film / Resensi

Lone Star

lone_star

Lone Star adalah kisah tentang Rio County, yang terletak di sebelah selatan Texas. Berbatasan langsung dengan Meksiko. Kota kecil tempat berbagai ras yang bisa ditemukan di Amerika Serikat, tinggal di satu tempat: kulit putih Amerika, Indian, African-American, dan Mexican. Konflik dalam cerita ini sendiri dimulai dari penemuan sebuah kerangka manusia, lengkap dengan tanda sherif, di tengah gurun. Setelah diteliti forensik, kerangka tersebut adalah milih Charlie Wade, sherrif sekitar 25an tahun lalu.

Sam Deeds (Chris Cooper), sherrif saat itu, memutuskan untuk menyelidiki siapa yang membunuh Charlie. Selama hidupnya, Charlie bukan sherrif yang baik. Dia bikin banyak musuh, salah satunya yang paling populer adalah gimana Charlie ini berkonflik dengan Buddy Deeds (Matthew McConaughey), ayah Sam. Kecurigaan Sam jatuh kepada ayahnya inilah yang membunuh Charlie.

Memang sih dari dulu, Sam punya konflik dengan Buddy Deeds. Karena dulu, pas remaja Buddy ini memang pernah merusuhi kehidupan cinta Sam dan Pilar. Di depan umum pula. Sam yang marah akhirnya kan pindah tempat bareng ibunya. Sampai akhirnya dia kembali lagi setelah ayahnya meninggal, kembali untuk Pilar.

Ini bukan sekadar kisah cinta sih. Misteri kota kecil tersebut tumbuh bersama Buddy Deeds. Dia adalah legenda. Seluruh kota mengenalnya sebagai orang yang diandalkan. Namun, Sam benar-benar terusik karena yakin bahkan ayahnya itu nggak sesuci yang diduga orang-orang. Selama menyelidiki itu pelan-pelan dia tahu tentang kejahatan si Charlie Wade yang pernah membunuh orang. Pokoknya orang-orang di Rio County itu udah nggak suka, tapi cuma yang paling berani ngelawan ya cuma si Buddy Deeds.

Lone-Star_l

Buddy Deeds muda. Uwuwuwuwuwu.

Dituturkan dengan selipan-selipan adegan dari masa lalu. Buddy Deeds muda, Charlie Wade, ibu dan ayah Pilar. Dengan transisi antara adegan yang aku suka banget kerasa smooth! Sepanjang film dibuat penasaran dengan sepak terjang Buddy. Apalagi setelah ada uang $10rb yang hilang, diambil dari mayat Charlie Wade. Gue suka banget cara berceritanya, Sam, si karakter utama, bahkan kerasa nggak lebih punya misteri dibanding Buddy, karena memang beliaulah yang dibahas sepanjang cerita.

Di film ini juga, diceritakan situasi perbedaan ras di sana. Masing-masing ras yang punya bar sendiri. Bahkan, di sekolah, untuk ngajar sejarah aja harus pakai diskusi dulu, mana yang harus disampaikan, mana yang tidak. Buat penonton Amerika, kondisi tersebut mungkin akan menarik. Kalau penonton non-US, mungkin nggak akan terlalu ngeh.

Matthew McConaughey sendiri yang waktu itu masih muda banget! Kayak glowing gitu deh dia. Ya baguslah kayak biasa. Nggak banyak juga adegannya, cuma sekitar tiga adegan aja.

Senang banget nemu film-film yang nggak populer tapi keren kayak gini. Bukan cuma misteri, tapi karakter-karakter di film ini juga menarik. Kamu harus nonton sampai akhir, karena… kamu harus tahu apakah Buddy Deeds benar-benar pembunuh atau bukan!😀

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s