buku

Creative Writing

20140326_141659

Pengin jadi penulis dan sedang belajar menulis? Kamu wajib banget punya buku ini. Ditulis oleh A.S. Laksana, buku Creative Writing ini memaparkan hal-hal dasar yang harus diketahui dan dipelajari seorang (calon) penulis dan penulis pemula.

Buku ini menyenangkan. Nggak menggurui dan juga nggak memberi contoh dengan ribet. Di dalamnya ada ilustrasi-ilustrasi serta latihan-latihan yang mestinya dikerjakan setelah membaca beberapa bab.

Bagian favoritku adalah ‘Strategi Tiga Kata’, yaitu dengan menentukan tiga kata kunci dalam membuat sebuah paragraf atau adegan. Karena ini trik yang paling gampang dilatih sih dari keseluruhan buku, huehehe. Ini gue kutip sedikit:

“Alat bantu untuk menulis cepat itu adalah ‘strategi tiga kata’. Yang Anda lakukan adalah menulis dengan memanfaatkan tiga kata tersebut untuk menyusun paragraf pertama. Gunakan salah satu kata untuk mengawali tulisan Anda; dua kata lainnya bebas Anda tempatkan di mana saja. Dengan cara ini Anda akan terhindar dari pembukaan-pembukaan klise yang banyak digunakan orang.”

Sementara itu, di buku ini juga diceritakan dan dijelaskan dengan menyenangkan banget tentang plot, alur, karakter, bagaimana membuat deskripsi ‘show, don’t tell’, dan lain-lain yang hampir semua dijelaskan dengan contoh-contoh.

Namun, semua itu nggak akan berguna kalau kamu nggak mempraktekannya dengan menulis terus dan terus. Ini semacam kitab gitu kali ya kalau buat yang baru belajar nulis, karena benar-benar dasar-dasarnya dirangkum di buku ini.

Kalau buat penulis yang sudah tahu levelnya dengan spesifik dan masalah-masalah yang dihadapi dengan jelas, di dalam buku ini banyak udah dimengerti dan dipelajari sih. Meski yang disampaikan di sini benar-benar dasar, buku ini tetap inspiratif banget ketika dan setelah dibaca. Buku ini bagus untuk mengingatkan dan mempelihatkan metode lain yang mungkin selama ini nggak/belum pernah digunakan selama menulis. Maunya sih A.S. Laksana, bikin seri buku kayak gini gitu, khusus untuk karakter, plot, dan sebagainya. Ehehehe.

Kalau habis baca buku ini dan kamu nggak tergerak untuk nulis atau memperbaiki kualitas tulisanmu… kamu sungguh terlalu!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s