film / Resensi

American Hustle

american-hustle-poster-2

Ini cerita tentang ‘Hustle’? YA. Ini cerita tentang karakter YA. Ini cerita tentang Bradley Cooper? YA.

American Hustle terinspirasi dari kisah nyata yang terjadi pada tahun 70an, yaitu operasi ABSCAM. Skenarionya ditulis oleh Eric Warren Singer dan David O. Russel, yang juga menyutradari film ini.

Kisah tentang duo penipu, Irving Rosenlfeld (Christian Bale) dan pasangannya, Sydney Prosser (Amy Adams), yang kemudian mengganti identitas menjadi Lady Edith Greensly, demi memuluskan aksi mereka. Keduanya adalah pasangan yang kompak dan cocok banget, meski Irving udah punya istri dan anak. Kemulusan hubungan mereka diuji ketika seorang anggota FBI, Richard DiMaso (Bradley Cooper) menggerebek mereka. Karena tahu pasangan itu cerdik dan cerdas, maka DiMaso meminta mereka membantu FBI untuk melacak penjualan benda seni palsu.

Edith sempat mengajak Irving untuk meninggalkan Amerika, tetapi Irving menolak karena tidak mau meninggalkan istri dan anak laki-lakinya. Akhirnya, keduanya pun menyutujui untuk membantu DiMaso. Namun, Edith yang cemburu kepada Carolyn (Jennifer Lawrence), istri Irving, mengajukan syarat kalau dia akan berpura-pura tertarik dan menyukai DiMaso. Irving pun menerima syarat tersebut.

Dalam menyukseskan misinya, mereka menggunakan Carmine (Jeremy Renner), Mayor New Jersey. Dari Carmine, DiMaso malah mengganti rencana untuk menuntaskan dan mengungkap korupsi. Untuk menyukseskan rencana itu, mereka menyuruh salah seorang anggota FBI untuk menjadi Sheikh yang menawarkan dana bantuan pembangunan.

Dan seterusnya. Dan seterusnya.

american-hustle-1

Gue ngerasa dari pada intrik penjebakannya dan lain-lain, masalah personal antara tim itu lebih menonjol deh. Irving-Edith, Edith-Carolyn, Edith-DiMaso, Irving-DiMaso, dsb. Jadi, konflik yang personal itu sejalan dengan masalah-masalah di misi tersebut. Nggak ada yang konfliknya lebih berat daripada yang lain. Kayak mereka semua orang bermasalah gitu. Masalah yang dibuat-buat dan dicari-cari.

Di antara semua karakter itu, paling menarik perhatian adalah Bradley Cooper dan Amy Adams. Karakter DiMaso, sumpret nyebelin abis. Paling banyak ngomong di antara karakter lain. Belum lagi rambutnya. Ihhh…. Amy Adams keren banget meranin Edith, ganti-ganti aksen dari British ke American dengan sukses. Christian Bale sebagai Irving, keren sih, tapi kok menurut gue biasa aja. Karakternya agak tenggelam di antara DiMaso, Edith, dan Carolyn. Cuma perut gendut dan rambut palsunya aja yang keingetan banget sama gue. Haha. Jennifer Lawrence, ya keren jugalah kayak biasa. Ya begini sih film yang isinya bintang semua, aktingnya bagus semua, jadi kelihatan rata-rata semua.

Adegan favorit gue adalah ketika Edith dan Carolyn berantem. Juga waktu Irving pesta bareng Carmine dan nyanyi-nyanyi gitu. Paling menyentuh sih di bagian akhir, waktu Irving dateng ke rumah Carmine dan ngejelasin semua. Saat dia bilang, yang paling dia sesalin adalah kehilangan persahabatan.

Sinematografi film ini keren. Rasa retro gitu deh. Juga detail-detailnya cakep. Dialog-dialognya nggak terlalu menarik perhatian gue sih, cuma rasanya cukup baguslah.

Dari film ini yang paling berkesan buat gue adalah musik latarnya. Lagunya keren-keren abis! 70-an gituloh! Selain itu, tata rambutnya asik abis. Gue suka rambutnya Edith, Carolyn, dan istrinya Carmine. Kalau busananya cewek-ceweknya sih oke. Tapi cowok-cowoknya geli gue lihatnya, mungkin memang gaya tahun 70-an kayak gitu.

Entah kenapa film ini nggak sampai menyentuh gue. Mungkin karena latarnya terlalu glamour, karakternya terlalu banyak, dan terlalu ramai. Tapi, teteplah, film ini jangan dilewatkan untuk ditonton barang sekali. Nominasi Best Picture Oscar 2014 gitu lho. Dan tentunya jaminan bintang-bintang yang aktingnya nggak akan mengecewakan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s