film / Resensi

Tropic Thunder

Tropic Thunder

Tropic Thunder adalah film aksi-komedi yang digarap oleh Ben Stiller. Dibintangi oleh dirinya sendiri, juga Jack Black dan Robert Downey Jr. Film ini dirilis tahun 2008.

Mengisahkan tentang produksi sebuah film di kawasan Asia, kayaknya sekitar golden triangle gitu. Film yang dibintangi oleh bintang film action Tugg Speedman (Ben Stiller), method actor lima kali pemenang Academy Awards, Kirk Lazarus (Robert Downey Jr.), komedian yang kecanduan obat, Jeff Portnoy (Jack Black), bintang muda berbaka, Kevin Sandusky, dan rapper Alpha Chino. Produksi film itu terhambat karena si sutradaranya yang masih baru nggak bisa menjinakkan aktor-aktornya. Si sutradara diancam oleh Les Grossman kalau nggak segera selesai maka filmnya bakal dibatalkan. Akhirnya si sutradara ini cari cara untuk bikin aktor-aktor yang menurutnya manja itu bisa jadi laki beneran. Dengan bantuan, Four Leaf, penulis buku Tropic Thunder, akhirnya mereka dibawa ke tengah hutan. Dodolnya, si sutradara malah nginjek ranjau betulan dan mati. Hahaha. Tinggallah mereka berempat, sementara Four Leaf dan Cody Underwood, ahli spesial efek bom yang kerja di film, udah keburu pergi. Sayangnya naas mereka berdua ketangkep oleh kawanan Flaming Dragon.

Mereka berlima, berbekal catatan adegan yang dikasih si sutradara akhirnya melanjutkan perjalanan. Pede abis mereka kalau apa yang dilakukan itu masih direkam. Di tengah jalan Tugg berpisah dengan teman-temannya karena beda pendapat. Eh, malah Tugg ditangkep kawanan Flaming Dragon juga. Kelompok FD, nelepon agen Tugg, Rick Pecker (Matthew McConaughey) untuk minta tebusan $10 juta. Rick yang waktu itu lagi ada di kantor Les, malah diajak kongkalikong sama Les kalau nggak perlu ngasih bayaran, biar Tugg mati aja dan mereka semua dapat uang asuransi. Haha. Rick pun bimbang, milih temannya sejak belasan tahun atau dapat pesawat pribadi G5.

Lazarus, Jeff, Kevin, dan Alpha Chino pun ngelanjutin perjalanan sampai mereka tiba di depan kamp FD. Keempatnya melihat Tugg yang disekap dan diminta mainin perannya untuk menghibur orang-orang di kamp. Akhirnya mereka berempat pun nyusun rencana sesuai dengan skenario untuk membebaskan Tugg. Awalnya Tugg sempat nggak mau dibebasin, tpai setelah dibujuk Lazarus, dia pun mau. Dengan kerja sama juga bareng Four Leaf dan Carrie, mereka bisa melepaskan diri dari kamp. Tapi, Tugg bersikeras mau ngebawa anak angkatnya dari kamp yang ternyata malah jahat dan bikin mereka semua gagal kabur. Pada saat yang tepat banget, muncul Rick yang mau nyelamatin Tugg dan malah jadi menyelamatnya mereka semua.

Film yang tadinya dijuduli Tropic Thunder itu akhirnya diganti jadi Tropic Blunder. Jadi box office dan bikin Tugg dapet Academy Awards pertamanya. Yah, dan Rick dapet bonus pesawat pribadi juga. #okesip

Tropic Thunder 1

Ceritanya kocak dan dodol banget. Karena ini cerita komedi nggak perlu capek-capek mikirin gimana orang-orang itu bisa survive di hutan berhari-hari.

Gue sempat nggak ngenalin Robert Downey di sini. Karena make-up-nya beda gitu dan karakternya jauh banget dari Stark atau Holmes. Hahaha banget deh. Belum lagi yang lain-lain. Juga, Tom Cruise ada di film ini dan ya, lagi-lagi gue hampir nggak kenalin dia. Mereka semua cukup komikal sik. Gue nggak terlalu banyak nonton komedi, jadi cuma bisa menilai lucu atau nggak aja.

Dialog-dialognya banyak nyelipin nama-nama bintang dunia perfilman serta judul-judul film. Kalau ngerti film, joke mereka mungkin akan lucu, kalau nggak ya, bablas deh. Kemudian banyak juga cameo-cameo.

Adegan pembuka film ini juga keren. Jadi ngenalin karakter-karakternya lewat trailer film-film mereka dalam film tersebut. Dan lucu-lucu abis. Sinematografinya sendiri biasa aja sih, tapi namanya juga film buat hiburan, ndak usah mikirin gitulah. Dibawa seru-seruan aja. Yang pasti semuanya cukup kok, sinematografinya lumayan. Efek-efek yang digunain dalam film juga oke. Dan make up! Make up-nya gue kira keren banget. Meski Tom Cruise agak aneh gitu, tapi malah lucu.

Matthew McConaughey sendiri di sini perannya nggak terlalu banyak. Tapi, bener-bener ini film yang jadi first step dia menuju kejayaan McConaissance dari jaman rom-com-nya yang gelap. Mukanya masih manis, apalagi senyumnya, tapi ya aktingnya baguslah di sini dan cukup lucu. Paling nggak banget adalah rambutnya yang errrrr.

Tropic Thunder 2

Matthew McConaughey di Tropic Thunder. Nggak nemu foto yang lebih bagus daripada itu. Haha.

Gue nonton Tropic Thunder versi director’s cut yang durasinya 120 menit. Sementara yang theatrical version sepanjang 106 menit. Memang ada beberapa adegan yang agak kasar sih. Kayak waktu Tugg ngelempar anaknya yang masih kecil ke sungai. Juga obrolan Tugg dan Lazarus tentang orang-orang yang mengalami cacat mental. Juga beberapa adegan yang agak menjijikan gitu.Ya, gue nggak benar-benar tahu mana yang ada di versi theatrical version dan mana yang nggak.

Oh ya, film ini maskulin banget. Perempuan cuma dijadiin figur latar aja. Sementara semua ceritanya dijalankan oleh sekelompok cowok-cowok.

Tropic Thunder ini adalah langkah McConaughey untuk sampai di kemarin malam, ketika dia mendapatkan Academy Award pertamanya. Gue ketawa pas nonton Tropic Thunder, kayak-kayak kok gue nonton di waktu yang pas banget (gue nonton malam sebelum Academy Award). Ditambah dengan aksi-aksi lucu kawanan Ben Stiller, Robert Downey, dan Jack Black, ini lucu, tapi nontonnya bareng cowok-cowok aja sih. Kalau sama cewek-cewek mungkin nggak akan selucu itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s