buku / film

Inception: The Shooting Script

inception tss 2

Hmm… sebenarnya gue nggak benar-benar punya alasan kenapa beli buku ini. Tapi, kovernya bagus banget!

Inception: The Shooting Script ini satu-satunya movie tie-in book dari film Inception. Nggak ada artbook-nya. Nggak ada novelisasinya. Ketika lagi browsing buku lain, nggak sengaja nemu ini, karena harganya terjangkau kantong akhirnya langsung gue beli deh.😀

Sesuai judulnya, buku ini berisi naskah skenario dari film kesukaan gue, Inception. Beserta concept art dan storyboard dari beberapa adegan. Petunjuk pemakaian PASIV device di bagian belakang buku.

Plus, grafik gambaran Christopher Nolan sendiri yang berisi ringkasan cerita Inception dan beberapa catatan punya dia. Ini bagian favorit gue!

Di bagian preface, ada obrolan dari Jonathan Nolan dan Christopher Nolan tentang film ini. Gimana idenya sendiri dikembangkan selama sepuluh tahun. Ide yang Chris dapet dalam mimpi. Kenapa dia membatasi Inception tetap di ranah science fiction, bukan psikologi. Tentang gimana Chris diskusiin naskah Inception ini bareng Jonah dan juga Emma Thomas (istrinya). Sampai akhirnya dapet pencerahan kalau antagonisnya itu harusnya si istrinya karakter. Juga obrolan lain tentang directing, writing, dan lain-lain. Unyu banget deh ngebayangin mereka berdua ngobrol. Haha.

Gue menikmati banget baca skenario ini. Smooth. Awal-awalnya memang berusaha menrhatiin apa yang ditulis. Lama-lama, semakin kebelakang makin kebawa sama ceritanya. Mungkin yang agak menganggu karena udah nonton filmnya berulang kali, imaji dari filmnya jadi nempel banget dan nyaris nggak ada yang tertinggal buat dibayangin.

"Inception" Rome Photocall

Senang banget juga baca script-nya karena bikin ngerti lebih detail dan jelas sih. Misalnya, gue baru tahu kalau nama sedatif yang digunain itu Somnacin. Hahaha. Jadi, lebih nempel aja gitu ceritanya. Memang dasarnya gue ini pembaca sih, bukan penonton. Meski udah nonton berkali-kali, pas baca masih juga kagum. Beberapa kali berhenti cuma buat komentar: ‘kok bisa sih kepikiran begitu?’, ‘kok bisa sedetail ini sih?’. Bisa jadi, karena umur idenya sendiri udah 10 tahun, udah cukup riset dan sebagainya.

Buku ini bagus sih kalau buat yang berminat belajar nulis screenplay atau kalau memang ngefans sama Nolan. Gue juga baru tahu kalau ternyata screenplay banyak juga yang diterbitin ya. Lebih milih beginian deh daripada novelisasi. Kalau misalnya nggak mau repot-repot beli bukunya, naskah Inception bisa didapat di mana-mana sih di internet. Berhubung gue lebih suka baca buku daripada baca secara digital, jadi gue pilih beli buku deh.😀

inception tss 1 inception tss 3 inception tss 4

2 thoughts on “Inception: The Shooting Script

Leave a Reply

