film / komik / Resensi

Star Trek: The Wrath of Khan (comic)

“I am a Vulcan. I have no ego to bruise.”

Star Trek II - The Wrath of Khan #1 027

Setelah 27 tahun, film layar lebar kedua dari serial Star Trek ini akhirnya diadaptasi menjadi novel pada tahun 2009. Baru, empat tahun setelah itu, gue pun baca komiknya juga. Ceritanya sama persis dengan filmnya. Gue nggak akan bahas plotnya banyak-banyak, nanti gue bahas waktu ngereview filmnya aja ya.

Tentang Kirk yang berjumpa kembali dengan Khan setelah lima belas tahun berlalu dari event di Space Seed. Khan membajak USS Reliant dan berhasil mendapatkan Genesis Device yang dibuat oleh Carol Marcus setelah memperdaya Chekov. Khan membalas dendam kepada Kirk atas kematian istrinya di Ceti Alpha V (planet tempat dia dan pengikutnya diasingkan). Akhirnya, mereka saling serang. USS Reliant dan USS Enterprise mengalami kerusakan berat. Saat terdesak, Khan pun mengaktifkan Genesis Device yang jika meledak bisa membuat kerusakan besar dan menghancurkan Enterprise. Sementara itu, Enterprise mengalami kerusakan di sistem Warp-nya. Spock pun merelakan diri untuk terkontaminasi radiasi demi ngebenerin pusat inti warp-nya itu. Naas, radiasi itu bikin dia meninggal. Hiks…

Ledakan itu sendiri membuat Khan meninggal.

Akhir yang nggak heroik banget untuk penjahat sekelas Khan.

….

Komik ini terdiri dari tiga volume aja. Yang kira-kira bakal habis dibaca dalam waktu kurang dari satu jam. Cuma kekurangan komik, nggak ada efek suara dan kurang terbangun emosinya sih. Soalnya kan udah ada filmnya juga, mendingan nonton filmnya.

Art di dalam komiknya bagus. Gue suka. Dan ngingetin gue sama komik IDW Publishing terakhir yang gue baca, Star Trek/Doctor Who: Assimilation 2. Jadi, kayak-kayak gambaran cat air gitu (gue nggak tahu istilahnya apa). Dialog-dialognya sendiri rasanya banyak yang diambil dari filmnya. Khan juga dipertahankan sebagai sosok yang puitis–salah satu hal yang bikin gue demen banget sama beliau (dan hilang sama sekali di Khan versi AU).

Komik ini gue rekomendasikan buat yang males nonton sih atau memang penggemar berat Khan (dan harus tahu semua tentang dia). Oh ya, komik ini dari seri The Original Series, bukan alternate universe yang dibuat Abrams. Kalau mau ngikutin komik Star Trek yang versi alternate universe ada Star Trek (gue lupa sampai volume berapa, tapi keluar perbulan) dan Star Trek: Khan (yang sampai Desember ini baru di volume 3 dari 5).

Leave a Reply

