film / Resensi

Sahara

sahara__2005__penelope_cruz__matthew_mcconaughey__steve_zahn

Dari dua puluh enam filmnya Matthew McConaughey, ini kayaknya yang paling… nggg deh. Sahara ini salah satu summer movie tahun 2005. Tetapi, biaya yang besar nggak bisa mengimbangi kualitas filmnya. Padahal film ini diangkat dari novelnya Clive Cussler, tentang Dirk Pitt, si pemburu harta. Eh tapi, tunggu jangan berhenti baca di sini, karena gue menemukan sesuatu yang menarik dari film ini.

Matthew McConaughey sebagai Dirk Pitt, cowok atletis, pintar, alpha male, dan berambut gelap nyaris hitam (soalnya dia jarang pakai warna rambut kayak gini). Pada suatu waktu, dia koin-koin emas langka dari sebuah kapal amerika yang tenggelam dan nggak diketahui rimbanya di Afrika. Dia bersama Al (Steve Zahn) dan Phillip pergi bertiga. Di tengah jalan mereka bersilang dengan dua staf WHO yang lagi menyelidiki wabah dan nyari jalan ke Mali. Dirk dkk akhirnya mau ngasih tumpangan ke mereka berdua.

Namun di tengah jalan sesudah menurunkan si staf WHO, Dirk dkk. ini dikejar sama pasukan pemberontak di Mali gitu deh. Yatch mereka yang keren banget hancur berantakan, hiks. Dirk bersama Al melanjutkan perjalanan sementara mereka nyuruh Phillip untuk nyari bantuan ke si bos. Masih di tengah jalan, Dirk dan Al ketemu lagi dengan Eva yang habis dirusuhin pasukan pemberontak juga. Berhasil mengatasi, mereka pun lari pakai mobil dan di tengah jalan… dikepung pasukan lainnya. Tapi yang kali ini baik. Eva dibolehin untuk menyelidiki wabah, sementara si Dirk ini dibantu untuk mencari tahu tentang kawasan pembangkit tenaga surya di tengah gurun yang ternyata adalah tempat pembuangan limbah beracun! Setelah mengatasi pengusaha curang itu, malah akhirnya bikin Dirk dkk nemuin kapal itu di tengah gurun! Hah!

Kayaknya masalah film ini udah dari screenplay-nya deh. Banyak plot hole. Garing. Banyak action tapi nggak menggigit. Harusnya film ini bisa bagus, dengan sinematografi yang oke dan cakep, efek ledakan yang bagus, scoring yang hidup, gurun pasir yang luas, dan duit yang cukup… Akting si McConaughey dan Steve Zahn itu solid dan seru, mereka yang bikin betah nonton. Cukup okelah aksi-aksi, pukul memukul, ledak meledak si McConaughey. Penelope Cruz ya gitu, udah karakternya gaje, gengges lagi. Haha. Yak, sekali lagi realitas membuktikan kalau duit, nama besar, studio besar, bukanlah jaminan segalanya. Haha.

Karena masalahnya dari screenplay, ya jadinya merambat ke mana-mana toh. McConaughey dan Zahn udah oke, cuma kedalaman karakternya jadi nggak keluar. Selain itu, dialog di film ini rumit. Kayak berusaha untuk pinter dan cerdas, tapi nggak menjelaskan dengan terperinci, jadi kayak dapet informasi setengah-setengah. Mungkin sih yang udah baca bukunya nggak bingung, tapi non-pembaca, film ini bakal agak bikin bertanya-tanya. Gue sendiri sih belum baca bukunya.

sahara mcconaughey

Terlebih, McConaughey, padang pasir, dan unta sama sekali nggak seksi. Meski pakai gaya rambut beda dan dari beberapa angle kelihatan seksi, tapi nggak cukup! Ya, akhirnya ada si adegan di telanjang dada di pantai. Tetep aja itu nggak cukup ngebayar dua jam yang udah berlalu! Haha.

Ketika browsing tentang film ini barusan, gue nemu dua artikel menarik, satu review dari Den of Geek, dan review dari Roger Ebert yang ngasih bintang tiga. Gue berkomentar kayak di atas mungkin karena cuma mau liat McConaughey, dan bukan penggemar film bertema adventure kayak gini. Dan, lebih baik kalau kamu menilai sendiri filmnya gimana. Ternyata betul lho, memang masalah film ini ada di screenplay-nya yang nggak di-approve oleh si penulis dan mengakibatkan lawsuit terbesar dalam sejarah film Hollywood.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s