buku / Resensi

Cosplay Couple

cosplay couple

Cosplay Couple ini adalah karya debut Adrindia Ryan di penerbit GagasMedia. Tema yang diangkat menarik, yaitu tentang costume player. Sesuatu yang sudah akrab buat gue, tapi nggak ngelakoni juga sih.

Kisahnya melibatkan Kia dan Rio, keduanya sama-sama cosplayer. Kia menyukai Rio karena Rio memerankan Klaus, salah satu karakter favorit Kia. Rio melakukan itu dengan penuh penghayatan yang bikin Kia makin gemes. Akan tetapi, perasaan Kia nggak bertepuk sebelah tangan. Rio pun tertarik juga kepadanya.

Namun, dibalik kostum yang dipakai Rio, ternyata Rio punya kepribadian jauh berbeda dengan Klaus. Kia mulai mempertanyakan perasaannya, kepada Rio-kah atau Klaus? Terlebih ketika Rio melakukan cross gender cosplay, Kia merasa makin risi karena tidak menyukai itu. Rencana mereka melakukan cosplay secara berpasangan pun nyaris berantakan.

Dan lanjutannya, baca aja di novelnya. Hehe…

Cerita Cosplay Couple ini ringan dan sederhana banget. Gue baca cuma dalam waktu sejam setengah aja. Selain juga karena nggak terlalu tebal. Covernya juga lucu, warnanya kuning (entah kenapa gue selalu punya ketertarikan tersendiri sama kover warna kuning–semoga suatu hari gue punya kover buku dengan warna itu).

Di dalamnya, Adri banyak menyelipkan istilah-istilah Jepang dan costume player. Yang biasa baca komik dan nonton anime Jepang, mungkin nggak akan kesulitan mencerna istilah-istilah itu. Istilah asing itu seringnya dijelaskan melalui catatan kaki, yang gue sendiri nggak terlalu suka dengan itu, kecuali memang butuh penjelasan panjang dan ada di buku non fiksi. Secara umum nggak terlalu ganggu sih catatan kakinya. Lebih menganggu typonya sih, agak banyak juga–terutama, tanda titik dobel.

Karakter-karakter dalam cerita ini juga nggak rumit. Kerasa dekat dengan kehidupan sehari-hari dan ya sejalan dengan konfliknya yang juga sederhana. Akan tetapi, bukan berarti cerita ini nggak menghibur. Penuturan tentang costume player-nya bagus dan ngasih gambaran banget kepada yang nggak terlalu akrab dengan dunia cosplay.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s