film / Resensi

Seven Psychopaths

Marty: Friends don’t make their friends die Hans.
Hans: Psychopathic friends do. You’re the one thought psychopaths were so interesting, but they’re kinda tiresome after awhile, don’t you think?

seven psycopaths

Film ini keren! Ini salah satu cerita parodi tentang penulis yang jadi favorit gue deh. Meski yang diceritain di sini seorang penulis skenario, tetap aja rasanya ceritanya deket ke gue. Ketika nulis sesuatu, rasanya pengin banget mengalami dan lihat itu sendiri. Tetapi, ketika benar-benar jadi kenyataan… itu kerasa sama sekali bukan hal yang benar. Atau malah berharap itu nggak perlu terjadi sekalian.

Haha! Itulah yang terjadi kepada Marty Faranan (Collin Farell) yang sedang menyelesaikan sebuah naskah skenario berjudul ‘Seven Psychopath’. Dia berusaha membuat sebuah cerita tentang tujuh psikopat, tapi dia nggak mau cerita itu berakhir seperti cerita psikopat pada umumnya. Dia pengin cerita itu berakhir dengan nunjukkin kalau psikopat-psikopat dalam tulisannya adalah manusia biasa, seperti orang kebanyakan. Nah, di situlah letak masalahnya, udah berapa lama dan cerita itu nggak kunjung selesai.

Dia ngobrol-ngobrol dengan Bill Buyke (Sam Rockwell), sahabatnya yang juga aktor nggak laku dan melakoni bisnis ‘meminjam’ anjing. Tenang-tenang, sama sekali nggak ada kekerasan terhadap anjing di sini. Bill berusaha membantu Marty dengan bercerita tentang psikopat.

Selain itu, Bill juga memasang iklan di koran tentang mencari psikopat untuk dijadikan narasumber (ini kocak banget!). Dan, nggak dikira-kira Marty malah dikejar oleh psikopat beneran karena disangka terlibat bisnis si Bill. Jadi, sebenarnya bisnis Bill yang dilakoni bersama Hans Kieslowski (Christhoper Walken) adalah nyuri anjing dan ngembaliin. Salah satu anjing yang Bill curi adalah punya bos mafia gitu.

Gue nggak mau cerita plotnya lebih banyak karena lebih baik nonton sendiri. Ini cerita yang kocak banget! Dialognya keren banget! Meski lumayan banyak darah–gue nggak masalah sih. Tetapi, ini film yang bikin ketawa dan di akhir, yep, dapet seperti apa yang Marty inginkan.

Ini cerita dalam cerita. Jadi, ada cerita yang terjadi dalam pikiran Marty. Ada cerita yang kisah nyata tapi masa lalu. Cerita yang cuma karangan. Dan cerita yang beneran cerita. Naratifnya asik. Nggak bikin bingungin. Walau tetap bikin mikir… apa si Hans beneran si itu? Dan yang lain-lain apakah beneran terjadi?

Karakter-karakternya pun keren-keren. Bill yang diperankan Sam Rockwell terutama. Karena cerita dilihat dari sudut pandang Marty, kadang pengin kesel sama Bill, kadang-kadang pengin nyalutin.

Cerita itu juga penuh hal yang nggak terduga-duga. Gue bener-bener terhibur dengan kejutan-kejutan di dalam sini. Rasanya agak rasional kalau bener-bener dipikir, tapi dalam cerita Seven Psychopaths apa yang terjadi itu sangat mungkin jadi nyata. Hahaha…

Selain, hal kocak dan nggak terduga. Ada juga adegan yang bikin sedih. Gue nggak mau bilang adegan apa. Tapi, itu adegan yang bagus banget. Sampai si suami yang istrinya dibunuh ngebuka sebuah rahasia yang bikin psikopat lain jadi ketakutan. Scene ini juara banget. Salut buat Christopher Walken!

Seven Psychopaths ini ditulis dan disutradari oleh Martin McDonagh. Gue belum pernah nonton film-filmnya dia, tetapi gue terkesan banget dengan Seven Psychopaths ini.

Oh ya, kalau nonton jangan lewatkan credit title-nya yak! Haha!

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s