dokumenter / film

Comic-Con Episode IV: A Fan’s Hope

Comic-Con-Episode-IV-A-Fans-Hope

Ini dokumenter yang seru banget! Terlebih kalau demen, pernah, dan pengin banget ke San Diego Comic-Con. Namun, mungkin dari awal aku harus peringatkan kalau nonton ini menyebabkan kemupengan dan rasa terbakar dalam hati karena ingin segera bergabung di Comic-Con mendatang.

Diproduseri oleh Stan Lee dan Joss Whedon, serta disutradarai oleh Morgan Spurlock, film dokumenter ini mengikuti perjalanan beberapa orang. Mereka yang memperjuangkan passion komiknya. Seorang retailer komik yang selalu datang selama 30 tahun. Seorang cosplayer dan timnya yang udah mempersiapkan kostum berbulan-bulan sebelumnya. Sepasang muda-mudi yang ketemu di Comic-Con dan akhirnya berkencan. Seorang kolektor yang rela ngantre dan pagi, kemudian lari-lari baru aja pintu Exhibit Hall dibuka biar dapet action figure Galactus.

Film ini memperlihatkan nggak semua sih dari Comic-Con sih. Karena semuanya nyaris bilang empat hari nggak cukup! Nggak bisa masuk ke semua panel. Nggak bisa ngikutin semua yang dimau.

Diceritain juga sejarah singkat Comic-Con yang dulunya konvensi untuk pembaca dan kreator komik, tapi sekarang justru komiknya sendiri bergeser jauh dan tinggal sedikit. Comic-Con berkembang untuk segala jenis budaya populer, dari film sampai manga. Orang-orang yang datang pun nggak semua baca komik. Banyak yang dateng gara-gara toys, panel, buku, dan sebagainya.

Diajak juga keliling lantai Exhibit. Ada cosplayer di mana-mana. Dari yang serius dengan detail keren banget, sampai yang lucu-lucuan. Bukan cuma cosplayer, tapi keliling-keliling di sana, bisa ketemu dengan orang-orang yang biasanya kamu kagumi, dari Stan Lee sampai Robert Kirkman (The Walking Dead).

Aku nggak tahu kata apa lagi yang pantes untuk ngungkapin semua itu kecuali seru. Bener kata salah satu dari mereka kalau Comic-Con mungkin kayak surga buat para geeks. Kamu nggak akan ngerasa aneh dengan obsesimu sama film atau games di sana. Semua punya interest yang sama. Beberapa malah ngerasa Comic-Con kayak rumah yang lain. Yang tiap tahun harus mereka kunjungi lagi dan lagi.

Suatu hari, aku juga pengin ada di sana. Ya, suatu hari!

Trailer Comic-Con Episode IV: A Fan’s Hope (2012)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s