film / Resensi

Dazed and Confused

“That’s what I love about these high school girls, man. I get older, they stay the same age.”

– Wooderson

dazed and confused

Gue sukaaaaaa banget film ini! Buat gue, ini film yang bakal gue rekomendasiin banget buat kamu, terutama yang udah nggak remaja lagi buat nonton. Memang umurnya udah 20 tahun lebih (dirilis tahun 1993), tapi serunya nggak lekang oleh waktu deh. Pokoknya minimal sekali seumur hidup harus nonton film ini. Geez, bukan alasan karena ada Matthew McConaughey di sini. Tapi, serius, ini film yang asik, seru, dan bikin hati senang.

Cerita tentang sekelompok senior di hari terakhir sekolah. Terutama diceritakan dari sudut pandang Pink. Dia dan temen-temennya mau ngadain pesta di rumah salah satu temen. Tapi gagal karena orang tua si temen itu tahu kalau mau pada pesta. Sementara itu, di sekolah senior-senior mulai ngadain kayak inaugurasi buat para freshman, yang cowok mukulin pantat-pantat para freshman. Sementara cewek-cewek nyuruh freshman untuk ‘air raid’–kayak berdiri lalu tengkurap gitu–kemudian disiramin mustard plus saus dan tepung.

Karena pestanya ini nggak jadi, maka anak-anak itu pada kumpul di Emporium, salah satu klub isinya anak-anak senior gitu. Pink ngajak temennya, Wooderson (Matthew McConaughey), pemuda 20-an yang masih main bareng anak SMA (menolak untuk dewasa hahaha), juga Mitch, salah satu freshman. Wooderson ini akhirnya, mengakomodir pindahan pesta ke tempat namanya Moon Tower. Si Wooderson ini kayak tokoh yang dikenal banyak orang gitu, ramah dan supel. Sebelum pindahan ke Moon Tower, salah satu senior yang tukang bully, O’Bannion, dikerjain sama anak-anak freshman.

Habis itu pada pindahan deh pestanya ke Moon Tower. Ada Mike, anak nerd, yang berantem sama salah satu geng tukang ngisep ganja. Untungnya Pink dan Wooderson langsung cepet tanggap dan pisahin. Selesai pesta di Moon Tower, Mitch berhasil dapet temen kencan anak sophomore dan sampai pagi sama dia. Sementara itu, Wooderson, Pink, Slater, dan dua anak cewek lain pergi ke lapangan sepak bola sampai hampir pagi. Menjelang subuh mereka dipergoki polisi dan nyuruh semuanya keluar. Si polisi ini langsung ngadu ke coach (pelatih football) karena Pink anggota tim football sekolah. Malah si coach ini ngejelek-jelekin temen-temen Pink (terutama Wooderson dan Slater). Gara-gara itu akhirnya Pink nggak mau nanda tanganin semacam surat kelakuan baik gitu, meski bergabung di tim football. Akhirnya, karena udah pagi mereka berpisah, tinggal sisa Wooderson, Pink, Slater, Ron, dan Simone yang nerusin perjalanan mereka.

dazed-and-confused

Hosaaaah! Apa yang harus gue bilang ya. Film ini benar-benar membangkitkan jiwa muda. Nostalgia waktu sekolah. Kegilaan-kegilaan dan sikap impulsif ketika sekolah yang sekarang sering dirasa begitu bodoh, jadi terasa wajar banget habis nonton film ini. Bikin ngerasa normal, senang, dan gue rasa kalau kamu benar-benar menikmati film ini, kamu juga menikmati masa sekolahmu.

Yang bikin gue betah adalah dialog-dialognya yang asik, seru, dan ngalir banget. Serta para cast-nya yang hidup banget. Kayak benar-benar karakter yang nyata gitu. Memang sih, standar anak-anak SMA yang kalau dipandang dari mata orang tua nyebelin. Akan tetapi, dalam beberapa menit ngeliat tokoh-tokohnya berinteraksi justru gue yang terhanyut dalam ceritanya. Richard Linklater memang top!

Ceritanya memang ngalir banget. Meski ganti-ganti sudut pandang, nggak akan susah ngikutin. Karakternya memang banyak sih, tapi muka-mukanya gampang dihafal kok. Gue sepanjang film nyariin di mana Ben Affleck. Eh pas credit title gue baru ngeh kalau dia jadi cowok senior yang tukang bully itu. Haha. Karakternya, cowok-cowok sih yang nyentil banget dan berkesan. Gue suka Pink, karena dia lucu dan mendingan daripada temen-temenya yang aneh. Dan tentunya, Wooderson! Kadar cinta gue bertambah buat McConaughey setelah ngeliat dia di sini. Memesona, pede, dan kharismatik! Wooderson jadi seperti itu gue rasa karena memang bawaan dari McConaughey sendiri. Wooderson yang legendaris.

Film yang berlatar tahun 1976 ini dapet banget deh suasana 70-annya. Awalnya gue ketawa ngeliat betapa jadulnya orang-orang masa itu (maaf, aku anak 90-an). Rambut gondrong, kemeja bercorak, jins ketat (dan Wooderson pakai pink!), dan celana sepinggul. Tapi, karena ceritanya ngalir banget, akhirnya semuanya kerasa enak aja.

Juara lainnya dari film ini adalah musik latarnya. Pilihan lagu-lagunya Aerosmith, Bob Dylan, Ted Nugent, dan gue suka semua! Dapet banget ngegambarin suasana rame dan riuhnya anak-anak remaja yang lagi senang-senangnya itu.

matthew-mcconaughey-looks-2011-dazed-confused-57351

Karena gue nonton film ini karena Matthew McConaughey, biar gue bercuap dikit tentang dia. Peran Wooderson didapatkannya nggak sengaja karena ketemu casting director film ini di bar gitu, haha. Tadinya juga hampir nggak dapet karena Richard Linklater pikir McConaughey terlalu ganteng untuk peran Wooderson. Dari peran pertamanya inilah muncul kata-kata khas dia: ‘alright, alright, alright’ dan ‘just keep livin”. JKL itu yang akhirnya jadi brand dari produk fashion dia dan nama yayasan yang dibangunnya. Salah satu line favorit dari film ini, yang gue tulis di atas juga Wooderson yang ngucapin. Tahun 2012, McConaughey balik sebagai Wooderson di video klip Butch Walker And The Black Widows yang berjudul Synthesizers.

Gue nggak tahu harus bilang apa lagi. Ini jelas jadi salah satu film remaja favorit gue. Udah lama banget nggak nonton film yang remaja banget sekaligus ada nilainya. Kayak yang gue bilang di atas, suka atau nggak film remaja, ini salah satu film yang harus kamu coba tonton minimal sekali seumur hidup.😀

Ini klip ketika Wooderson ngucapin kutipan di atas: 

Video Butch Walker And The Black Widows yang berjudul Synthesizers (lihat betapa masih miripnya doi setelah belasan tahun!)

Leave a Reply

