film / Resensi

Captain Phillips

hr_Captain_Phillips_10

Udah lama banget nggak nonton film dengan tema begini. Gue nggak terlalu nyaman dengan thriller yang kayak gini sih. Deg-degannya itu lho, bikin geregetan. Apalagi kalau ada yang bakal mati… rasanya nggak tega gitu. Maklumlah, gue kan memang lemah lembut hatinya. *ditimpuk*

Cerita film ini diangkat dari buku ‘A Captain’s Duty: Somali Pirates, Navy SEALs, and Dangerous Days at Sea‘ yang ditulis atas pengalaman pribadi Richard Phillips. Film ini disutradari oleh Paul Greengrass, skenarionya digarap oleh Billy Ray, dan dirilis tahun 2013.

Dari judul buku itu udah ketahuan ya ceritanya apa, tentang Richard Phillips (Tom Hanks) yang ditugasi untuk menahkodai kapal kargo ke Afrika. Di tengah jalan, eh maksudnya lautan dekat wilayah Somali, kapal mereka dibajak oleh bajak laut yang dipimpin oleh Muse (Barkhad Abdi). Dengan kekompakan Phillips dan kru kapal, akhirnya Muse bisa ditangkap dan mereka bernegosiasi agar para pembajak pergi dari kapal.

Dengan kapten mereka disandera, bajak laut yang lain pun mau menerima tawaran uang $30.000. Ketika akan melepaskan mereka lewat kapal penyelamat, malah Phillips dibawa pergi juga. Sisa ceritanya adalah Phillips ada di kapal penyelamat bareng para pembajak dan NAVY Seal yang coba menyelamatkan Phillips.

Secara keseluruhan ceritanya menegangkan banget. Apalagi bagian pertamanya, yaitu pas pembajak ada di kapal. Adegan si pembajak mau naik ke atas kapal itu keren dan kolosal. Kolosal karena kapalnya Phillips kan gede banget, sementara punya si pembajak cuma kecil aja. Dan mereka memaafatkan satu celah di mana selang airnya error. Jadi, kapal tanker sebesar itu punya mekanisme pertahanan diri dengan nyemprotin air bertekanan tinggi di sekitar kapal biar nggak bisa mendekat.

Memang lebih tegang pas bagian pertama itu sih. Bagian kedua, ketika Phillips udah di kapal pembajak juga tegang, tapi terasa lebih personal. Memang film ini lebih menekankan ke hubungan antara Phillips dan Muse sih.

captain-phillips01

Keduanya, Tom Hanks dan Barkhad Abdi sama-sama keren. Tapi, gue ngerasa chemistry mereka itu kurang gitu. Entah karena adegannya nggak mengakomodir atau screen time mereka kurang dan nggak terlalu menujukkan adegan yang heart to heart gitu. Memang sih, terutama karakter Muse, sama sekali nggak dua dimensi. Dia cerita tentang alasannya membajak dan impiannya ke Amerika. Paling jleb dan ironis sih ketika akhirnya dia bisa pergi ke Amerika, sebagai tahanan. Dari peran ini, Abdi masuk ke jajaran nominator Best Supporting Actor bareng Leto, juga Fassbender, dll.

Tom Hanks sendiri nggak perlu dibahaslah ya aktingnya. Si bapak sih udah oke banget sebagai Captain Phillips. Meski gue ngerasa karakternya agak too good to be true. Hmm… Dan bonusnya, ada Max Martini yang ganteng di film ini. Dia memerankan komandan dari Navi SEAL dan baru keluar satu jam terakhir. Sayangnya karena dia banyak di dalam ruangan kapal yang remang, jadinya gantengnya redup gitu.

Captain Phillips adalah cerita yang rapi. Jalinan adegannya kuat dan nyaris nggak ada plot hole. Alurnya maju, tanpa ada cuplikan flash back sama sekali. Pengambilan gambarnya juga oke dapet banget ngebangun suasana tegang. Iya! Dari awal sampai akhir tegang terus!

Yang bikin gue agak mengernyitkan dahi adalah istilah-istilah pelayarannya, kayak ‘skinboard, skinboard!‘, itu nggak gue mengerti. Gue sebenarnya tertarik banget lihat kapalnya dan detail-detail kapalnya, tetapi itu nggak terlalu banyak dikasih juga. Cuma apa yang ditampilkan untuk bumbu drama itu udah cukup banget.

Terlepas dari semua opini gue di atas, film ini masuk jadi salah satu kandidat Best Picture-nya Oscar 2014. Film ini nggak akan mengecewakan untuk ditonton. Apalagi kalau pengin yang tegang-tegang!😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s