film

I’m Here

im here 1

Gue suka banget Her. Benar-benar suka. Ketika gue nonton film pendek dari Spike Jonze yang berjudul ‘I’m Here’ ini, gue terpana. Indah banget. Berlatar di masa depan atau mungkin di semesta yang lain, ketika para android/robot hidup berdampingan dengan manusia. Kali ini, ceritanya adalah tentang dua robot yang saling jatuh cinta.

Mungkin satu kata, karena ini kisah cinta: pengorbanan. Itu tema besar dari film pendek ini. Dan, kamu bisalah ngira-ngira bakal ceritanya seperti apa. Karakter robot perempuan yang ceroboh dan karakter robot laki-laki yang diperankan Andrew Garfield yang cinta setengah mati.

Gue suka dialog-dialognya. Mereka bicara tentang larangan menyetir mobil, mereka bicara tentang mimpi (apa kamu pikir android bisa bermimpi? Bikin inget cerita Blade Runner-Ridley Scott/Do Android Dream an Electric Sheep-Phillip K. Dick), mereka bicara tentang banyak hal! Suka banget, terutama bagian mimpi.

Gue jatuh cinta sama adegan-adegannya dari awal sampai akhir. Dari detail, sinematografi, sampai palet warna yang dipilih buat filmnya. Dari awal sampai akhir kayak lukisan… soalnya memang indah banget. Gue suka ketika Sheldon dan si robot cewek itu main ke hutan. Aduh, kayak gitu seharusnya bikin adegan jatuh cinta. Nggak perlu kata-kata. Sama sekali nggak. Latarnya, cahayanya, gerak-gerik aktornya, itu benar-benar bikin adegan itu hidup! Padahal mereka robot!

Bukan cuma setting, detail-detailnya di latarnya juga menggagumkan. Tikus-tikusan kertas, tukang sulap yang ngeluarin ayam, perpustakaan, lampu-lampu neon. Entahlah, ngeliat semua itu berasa jatuh cinta. Kayak pengin jadi bagian dari dunia karangan Spike Jonze tapi tanpa nasib tragis. Ups.

Tentunya, soundtrack yang luar biasa manisnya. Duh, nggak kalah sama Moon Song di Her. Lagu tema di I’m Here ini juga enak banget! Tipe-tipe yang gue suka dengerin. Bikin makin gemes sama film ini.😀

Cuma satu yang ngeganjel di hati gue, ceritanya itu lho. Bagus sih. Bittersweet. Manis dan tragis. Pahit dan romantis. Namun, cinta nggak seharusnya begitu. Gue nggak tahu jenis cinta apa yang diceritain Spike Jonze di sini. Akan tetapi, semua itu kebayar dengan adegan yang sangat apik dan ciamik. Benar-benar kayak jatuh cinta.

Ketika muter-muter untuk nonton yang lain, gue nemu film pendek lain dari Spike Jonze, produksi tahun 2011. Ini ceritanya unyu. Tentang dua kover buku yang saling jatuh cinta. Dan tahukah settingnya di mana? Shakespeare & Co. di Paris. Toko buku yang paling ingin gue kunjungin.

Lagi-lagi ini bikin terpana. Unik. Ceritanya juga lebih bisa gue terima karena lucu ya, meski tragis. Dan lagi-lagi, lagu latarnya juara. Suka! Bener-bener ngerasa jatuh cinta sekarang!

To Die By Your Side – (Mourir auprès de toi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s