komik / Resensi

Star Trek Khan #4

STARTREK2_Khan04_CovA

Nyaris sampai di penghujung cerita, bagian ke-4 dari 5 seri Star Trek Khan. Di bagian ketiga kemarin kisahnya diakhiri dengan Khan dan para augment yang memilih pergi (sebenarnya lari) ke luar angkasa agar selamat dari serangan orang-orang yang nggak suka. Dari Botani Bay, Australia, mereka meluncur ke kegelapan. Itu jauh sebelum Federation lahir. Sebelum WARP ditemukan. Sebelum ada kontak dengan Vulcan.

Tiga ratus tahun berlalu dan di halaman pertama Khan #4, nggak ada lagi wajah Khan yang sebelumnya akrab di seri #2 & #3, melainkan Khan yang kita kenal lewat Star Trek Into Darkness. Ada juga Admiral Marcus yang menjelaskan kepada Khan atau John Harrison bahwa John suka kembali ke rumah.

Yup, rumah, itulah yang jadi tema besar bagian #4 ini. Khan dibangunkan dalam keadaan ‘amnesia’ atau nggak ingat apapun tentang masa lalunya. Gue nggak tahu apakah itu efek dari tidur dalam cryotube selama 300 tahun, karena nggak dijelaskan juga. Oleh Marcus, semua data tentang masa lalu Khan dihapus–nggak tahu sih beneran dihapus atau cuma disembunyiin, kayaknya sih disembunyiin aja.

Haha… di sini muncul plot hole kalau ditarik garis sama STID. Kalau memang seluruh data tentang Khan dihapus pada saat Marcus mulai rencana untuk membangunkan dan mempekerjakan Khan, gimana bisa Kirk dkk. sama sekali nggak kenal Khan? Kecuali kalau Khan udah mereka temukan sebelum Kirk lahir, itu adalah program turun temurun untuk cari tahu gimana membangunkan dan memanfaatkan Khan bagi Starfleet–tapi, teori ini juga gugur karena Khan sendiri yang ngomong di STID kalau dia ditemuin setelah Vulcan hancur. Ha-ha-ha.

Okey, jadi oleh Marcus, Khan/John diyakinkan sebagai salah satu orang yang SANGAT LOYAL sampai-sampai nggak punya keluarga, sodara, anak atau istri–singkatnya kehidupan di luar Starfleet. Poor him. hiks. Marcus nunjukkin Vengeance yang udah setengah jadi kepada John. Marcus minta John yang dirasa secara fisik belum siap kembali ke lapangan untuk pakai otaknya dalam meneruskan desain Vengeance. Dalam lima bulan, John udah luar biasa banget. Bukan cuma ngebenerin Vengeance, tapi juga meng-upgrade sistem komputer di situ, ngutak-atik sistem warp sampai nyaris tingkat 10, dan… dan… ngebuat apa yang kita kenal sebagai PERSONAL TRANSPORTER (atau disebut Scotty di STID sebagai portable transwarp beamin’ device)!

4-3 portable transporter

Portable transporter ini belum pernah ada di seri orisinal Star Trek. Dan salah satu hal yang banyak dipertanyakan oleh penonton–kalau Starfleet UDAH PUNYA alat sebegitu canggih, kenapa harus masih pakai Starship? Nah di komik ini terjawab kan. Di komik sih bentuk alatnya kecil, di film jadi menggembung gitu.

John ini udah tahu rencana Marcus yang pengin menghancurkan Kronos. Ketika mereka punya rencana untuk menguasai tambang-tambang di Praxis, bulan/satelitnya Kronos, John mengubah rencana. Tadinya, dia mau pergi dengan sekelompok orang untuk melakukannya, tetapi kemudian dia mengajukan dirinya sendiri. Ngerayu Marcus dengan portable transporter dan bilang kalau alat itu butuh dites dulu. Oleh karena itu, dia mau coba alat itu sendiri ke sana, Kronos.

Marcus pun mengizinkan. John di Kronos melawan sepasukan Klingon sendirian (yak terjawab juga pertanyaan mengapa dia bisa begitu superior atas Klingon juga!). Sampai akhirnya, dia melihat Praxis yang mulai meledak dari permukaan Kronos dan sekelebat memori memasuki ingatannya.

Selama John ada di fasilitas, sedikit-sedikit dia selalu dapat kilasan-kilasan memori kehidupannya dulu, baik ketika di dalam mimpi ketika tidur atau pas sadar. Dia inget New Delhi, dia inget kelompok augment-nya, tetapi dia nggak ngerti tentang itu. Dia coba tanya kepada Marcus, tetapi Marcus ya meyakinkan John kalau dulu sebelum mengalami luka berat di Kronos (itu alasan yang dikasih Marcus kenapa John kehilangan ingatan), John adalah salah satu orang lapang yang udah ke mana-mana, jauh lebih banyak dari siapapun di kuadran itu. (catatan: wilayah Federation itu dibagi dalam kuadran-kuadaran, cek memory alpha aja untuk tahu.)

Terakhir, ketika dia berdiri memandangi Praxis yang meledak itulah… dia ingat siapa namanya. John memutuskan itu saatnya dia kembali. Kembali ke rumah.

4-5

Ini bukan chapter yang seru sih. Tetapi, menurut gue ini bagian yang penting banget yang seharusnya diceritakan di Star Trek Into Darkness. Di sini banyak banget pertanyaan yang akhirnya kejawab. Plot hole yang menjengkelkan di STID, dikit-dikit kejawab di sini. Meskipun pertanyaan yang paling besar: ‘KENAPA KHAN YANG INDIA ITU BISA JADI BRITISH?’ belum kejawab juga. Mungkin di bagian kelima dan yang terakhir nantinya.

