komik / Resensi

A Contract with God

Will%20Eisner%20-%20A%20Contract%20With%20God%20001

Gue bukan penggemar berat komik atau novel grafis. Ya, meski kadang-kadang sering baca juga. Cuma pertimbangan baca komik atau novel grafis buat gue salah satunya adalah gambar sih, kalau gambarnya nggak pas di mata, yaudah deh… bye… bye. Pernah baca novel yang ada ilustrasi karakternya dan ilustrasi itu udah ngancurin imajinasi gue duluan sebelum mulai baca bab pertamanya, alhasil nggak pernah selesai. Tapi,makin ke sini, novel grafis memang mirip komik, tapi punya elemen-elemen dasar dari novel–jadi, bisa sedikit damai kalau gambar nggak oke, tapi cerita oke. Hehehe.

A Contract with God karya Will Eisner ini adalah pionir novel grafis–ya, disebut-sebut sebagai novel grafis yang pertama. Gue nemu judul ini setelah selesai baca The Sandman. Novel grafis ini terbit tahun 1978. Di dalamnya memuat empat cerita yang berdiri sendiri-sendiri, namun semua karakternya merupakan warga New York.

Keempat cerita tersebut yaitu, ‘A Contract with God’, ‘The Street Singer’, ‘The Super’ dan ‘Cookalein’. Keempatnya membahas hal-hal yang masih relevan sampai sekarang, kayak ambiguitas moral, hubungan manusia dan tuhan, dan kebodohan manusia. Cerita-ceritanya cukup nyentil sik.

A Contract with God menceritakan seorang lelaki yang selamat dari perang dunia kedua. Dia berhasil hijrah di New York setelah (merasa) bikin perjanjian dengan tuhan yang ditulis di sebuah batu. Suatu hari dia nemu bayi di depan rumahnya dan mengasuhnya sampai dewasa. Suatu hari, si anak perempuan itu tumbuh dewasa dan sakit parah lalu meninggal. Si pria ini pun depresi, lalu menggelapkan barang milik sinagog tempatnya untuk dijadikan modal usaha. Makin besar usahanya, dia pun memaksa para pendeta di sinagog tersebut untuk memperbaiki kontraknya dengan tuhan.

The Street Singer ini favorit gue. Cerita tentang penyanyi jalanan yang suka mabuk. Suatu hari suaranya kedengeran oleh mantan penyanyi yang udah turun popularitasnya. Si mantan penyanyi manggil penyanyi jalanan dan diberi uang untuk beli persiapan. Eh, si penyanyi jalanan malah pulang ke rumah dan beli bir untuk mabuk-mabukan! Yaaa… orang mabuk nggak bisa mengingat-ingat sesuatu yang penting!

The Super. Kisah tentang Super, seorang induk semang sebuah flat di New York. Dia ini ditakuti oleh orang-orang yang tinggal di situ karena galak dan menyeramkan. Suatu hari, pas datang untuk mendengarkan komplain salah satu kamar, dia ngeliat gadis kecil, ponakan si pemilik. Super yang nggak punya istri ini jadi bernafsu, apalagi kamarnya penuh gambar porno. Nggak disangka-sangka pas itu datanglah si gadis kecil. Dia mau mempertontonkan kemaluannya asal dikasih uang. Super pun nggak menolak, tapi kejadian selanjutnya jauh… jauh… dari apa yang terbayang di kepala Super.

Cookalein. Ini cerita yang paling panjang dari semuanya. Karakternya paling banyak.  Kisah tentang beberapa penghuni bangunan di New York yang pergi menghabiskan liburan musim panas. Ada yang pura-pura jadi orang kaya. Ada remaja yang diajak melakukan seks sama cewek yang udah jadi istri.

Karena memang cerita-ceritanya bertema begitu, di dalam sini juga banyak adegan yang mengandung konten seksualitas. Artwork-nya sendiri sejalan dengan ceritanya, jadi nggak membingungkan. Juga enak dilihat. Duh, gue nggak ngerti-ngerti amat tentang artwork–karena setiap karya seni gitu kan kayak mengandung DNA si pembuat, jadi ya beda satu dengan yang lain.

Panel-panelnya juga nggak banyak. Ini buku yang bisa habis dalam sekali duduk kok. Bahasanya pun nggak membingungan. Justru adanya gambar-gambar itu bikin ceritanya lebih hidup. Ngasih perspektif yang beda dan tentunya visualisasi di kepala.

Novel grafis ini sesuatu yang patut dicoba, meski kamu nggak suka baca komik. Karena ini bukan semata kuat dari artwork-nya, tapi juga ceritanya. Apalagi ini novel grafis yang pertama kali terbit dari komikus yang juga legendaris. Nggak ada salahnya dicoba!😀

Will%20Eisner%20-%20A%20Contract%20With%20God%20010 Will%20Eisner%20-%20A%20Contract%20With%20God%20081 Will%20Eisner%20-%20A%20Contract%20With%20God%20118 Will%20Eisner%20-%20A%20Contract%20With%20God%20193

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s