film

Hitchhiker’s Guide to The Galaxy

hitchhikers-guide-2

Hari kelima! Hah! Ternyata nulis kontinyu butuh disiplin juga ya. Hari ini gue memilih Hitchhiker’s Guide to The Galaxy yang diangkat dari novel fiksi ilmiah terkenal berjudul sama karya Douglas Adam. Ah, ini tentang pencarian jawaban se-alam semesta.😀

Yang gue tonton versi tahun 2005. Ada Martin Freeman, Zooey Deschanel, Sam Rockwell, Alan Rickman, Stephen Fry. Haha… gue baru nyadar kalau rame banget nama-nama di film ini. Dulu ketika kali pertama nonton cuma ngeh sama Martin dan Zooey.

Martin Freeman yang masih muda dan rambutnya auburn memerankan Arthur Dent, protagonis dalam cerita ini. Pada suatu hari rumahnya dikepung oleh kontraktor, mati-matian Arthur berusaha mempertahankan. Akan tetapi, tanpa dia tahu ada masalah yang lebih besar daripada itu. Bahwa ada kontraktor antar galaksi yang sedang membangun semacam jalan tol antar galaksi dan Bumi harus digusur untuk itu! Beruntung ada Ford, teman Arthur yang ternyata alien dan juga penulis buku Hitchhiker’s Guide to The Galaxy. Menumpang di pesawat Vogon dan akhirnya ketahuan lalu dibuang. Justru karena itulah mereka bertemu dengan Tricia alias Trillian dan Presiden Zaphod Beeblebrox. Akhirnya, si Arthur ini malah jadi bantuin Zaphod untuk tadi cari the ultimate answer of the universe. Haha.

Jelas aja semua nggak semudah itu. Gara-gara kebodohan si Zaphod mereka harus berhadapan dengan Vogon-lah dan sebagainya. Hahahah. Dodol deh.

Hitchhiker-s-Guide--Movie Hitchhiker-s-Guide-

Gue belum baca buku ini sih. Pernah baca tapi belum selesai. Bukunya memang salah satu fiksi ilmiah wajib yang harus dibaca. Akan tetapi, film versi 2005 ini rasanya nggak sesukses itu.

Sebenarnya, sinematografinya bagus kok. Gue suka animasi yang dipakai untuk menceritakan isi buku Hitchhiker’s Guide to The Galaxy. Juga, warna-warnanya yang cerah, kelihatan banget kalau film ini komedi, bukan fiksi ilmiah yang berat dan suram.

Di sini banyak juga desain makhluk dari berbagai ras. Kebanyakan dari mereka lucu-lucu dan unik. Paling menjijikkan sih para Vogon, tapi juga lucu. Haha. Favorit gue sih Marvin, robot di pesawat Zaphod yang suaranya diisi Alan Rickman! Robot yang punya perasaan tapi depresi mulu dan suara si Alan cocok banget buat Marvin. Haha.

Bukan cuma Marvin yang lucu, karena beberapa hari lalu gue habis nonton Moon. Ngeliat Sam Rockwell meranin presiden Zaphod yang dodol abis bikin gue pengin ngakak mulu. Ya ampun Sam, pengen gue timpuk mukanya pakai pesawat mereka.

Dan yaaa, favorit gue adalah openingnya yang lucu. Cerita pembuka tentang lumba-lumba. Video lumba-lumba dan lagu ‘So Long and Thank You for The Fish’.

Dialognya juga lucu-lucu sih. Gue suka dan beberapa bagian terasa fiksi ilmiahnya banget. Yang bikin film ini kerasa kurang… kurang gereget. Ceritanya sih yang terlalu longgar. Padahal, semuanya udah terasa cakep deh. Padahal naskah skenarionya sendiri ditulis juga oleh Douglas Adam. Haha….

Ini salah satu film fiksi ilmiah yang lucu dan bikin mikir sekaligus. Terutama kontemplatif di jawaban yang akhirnya dikasih sama superkomputer itu. Hmm. Hahaha. Cukup lucu dan menghibur. Apalagi didukung cast yang keren-keren. Boleh ditontonlah sekali-kali!

Tapi, penting untuk dengerin soundtracknya dulu: So long and thank you for the fish

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s