film

Interstellar #3

tumblr_n5ogjnJKVa1qej1i6o4_1280

“We must confront the reality that nothing in our solar system can help us. We’re not meant to save the world. We’re meant to leave it. We must reach far beyond our own lifespans. We must think not as individuals but as species. We must confront the reality of interstellar travel.”

Akhirnya setelah enam bulan berlalu dari teaser pertama, akhirnya dikasih juga trailer yang kedua. Full trailer. Seratus lima puluh tiga detik. Seratus lima puluh tiga detik yang bikin hati gue kayak ditarik ke wormhole.

Gue bukan mau ngereview trailernya sih. Cuma daripada gue nulis tweet yang nggak selesai-selesai untuk menujukkan apresiasi gue ke Nolan bersaudara dan Matthew McConaughey, yang sebenarnya adalah ledakan rasa antusiasme dan ekspresi ‘inner fangirl’ gue. Jadi, akan lebih baik kalau gue tulis di sini.

Trailer ini nggak ngasih tahu banyak. Cooper (karakter McConaughey) harus pergi ke luar angkasa untuk menyelamatkan umat manusia dan meninggalkan keluarganya. Premis standar. Akan tetapi, bukankah itu yang paling realistis, yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari? Ketika seseorang harus memilih apa yang penting buatnya. Dilematis. Dan ini adalah dasar konflik yang kuat dan punya hati. Ini pasti ulah Jonah Nolan.

Fokus dari trailer ini adalah pilihan Cooper, dengan sentral dirinya sendiri dan anak perempuannya, Murph. Michael Caine yang kerasa beda banget dari karakter Alfred (soalnya ketika jadi Cutter dan bokapnya Dom, masih kerasa Alfred banget). Di sini, dengan logat yang berbeda, cara ngomong yang beda, beliau berusaha ngasih insight ke Cooper bahwa kepergiannya bernilai banyak. Bukan hanya untuk keluarganya, tapi juga untuk dunia ini. *writing with tears in my eyes*

Jadi, Cooper pergi. Meninggalkan Murph yang terluka. Adegannya bagus banget ketika Murph lari ke pintu. Cooper ngendarain truk birunya sambil berkaca-kaca. Gue suka gimana mereka nyambungin trailer satu dan dua. Sekarang, kita tahu kenapa McConaughey kayak nahan tangis di trailer pertama.

Tiga puluh detik terakhir. Gue nggak berhenti bilang ‘wow’ dan adek gue (yang baru 9 tahun) nggak bisa nahan diri buat bilang ‘buset’. Haha. Spaceporn. Spaceporn. We need more spaceporn. Melihat sedikit yang dikasih, gue jauh lebih suka ini dibanding dengan Gravity yang gue selalu ngerasa kayak kumpulan montase foto-fotonya NASA atau malah video dari ISS (iye, sekarang kamu bisa ngeliat pemandangan Bumi dari kamera high-def yang dipasang di ISS dalam 24/7. Thanks NASA). Oke. Gue terpesona.

Hoyte van Hoytema kali ini jadi sinematografer untuk Chris. Film-film Chris yang sebelumnya sebelumnya sinematografinya dikerjakan oleh Wally Pfister yang karena debut filmnya tahun ini, Transendence, harus pisah dulu sama Chris. Baca-baca, banyak yang sangsi dengan Hoyte yang sebelumnya ngerjain Her dan Tinker Tailor Soldier Spy. Setelah trailer ini keluar, rasanya banyak kesangsian yang pupus. Beberapa wideshot-nya, terutama ketika di luar Bumi, rasanya cukup jadi alasan untuk nonton di IMAX.

Desain spaceship dan perjalanan masuk ke dalam wormhole, itu bener-bener…

Nama Murph merupakan metafora dari Murphy’s Law yang menyatakan ‘anything that can go wrong, will go wrong‘. Sementara karakter Cooper kira-kira bilang gini: ‘what ever can happen, will happenTapi, apa maksud sebenarnya, nggak ada yang tahu ya. Tunggu aja 7 November nanti. Haha.

Ah ya, coba cari TARS di dalam trailer itu. Kelihatannya akan jadi sesuatu yang menarik.😀

Dari trailer sepanjang itu: plotnya masih samar banget. Itu bener-bener sedikit dari banyak yang disimpen Nolan. Aaaah! Can’t wait til November!

Sebenarnya gue menahan-nahan diri untuk terlalu antusias dan memelihara ekspektasi tinggi. Akan tetapi, Nolan bersaudara, Matthew McConaughey, spaceporn, dan wormhole… oh ya konflik keluarga (gue lemah hati banget sama konflik ayah dan anak perempuannya begini), bikin gue nggak bisa untuk nggak berekspektasi. Gue harap, Interstellar akan jadi sesuatu yang mengagumkan, menginspirasi orang untuk belajar, dan lebih tertarik sama sains.

In Nolan we trust. Hail Nolan.

tumblr_n5ogjnJKVa1qej1i6o8_1280 tumblr_n5ogjnJKVa1qej1i6o5_1280 tumblr_n5og4he5R21stxcmio9_1280

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s