Doctor Who / komik / Resensi

Star Trek: The Next Generation/Doctor Who: Assimilation2

Ternyata, crossover antara semesta Star Trek dan Doctor Who beneran eksis ya. Gue tahu komik ini beberapa bulan lalu dan baru sempat baca sekarang. Gue benar-benar antusias dengan ceritanya, karena Star Trek dan Doctor Who kan memang cerita-cerita favorit gue. Meski, masa Star Trek-nya di jaman The Next Generation—yang gue sendiri belum ikutin, tapi tetep aja seru.

Doctor bersama Amy dan Rory sedang berada di Mesir untuk mengurusi alien yang pura-pura jadi Pharaoh. Setelah itu, mereka pergi menggunakan TARDIS, tapi malah muncul di San Fransisco. Akan tetapi, nyatanya itu cuma San Fransisco jadi-jadian. Doctor dkk. bertemu dengan awak Enterprise, antara lain Riker dan Data. Doctor mengenali Data sebagai android, kemudian Riker akhirnya memutuskan menyudahi simulasi tersebut.

Tamu-tamu tak diundang itu pun dibawa ke Captain Picard. Pada saat itu, Enterprise menerima sinyal bahaya dari Delta V. Ketika tiba di sana, tidak disangka-sangka banyak sekali pesawat Borg dan Cybermen.

Maka, Doctor pun tahu kenapa harus ngelintasin semesta yang berbeda.

Cybermen.

Ceritanya berlanjut dengan Doctor serta kru Enterprise mencari cara untuk menggagalkan rencana Bord dan Cybermen. Para Cybermen melintasi ruang dan waktu untuk mengolonisasi android-android lain, jadi mereka bisa menguasai seluruh galaksi. Bersama Borg, mereka bikin semacam gabungan Borg-Cybermen. Tetapi, di tengah-tengah, para Cybermen mengkhianati Borg karena menemukan kelemahan pada Borg. Merasa dibohongi, Borg pun membantu Enterprise untuk mengalahkan pada Cybermen.

Setelah Doctor mendapatkan data-data tentang Borg. Dengan TARDIS, ia membawa kru Enterprise dan Borg menuju kapal induk Cybermen. Perang pun tidak terelakkan. Akan tetapi, para Cybermen bisa dikalahkan dengan menyebar bubuk emas di sekitar pesawat mereka. Rencana Borg-Cybermen pun bisa digagalkan kali itu.

Gue suka cerita ini. Meski rasanya mustahil banget bakal dinaikin ke layar televisi. Soalnya seru sih, ngeliat dua universe favorit jadi satu. Huwow gitu rasanya.

Komik Assimilation 2 ini terdiri dari delapan volume.  Terbit di tahun 2011. Mungkin rasanya lebih ke Doctor Who sih daripada Star Trek. Walau kedua cerita memang dasarnya adalah petualangan ya, tapi rasanya nilai-nilai yang diangkat beda. Gimana pun eksekusinya, gue tetap suka Doctor berinteraksi dengan kru Enterprise. Apalagi ada cameo dari 4th Doctor, serta Kirk, Spock, dan Bones! Haha!

Menarik!

Gue baru menyadari kalau Cybermen ternyata semengerikan itu. Selama ini gue ngerasa Weeping Angels yang paling mengerikan dari semua musuh Doctor Who.

Oh ya, gue nggak bisa komentar banyak-banyak tentang Star Trek-nya. Sebab TNG belum gue ikutin sik. Tapi, tetap asik deh nikmati karakter-karakater dari TNG kayak Captain Picard, Data, Riker, Worf, Deanna Troi, dll.

Art di dalam komiknya juga oke. Kayak lukisan gitu. Gue sukaaaaa. Meski jadinya ekspresi tiap karakter nggak terlalu jelas kentara, tetapi karena udah kebayang tokoh-tokohnya nggak terlalu sulit ngebayanginnya di kepala.

Ah, gue berharap bakal ada lagi crossover begini! Bakal menarik kalau Doctor ketemu dengan Kirk dkk.—pasti lucu. Haha…

Leave a Reply

