 thoughts on “The Usual Suspects

  1. nah, yg gw bingung nih.. seluruh alur cerita kan ternyata kisah subjektif dari si kint. semua karangan dia..masalahnya cerita sebenarnya seperti apa. itu yg bikin penasaran seumur hidup.

    gw dari awal liat spacey.. gw langsung curiga pasti penjahatnya si kint ini… karna gw kepikiran betapa kejam dan dinginnya dia waktu main di se7en sama brad pitt…

    tapi sepanjang cerita gw jadi iba sama doi.. karena posisinya bodoh, lemah… dan korban.. di akhir film ini.. baru gw bergumam.. nah.. apa kan gw bilang!!

Leave a Reply

