buku

Physics of The Impossible

20140517_082320

Buku ini seru banget! Meski non-fiksi, Physics of The Impossible yang ditulis oleh Michio Kaku ini bahasanya nggak njelimet sama sekali. Terlebih diterangkan dari hal yang paling familier pelan-pelan sampai akhirnya ke puncak, kepada hal yang paling tinggi tingkat mustahilnya.

Kaku menggunakan contoh dari serial-serial televisi, film, sampai literatur fiksi ilmiah yang populer untuk menerangkan hal-hal di dalamnya. Bahkan, Death Star dari Star Wars punya pembahasan sendiri. Mungkin nggak sih membangun Death Star yang sekali pencet bisa melenyapkan Aldeeran? Hmm… jawabannya ada di buku ini.

Oleh Kaku, Death Star masih digulongkan dalam Class I Impossibilities. Beliau memang membuat tiga kategori untuk membedakan hal-hal yang ‘mustahil’ itu. Class I, yaitu hal-hal yang sekarang belum mungkin dan nggak berlawanan dengan hukum-hukum fisika. Yang termasuk dalam kelas ini adalah teleportasi, telekinesis, robot, starship, anti materi dan anti semesta, dan lain-lain. Class II, yaitu hal-hal yang pengetahuannya masih minim banget dimengerti oleh manusia. Contohnya berupa parallel worlds, time travel, dan interstellar journey. Class III, ini yang sekarang nggak mungkin dan berlawanan dengan hukum fisika yang sekarang diketahui, termasuk perpetual motion machine dan precognition.

Cerita favorit gue adalah tentang antimatter & antiuniverse. Penjelasan tentang semesta yang jadi kembaran semesta yang kita huni, semesta yang terbalik dari semesta kita, dan semesta yang waktunya berjalan ke belakang. Itu… mindblowing! Apalagi dijelasin dengan menyenangkan. Bikin gue tertegun dan terpekur.😀

Semakin ke belakang nggak bisa gue pungkiri memang bacanya harus lebih cermat sih. Dasar-dasarnya memang udah dijelasin di depan, dalam bab-bab terdahulu, namun untuk mengerti (karena gue bukan anak fisika) memang perlu lebih teliti dan pelan-pelan. Tapi, tetap aja, seru banget!

Buku ini cocok banget buat yang senang dengan fiksi ilmiah dan punya rencana untuk nulis fiksi ilmiah. Banyak referensi pop culture di dalamnya, dari Star Trek, Star Wars, sampai Back to The Future dan novel-novelnya Arthur C.Clarke. Dari buku ini juga, bakal ketahuan minat kita apa, apakah ke artificial intelligence, cosmos, atau rocket & starship! Dari situ kan jadi menelusuri hal-hal tersebut lebih mudah jadinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s