Gue suka twist (kalau udah baca Eugenics Wars, akan nganggap itu twist) di bagian ketiga kemarin. Di bagian keempat ini, ceritanya agak datar. Nggak banyak aksi karena John/Khan memang banyak ngabisin waktu di fasilitas dekat Jupiter itu. Paling-paling, Marcus yang manipulatif banget ke John, sampai gue pengin puk-puk John. Selain, Marcus dan John, ada karakter baru di bagian empat ini, Liutenant Sulu (cewek ya), orang yang diminta ngawasin Khan. Gue bertanya-tanya sih apa hubungannya sama Hikaru Sulu (pilot USS Enterprise), hahaha… Gue pikir dia bakal penting, ternyata karakter minor aja.

Dan di bagian empat ini, gue rasa jadi artwork favorit gue di antara seri yang udah-udah. Karena hampir semuanya cerita John Harrison, bukan Khan di masa lalu. Bukan artwork Claudia Balboni di seri sebelumnya nggak bagus–malah bagus banget. Cuma gue suka aja yang ini, nuasanya biru-biru dan kesan futuristiknya dapet banget. Di beberapa bagian, artwork yang dibuat David Messina ini nangkep banget ke-Benedict Cumberbatch-annya si Khan ini. Gambarnya halus tetapi kesan tegasnya tetep dapet. Terus, artwork mata dan alis John/Khan, alamak… hidup dan detail banget. Suka banget.

4 -1

Di bagian kelima nanti gue harap pertanyaan-pertanyaan yang tersisa terjawab sudah. Biar nggak penasaran lagi. Di bagian mendatang, gue rasa Khan/John bakal mulai untuk nyari teman-teman augment-nya. Bagian empat ini kan endingnya cliffhanger gitu, dia bilang mau pulang. Tapi, pulang ke mana? Mungkin sih, tetap ke fasilitas di Jupiter itu, sambil nyusun rencana dan masukin teman-temannya ke torpedo.

Ah, yang gue suka juga dari bagian empat ini adalah Marcus yang sejak awal udah ngerasa inferior terhadap John. Jadi, semua catatan tentang Khan dihapus karena Marcus mencegah John inget kembali Khan. Ketidakjujuran Marcus itu ya wajar banget sih kalau akhirnya bikin John benci banget sama dia.

Kalau tentang di STID, kenapa dia akhirnya lari ke Kronos setelah menyerang petinggi Starfleet, teori gue sih karena dia udah tahu rencana Marcus. Ini udah dijelasin di STID, juga, kan. Cuma setelah baca chapter ini semua jadi agak lebih masuk akal. Marcus udah pasti ngejar dia ke Kronos dan ngancem dengan teman-teman Augment-nya. Kayaknya sih sebelum masalah ledak-ledakan itu dan John yang inget tentang Khan, jelas udah ada bibit-bibit perseteruan antara keduanya. Marcus jelas nggak bisa ngejar Khan terang-terangan karena apa yang dia lakukan (ngebangun Vengeance) itu kan melanggar peraturan Starfleet. Jadi, ketika akhirnya ada alasan untuk memburu Khan ya, ya langsung Marcus bertindak. Yang kasihan Kirk dan kru Enterprise, serta Pike sih, cuma jadi bidak-bidak catur doang di permainan antara Marcus dan Khan ini.

4-4

Gue akui juga, Khan di alternate universe ini jauh lebih kuat secara fisik dan lebih kejam dibanding Khan yang ada di TOS. Khan versi TOS lebih banyak pakai kecerdasan dan sifat manipulatifnya sih, dibanding Khan yang di alternate universe. Khan AU sering banget berantem, nggak segan ngebunuh orang, meski pada perkembangan karakternya dia tumbuh sebagai pemimpin yang baik–seorang tiran yang nggak ngebunuhin rakyatnya atau berambisi menguasai tanah lain, beda dengan augment lainnya. Apa yang bikin karakter dia berkembang ke arah sana, juga buram-buram gitu, alias nggak jelas. Jadi, sebenarnya Khan AU ini sama sekali nggak buruk untuk jadi pemimpin. Salahnya Marcus adalah ngebohongin Khan sejak awal. Itu fatal banget.

Tetapi, pada akhirnya Marcus kan sadar juga kalau dia udah ngelakuin kesalahan besar dan dapet ganjaran yang setimpal. Ha-ha-ha…

Sedikit lega setelah baca bagian #4 ini dan agak sedih juga akhirnya ceritanya bakal selesai bulan depan. Khan adalah karakter yang luar biasa. Untungnya di sini dia nggak pakai dibumbui cinta-cintaan. Itu yang bikin Khan TOS hancur kan pada akhirnya–dendamnya sama Kirk karena kematian istrinya.

Hmm… kalau pengin tahu nama lengkap John, yaitu John Richard Harrison.

Sampai jumpa bulan depan!

STARTREK2_Khan05_CovA

3 thoughts on “Star Trek Khan #4

  1. “KENAPA KHAN YANG INDIA ITU BISA JADI BRITISH?’
    Spekulasi: CumberKhan itu bukan Khan. Dia salah satu bawahan Khan yang nyamar jadi dia. Ntar di sequel muncul Khan asli *ditampol*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s