film / Resensi

How to Lose a Guy in 10 Days

How-to-Lose-a-Guy-in-10-Days-movie-poster

Gaunnya Kate Hudson warna kuning. Apakah dia berarti si Yellow King? Wah wah wah…. *oke ini jokes buat penonton True Detective

Ketika aku pertama-tama jatuh dalam pesona Matthew McConaughey. Beberapa teman dekat langsung merespon: “Matthew yang di How to Lose a Guy in 10 Days, bareng Kate Hudson, yang main di Wedding Planner?”, “Matthew yang ganteng dan romantis?”, “Pokoknya harus nonton How to Lose a Guy in 10 Days, Matthew unyu banget di situ.” Ya gitu sih kebanyakan pendapatnya (dengan sedikit modifikasi dariku). Aku pernah dengar film ini, mungkin dulu pernah nonton juga sewaktu cuma tahu kalau film itu terdiri atas film action, film rom-com, dan film box-office. Ya, jaman masih lugu gitu deh. Cuma nama Matthew nggak pernah nyangkut di otak gue karena dia terlalu silau dan tampan.

Obral pujian dari teman-temanku itu ternyata sama sekali nggak salah. Matthew memang cute dan ganteng dan sweet dan awwww seksi gitu deh di sini. Siapa yang nggak kesengsem sama cowok berlesung pipi, rambut ikal cokelat, kulit kebakar matahari, dan pergi kerja pakai motor di tengah New York yang macet gitu?! Ha?! Bonus: dia penyayang binatang dan jago masak. Dan badannya udah mirip roti kasur kalau kemejanya dibuka.

Benjamin jadi kerasa Ken(-nya Barbie) banget nggak sih?

Matthew alias Benjamin adalah karyawan sebuah advertising agency yang menantang dirinya sendiri untuk mendapatkan proyek iklan perusahaan perhiasan mewah gitu deh. Untuk itu Ben dalam sepuluh hari bakal bawa seorang cewek dan bikin cewek itu jatuh cinta sama dia ke pesta perusahaan gitu deh.

Dan penulis skrip pun bikin takdir dia ketemu dengan Andy (Kate Hudson), kolumnis How-to di majalah lifestyle Composure, yang sedang menantang diri untuk bisa nulis ‘How to lose a guy in 10 days’ karena terinspirasi dari temennya yang baru aja patah hati setelah hubungan singkat.

how to lose a guy 2

Benjamin ngajak dan ngajarin Andy naik motornya.

Pada saat keduanya berusaha cari-cari, penulis skrip pun bikin mereka ketemu di sebuah pesta. Dengan bekal senyum-gigi-sempurna-mengintip punya McConaughey, plus aksen Texas yang merdu mendayu-dayu, Benjamin pun mulus mendekati Andy. Apalagi, Andy centil-centil-sok lucu itu juga punya niatan yang sama.

Selama sepuluh hari kedepan mereka kencan bareng, nonton basket bareng, makan malam bareng di apartemen Ben, si Andy naruh barang-barangnya di apartemen Ben, sampai akhirnya… Ben ngajak Andy ketemu keluarganya.

Aku benci banget karakter Andy. Bukan karena dia ngecentilin McConaughey alias Benjamin. Tapi, karakter Andy ini fake dan nyebelin banget. Aku tahu kalau sudut pandang film ini memang condong ke Andy. Cuma apa yang dia lakukan ke Benjamin itu jahat banget. Serius. Meski Benjamin juga punya niatan yang awalnya nggak baik, tapi apa yang Andy lakuin itu nggak banget deh.

Andy selalu ngehalang-halangin Ben buat nonton basket. Pertama mereka nonton basket bareng, si Andy ini di ujung pertandingan minta beliin coke. Eh, si Ben udah balik bawa coke, ternyata Andy penginnya yang diet coke. Balik lagi deh si Ben dan tetot habis deh pertandingannya. Kalau aku jadi Ben, aku siramin isi diet coke itu ke mukanya. Kedua, pas mereka makan malem, si Ben udah masak repot-repot, ealah si Andy nangis kagak mau makan steak yang dibikin Ben. Terus minta pergi makan salad di luar. Pas kembali ke apartemen, pertandingan basketnya udah habis. Kali ini aku pengin nimpuk si Andy ini pakai kentang rebus sampai benjol.

Nah, adegan pulang dari makan malem ini juga… enggg banget. Si Andy sok manja. Lalu dengan seenak jidat namain little Ben dengan ‘krull’. Ewwww banget gitu deh adegannya. Adegan sebelumnya, adegan si Ben masak. Aku langsung mikir, ‘serius nih cowok bisa masak? kagak ada tampang sama sekali’ dan jadinya si Ben ini malah tooooo gooooood to be trueeeeeeeeeee.

Ada adegan yang aku suka banget, pas Andy bawa album foto dan lihat bareng dengan Ben. Ada foto Matthew masih SMA! Ganteng! Iya, aku tahu itu foto dia pas SMA karena udah liat beberapa kali hilir mudik di tumblr. Haha. Itu adegan favoritku. Cuma itu.

how to lose a guy

Benjamin resah gelisah mikirin si centil Andy yang semestinya nggak pantes buat dia sampai Benjamin ngajak ngomong anjingnya yang bulunya cuma di kepala.

Endingnya sendiri ya bahagia gitu ya. Meski mereka sempet berantem. Yaaa, kalau udah cinta mau apa lagi. Jarak dari kantor majalah Andy ke airport aja bisa Ben lalui dengan ngebut demi nyegat Andy yang mau ke Washington. Terus mereka pelukan deh di tengah jembatan. Happy ending.

Mungkin sikap Andy yang nyebelin itu demi memuluskan tujuannya ya. Tapi karena nggak berimbang dengan ngeliatin usaha Ben memuluskan jalannya, jadi kerasa nggak imbang banget. Nggak tahu sama sekali apa yang ada di kepala Ben. Padahal, kalau sama-sama dikasih jelek sedikit karakter masing-masing, film ini bisa menggali lebih banyak daripada sekadar ngambek gaje, ngasih nama krull, ciuman di kamar mandi, atau tersentuh sama keluarga Ben. Andy ini jadi kayak tukang manfaatin cowok aja di mataku.

Sebenarnya, film ini lucu dan menghibur. Kate Hudson dan Matthew McConaughey juga dapet chemistry-nya. Banyak adegan unyu. Banyak pelajaran buat (nggak semua) cewek untuk ngedapetin cewek dengan metodenya Andy. Banyak adegan romantis. Matthew McConaughey juga ganteng banget di sini. Meski aku selalu kesel kalau mukanya dibedakin tebel banget kayak di sini. Dia jadi bersinar banget dan bikin silau.

Film ini juga asik ditonton bareng geng cewek atau sama pasangan. Ya lucu sik. Menghibur aja. Nggak perlu terlalu mikir gitu nontonnya. Bisa sambil nyambi ngerjain yang lain. Haha. Apalagi Matthew ganteng banget di sini. Beneran deh nggak perlu alasan lain untuk nonton selain itu.😀

how_to_lose_a_guy_in_10_days_002

Senyum-gigi-sempurna-mengintip-keluar ala Matthew (kamu pasti bisa nemuin senyum jenis ini di semua film romcom dia.)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s