buku / Resensi

Loved You, Love You Then

20140404_085033

Loved You, Love You Then adalah karya debut Ratih Desiana dan diterbitkan oleh Media Pressindo. Covernya manis banget. Warna merah muda dengan ilustrasi amplop di bagian depannya. Unyu.

Dan cukup mewakili isinya sih. Karena semua berasal dari surat. Rara alias Windy menerima sebuah pesan di facebook dari teman lamanya, Awan. Dulunya Windy naksir Awan dan pernah ngirim sebuah surat. Setelah tujuh tahun, Awan akhirnya berani bales… lewat facebook. Windy yang masih punya perasaan yang sama pun menyambut kehadiran Awan kembali dalam hidupnya dan rela, meski hanya harus jadi selingkuhan aja.

Dituturkan dari sudut orang pertama, cerita ini nyaman banget diikutin. Kalimat-kalimat yang digunakan Ratih juga sederhana, tetapi cukup jleb. Selain itu, dialog-dialognya yang ringan tapi enak dibaca juga jadi kekuatan Ratih di novel ini. Rasanya nggak kerasa aja, tahu-tahu udah belakang dan udah selesai aja.

Perasaan tahu-tahu udah selesai itu mungkin bisa karena pengaruh penyelesaiian cerita yang ringkas dan cepat. Sementara setengah di awal dipakai untuk mendeskripsikan kedekatan Awan dan Windy yang juga terasa cepat, tanpa ada masa-masa canggung dahulu. Mungkin itu karena karakter Windy dan Awan yang sama-sama rame dan ceplas-ceplos.

Ada juga typo-typo di dalam sih. Cuma yang paling parah adalah Hogwarts dan Hogwards. Errrgghhh. Ketika gue ngecek review-an gue setahun lalu, udah gue kasih tahu yang bener. Tapi kayaknya Ratih lupa untuk ngebenerin dan editornya mungkin kelewatan untuk ngecek. Cuma ya… errrghhhh banget itu.

Terlepas dari semua itu, ini novel yang ringan. Konfliknya nggak berat dan ribet. Benar-benar murni tentang dua orang yang saling mencintai tetapi nggak berhasil bersatu di masa lalu.😀

Setahun lalu gue baca draf novel ini. Pagi tadi, gue baca lagi yang udah jadi buku. Horrrraaaah! Senang akhirnya bisa lihat draf ini jadi bentuk buku juga. Apalagi karena ngikutin proses dia nulis dari awal sampai akhirnya bisa punya buku sendiri, rasanya senang deh. Good job, Ratih!

2 thoughts on “Loved You, Love You Then

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s