Catatan / trivia

The Keys to The Street

Christopher Nolan Nov 2010 Photograph by Christopher Nolan

Dua hari yang lalu gue berakhir dengan membaca sebuah screenplay yang gue temukan, The Keys to The Street, yang diangkat dari novel berjudul sama oleh Ruth Rendell. Screenplay tersebut ditulis oleh Christopher Nolan tahun 2000, yang kemudian tahun lalu dikabarkan digarap oleh orang lain. Dan… gue menemukan sesuatu yang menarik!đŸ˜€

Gue nggak akan bocorin jalan ceritanya apa. Thriller-romance gitu deh. Iya romance. Karakter utamanya, Mary Jago, seorang staf museum di London. Sebenarnya fokus ceritanya adalah tentang kawasan sekitar Regent’s Park yang jadi kayak tempat orang kaya-miskin. Cuma pas di screenplay nggak terlalu kerasa kelihatan sih, mungkin itu visi visual yang disimpen Chris.

Mary ini bertemu dengan seseorang yang ditolongnya, yang ia beri donor sumsum tulang belakang, bernama Leo. Akan tetapi, ada misteri yang menyelubungi karakter Leo di belakang ini. Ada twist di bagian akhir cerita. Sampai belakang malah, bikin penasaran banget.

Namun, yang mau gue tulis di sini bukan tentang itu semua sih. Gue menemukan sesuatu yang menarik, yaitu museum tempat Mary bekerja, Museum Irene Adler. Gue sampai googling loh itu beneran ada atau nggak. Karena mereka ngomongin Irene Adler yang gue kenal. Irene Adler yang dipuja Sherlock. Ada display foto-fotonya, lukisannya sama raja Bohemia, dan banyak hal lain. Haha. Ternyata museum itu nggak ada sih, cuma karangan dari Ruth Rendell aja, si novelis.

Dan tentu aja karakter-karakternya juga ngomongin tentang Sherlock dan Irene. Penasaran kalau beneran jadi film gimana penampilan museum tersebut. Sayang banget ini nggak dikerjakan sama Chris sendiri! Ini salah satu dialog dari screenplay, ketika ada pengunjung yang protes kalau museum ini nggak asli!đŸ™‚

Mary: “Some people prefer their history to have been true, Roman.”

Roman: “It is true. Just not real.”

Leave a Reply

