film / Resensi

Ghost of Girlfriends Past

ghosts_of_girlfriends_past_xlg

Ketika lihat adegan awalnya, gue inget dulu pernah nonton film ini, tiga atau empat tahun yang lalu. Waktu itu gue bahkan nggak peduli Matthew McConaughey itu siapa. Siapa dia aja gue nggak peduli, apalagi namanya. Padahal dia ganteng banget di film ini. Ke mana mata gue waktu itu ya?

Yes, karakter dia di film ini, Connor Mead, punya potongan rambut terbaik kedua di antara film-filmnya yang lain. Nomor satunya Rust Cohle dengan 1995 majestic hair-nya. Sekarang juga, McConaughey pakai potongan rambut kayak si Connor itu.

Dan yeah, di film ini karakter Connor brengsek abis. Playboy nyebelin. Fotografer handal. Mengendarai Jaguar. Matanya biru gelap. Dan ganteng. Yes. Dia diundang untuk menghadiri pernikahan adiknya, Paulie. Ini cast kakak adik tapi bedanya kayak bumi-langit. Connor yang kulitnya cokelat kebakar matahari, tinggi, badannya kukuh, eeeehhh… Paulienya kok kecil dan lembek gitu.

Di pesta ini, salah satunya ada bridesmaid yang diperanin Jennifer Garner, nama karakternya Jennifer atau Jeannete? Entahlah, gue cuma fokus sama gantengnya McConaughey aja. Si Jennifer ini teman dari kecilnya si Connor. Gara-gara si Jennifer inilah Connor patah hati berkeping-keping dengan lebaynya. Cuma ditolak dansa pas prom doang gitu lho. Berkat ajaran Uncle Wayne yang jago memperlakukan wanita, jadilah Connor kayak sekarang gitu.

ghosts_of_girlfriends_past

Cuma si Connor ini denial terus gitu. Menyangkal kalau cinta cuma mitos. Cuma untuk orang-orang yang lemah. Bahahaha. Ada beberapa kali, kayak gue ngeliat Rust Cohle dengan kalimat-kalimat yang lebih sederhana dan cara ngomong lebih agak songong. Tiba-tiba, dang! muncullah hantu dari mana-mana. Hantu si Paman Wayne, hantu mantan-mantan dia dulu. Connor diajak napak tilas hubungannya dengan Jennifer. Dan gimana pendapat orang-orang di belakang dia yang ternyata pada berpendapat jelek dan ngetawain dia. Pokoknya nggak ada yang peduli sama dia deh. Dia ini cuma buat senang-senang aja. Sampai dilihatin pesta pemakamannya yang cuma didatengin Paulie.

Ada satu adegan favorit gue, ketika dalam perjalanan hantu-hantu itu, Connor diajak ngeliat Paulie dan keluarga calon istrinya itu. Nah, waktu ngomongin Connor itu, Paulie adek berbakti banget deh. Cerita gimana ketika dia diurus Connor sejak kecil. Ada satu kalimat yang kayak gini: ‘aku bisa tumbuh jadi anak baik, sementara dia tidak’. Berkaca-kaca deh gue. Suka lemah dengan cerita kakak-adik cowok kayak gitu.

Balik dari semua perjalanan imajiner itu. Connor akhirnya minta kesempatan lagi dong sama Jennifer. Ya terus gitulah happy ending dan nggak mungkin banget kejadian kayak gini terjadi di kehidupan nyata.

Tapi karena Connor ganteng banget, semua termaafkanlah.

ghosts_of_girlfriends_past33

Dibanding dua romcom McConaughey yang gue tonton sebelumnya, How to Lose a Guy in 10 Days dan Wedding Planner, ini yang bisa bikin gue betah nonton sampai satu jam pertama. Ketika udah mulai muncul hantu-hantu itu jadi menggelikan sih, tapi gue rasa itu salah satu cara bercerita yang unik (meski nggak masuk akal). Kalau endingnya nggak happy, mungkin cerita ini bisa lebih bagus deh. Ya segala sesuatu bisa berubah dalam semalam, tapi nggak secepat akhirnya Jennifer nerima Connor lagi dan Connor insyaf di film ini.

Tapi karena Connor ganteng banget, semua termaafkanlah ya.

ghosts_of_girlfriends_past15

Di film ini juga, akting McConaughey jelas lebih lebih baik daripada dua judul yang gue sebut di atas. Nggak cuma pamer senyum-gigi-putih-sempurna-nya, tapi udah bisa dapet mana angle-angle terbaik buat muka dia dan gimana ekspresinya. Dan ya, karakter nyebelin Connor ini juga dapet banget karena dia. Kelihatan aja sih kalau aktingnya lebih mature dibanding dengan dua film romcom sebelumnya.

Ini masa-masa terakhir rom-com dia (tahun 2009). Soalnya habis film ini dia kan insyaf, eh maksudnya hijrah, balik ke jaman-jaman film indie dan non romantic-comedy. Sempat reunian lagi sama Jennifer Garner di Dallas Buyers Club.

Yah, dia cocok kok jadi cowok romantis. Cocok banget. Sama cocoknya dengan jadi pembunuh bayaran atau sosok nihilistic. Dan dia ganteng, itu alasan paling bener nonton film ini.

Bravo, sir McConaughey.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s