buku / komik / Resensi

The Sandman volume 9: The Kindly Ones

2014-02-20 09.11.57

Sebelumnya gue udah ngereview dengan singkat seluruh seri The Sandman, novel grafis/komik yang ditulis oleh Neil Gaiman. Nah, sekarang gue akan review pervolume, sesuai dengan kopi yang gue dapatkan. Mulai dari volume 9, The Kindly Ones, bagian terfavorit gue dari seluruh seri ini. Nggak biasanya sih gue beli sebuah seri nggak berurutan begini, berhubung gue beli untuk melengkapi koleksi dan udah baca sebelumnya, jadi gue beli dari bagian paling gue suka.

The Sandman volume 9 ini yang paling tebal dari semuanya. Lumayan berat juga, hampir sekilo. Diterbitkan oleh Vertigo. Sampulnya tebel dan kertas di dalamnya bagus, kayak kertas-kertas komik barat gitu ya. Bukan kertas, tapi lebih mirip kayak majalah.

Yang punya gue ini terbitan tahun 2012. Sementara aslinya, edisi per chapter terbit sekitar awal tahun 90an. Nah, di edisi ini warna-warna di dalamnya tentu udah dibagusin banget. Lebih cerah dan jelas.

Episode ini jadi favorit gue tentu karena ini klimaks dari seri The Sandman. Puncak dari segala kelakuan Morpheus di masa lalu. Dendam Lyta Hall. Hilangnya Daniel. Kutukan si penyihir. Dan banyak hal yang kalau diceritain bakal jadi spoiler.

Agak nyesel kenapa nggak beli The Wake sekalian. Padahal volume 10 itu adalah yang ngelengkapin cerita ini. Epilog yang melankolis dan haru. Ya, yang nyess banget deh.

Gue beli The Sandman vol. 9 ini di Kinokuniya, seharga Rp. 240.000,-. Volume lainnya kira-kira di kisaran harga yang sama. Begitu juga di toko buku impor lainnya, rata-rata harganya segitu. Di Kinokuniya GI kemarin sih cukup lengkap, cuma Prelude dan Nocturnes (volume 1) dan juga seri Omnibus serta Absolute-nya nggak tersedia di sana. Padahal, mupeng pengin lihat segede dan seberat dan seindah apa Omnibus serta Absolute-nya. Dan gue masih mupeng punya itu sekarang. Tapi, untuk saat ini cukup ngumpulin sisa 11 volume The Sandman sisanya. Yahaa!

2014-02-20 09.18.33

2014-02-20 09.16.46

2014-02-20 08.39.42

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s