film / Resensi

August Osage County

august_osage_county

Hmm… gue ngereview Cumberbatch-nya aja ya. Karena filmnya belum rilis di bioskop lokal dan entah kapan bakal tayang. Kalau nanti udah tayang, gue akan lengkapi semua.

Bercerita tentang keluarga Wetson. Violet mengabari anak-anaknya, Barbara, Karen, dan Ivy kalau ayah mereka, Bev hilang. Kemudian semuanya kumpul satu persatu di rumah mereka di Osage County, dengan bawa masalah masing-masing. Di situlah semua dimulai, dari Violet yang agak high karena konsumsi obat penghilang rasa sakit akibat kanker mulut yang dideritanya. Mulai deh satu demi satu rahasia terkuak.

Little Charles di August Osage County, gue rasa ini salah satu karakter yang diperankan Cumberbatch favorit gue. Beda banget dari sebelum-sebelumnya. Cumberbatch bisa jadi sosiopat, penjahat antar galaksi, seorang jenius, tetapi di sini kamu bakal lihat Little Charles–pemuda 37 tahun, kikuk, kurang percaya diri, pengangguran, jauh dari kesan jenius, dan nggak bisa nyetir (sayangnya dialog bagian ini dicut deh, padahal ada di dalam skenarionya). Kayak anak kecil yang selalu takut sama orang tuanya. Tapi, memang itu penyebabnya sih, ibunya, Matty Fae, selalu marahin dia dan menyalahkan segala sesuatu yang Little Charles perbuat. Sampai umur 37 tahun pun–dia masih dipanggil Little Charles.

Adegan ketika Little Charles main piano dan nyanyi. Oh, itu manis banget.

Akan tetapi, ada sesuatu–konflik dalam cerita dia yang bikin miris dan sedih. Kayak, siapa yang salah, siapa yang mendulang akibatnya. Di akhir cerita, rasanya kayak mau peluk dia dan bilang: ‘semua baik-baik aja, padahal nggak.’

Meski perannya nggak terlalu banyak. Kalaupun gue bukan penggemar Cumberbatch, gue rasa dia cukup mencuri perhatian. Keluarga Wetson memang aneh dan disfungsional, tetapi… serius dia, Little Charles, cuma korban dari ke-disfungsionalan itu.😦

Cumberbatch memerankan Little Charles dengan cemerlang. Gue nggak lihat siapapun–biasanya perannya yang satu merefleksi peran yang lain sik. Mungkin karena ini yang paling beda dengan yang lain. Pokoknya, bikin nyess deh.

AugustOsageCounty_Cumberbatch

pict via geekbinge

Gue kagum banget dengan Meryl Streep dan Julia Roberts di sini. Akting mereka berdua kereeeen abis. Adegan mereka berantem pas makan malam, itu luar biasa deh.

Punggung cerita ini adalah dialog demi dialog. Tetapi, dialog-dialognya sendiri juga keren dan gue suka. Kalau nggak terlalu suka drama, mungkin film ini bakal agak ngebosenin.

Ini bukan cerita keluarga yang hangat atau bikin kamu percaya kalau keluarga adalah segalanya. Setiap rumah punya rahasia. Setiap keluarga punya sisi kelam. Tetapi, ya itu, itu realitas.

Di credit title, dilihatin karakter-karakternya lagi ketawa. Plus lagu Last Mile Home-nya Kings of Leon, itu… itu kerasa miris banget.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s