Resensi / Serial

Game of Thrones 4.3: Breaker of Chains

game of thrones 43 daenerys

Sampai belakang, baru ngerti judul episode ini mengacu ke siapa. Siapa lagi kalau bukan Our Mother of Dragons, Daenerys Stomborn yang sampai di depan gerbang Meeren. Ah, gue suka sinematografi adegan di Meeren ini. Banyak yang diambil secara wideshot. Favorit gue ketika Dany berkuda pelan ke arah gerbang, di depannya ada gerbang Meeren yang luar biasa gede. Tapi Dany nggak lurus pas gerbang, melainkan agak di sisi gerbang. Itu keren. Dan adegan di Meeren sendiri juga seru sih. Si Daario cukup punya gaya deh. Begitu pula pas Unsullied ngelemparin tong-tong isi rantai! Keren! Lumayan di sini ada sedikit action, karena memang di episode ini sedikit banget.

Action lainnya adalah ketika para Widlings menyerang desa terdekat. Dimulai dari panah Yggrite dan si bocah kecil yang kemudian dikirim ke Castle Black untuk memperingatkan para Night’s Watch. Sebelumnya, juga ada adegan Sam yang ngirim Gilly ke Mole Town karena merasa Gilly nggak aman di tengah-tengah para pria.

Ah, yang dikirim pergi bukan cuma Gilly. Sansa yang tepat setelah Joffret mati, langsung diseret pergi dari pesta. Diantar ke kapal yang ternyata ada si Petyr ‘Littlefinger’ Baelish. Kalau yang belum baca buku, ikutin nih subplot yang ini. Menarik soalnya, huehehehe.

Joffrey mati ya akhirnya! Cersei teriak-teriak di tengah arena minta Tyrion ditangkep. Ya ditangkeplah Tyrion. Tapi, Sansa nggak dan keburu kabur. Tyrion dikunjungi Podrick untuk ngasih tahu siapa aja yang bakal mengadili dia. Terakhir, Tyrion minta Podrick untuk pergi dari Kings Landing dan minta tolong agar Jaime bisa ketemu dia. Pokoknya disuruh pergi. Adegan ini bagus deh. Semoga Pod baik-baik aja ya.

Siapa yang bakal mengadili Tyrion. Jelas Tywin sendiri. Kemudian Mace Tyrell (bokapnya si Margaery). Dan… Oberyn Martell! Twyin minta sendiri ke Oberyn untuk hal itu, sekaligus nawarin dia duduk di small council raja yang baru.

Yaiyalah, karena Joffrey mati! Harus ada yang menggantikan untuk menduduki Iron Throne dan udah pasti itu adalah Tommen Baratheon. Nih anak udah gede banget sekarang! Suka banget pas Tywin dan Tommen ngobrol bareng. Meski tahu ke mana Tywin ngarahin obrolan itu, kelihatan banget kalau Tommen punya kualitas yang nggak dipunya si Joffrey. Lebih cerdas dan kelihatan bisa tumbuh bijak. Tywin juga kelihatan berwibawa banget, duh, suka banget karakter ini deh.

Obrolan itu terjadi di dekat pembaringan si Joffrey. Ada juga Cersei di situ yang kelihatan amat sangat berduka. Kemudian pas Tywin dan Tommen pergi, datanglah Jaime. Cersei minta Jaime untuk membunuh Tyrion. Tapi, Jaime nggak maulah karena Tyrion adalah saudaranya sendiri. Pertemuan itu berakhir dengan… Jaime memaksa Cersei untuk berhubungan badan dengannya di samping jasad si Joffrey.

game of thrones 43 arya

Jauh dari Kings Landing, Arya dan The Hound… ini kayaknya bagian paling bagus dari episode ini. Arya mengungkapkan dia pengin ke Braavos. Mereka dikasih tumpangan di rumah seorang petani yang berakhir dengan dirampok oleh The Hound. Gue suka kata-kata The Hound yang terakhir ‘berapa banyak Stark yang harus dipenggal untuk bikin Arya sadar kalau banyak orang yang lebih jahat dari The Hound’–kira-kira gitu sih.

Kalau udah baca buku, jangan coba-coba cari judul tiap episode deh. Soalnya sekarang kan udah beredar. Tiap judul udah ngasih gambaran banget apa yang bakal terjadi di tiap episode. Jadi, gue pribadi ngerasa nggak suprise gitu jadinya. Oh di episode itu bakal begini, oh di episode itu bakal terjadi itu.

Gue lebih suka episode ini dibanding dua episode sebelumnya. Karena ceritanya lebih padat, ngalir, dan kerasa lebih stabil. Mulai kerasa benih-benih konflik di season empat ini. Mulai banyak clue mau menuju ke mana cerita musim ini. Kayak ke mana Shae? Mau dibawa ke mana Sansa? Apa yang bakal menimpa Tyrion? Dan tentunya, pengin tahu gimana Dany di Meeren. Penasaran, kan?😀

Preview episode 4

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s