film

Europa Report

XLA8jcn

Europa Report adalah film indie fiksi ilmiah yang dirilis tahun 2013 dan disutradari oleh Sebastian Cordero. Cast-castnya nggak terkenal sih, namun aktingnya cukup bagus. Meski begitu, Europar Report ini banyak dapet pujian dari kalangan penggemar science fiction karena sains di dalamnya cukup akurat.

Penuturan cerita dalam Europa Repot melalui video footage dari spacecraft tersebut. Dari kamera interior dan eksterior, dari kamera di spacesuit ketika EVA (extravehicular activity–aktivitas di luar shuttle). Juga termasuk kamera ketika peluncuran dan potongan dari berita-berita. Jadi, kelihatan kayak nonton dokumenter gitu. Aku sendiri suka sih, jadi kerasa realistis gitu!

Ceritanya sendiri tentang perjalanan Europa One, pesawat ulang alik menuju Europa, salah satu bulan milik Jupiter. Didanai oleh swasta, pesawat tersebut membawa enam orang awak yang terdiri dari berbagai keahlian, termasuk salah satunya seorang oseanografer. Kenapa bawa oseanografer? Karena mereka mau meneliti dan ambil sampel dari es dan air yang berada di bawah lapisan es tersebut.

Awalnya perjalanan tersebut berjalan baik sampai salah satu dari kru mengalami kecelakaan. Perjalanan berubah suram, namun mereka akhirnya mendarat di Europa dan melanjutkan misi. Apa yang ada di bawah es? Air. Apa yang ada di bawah air? Cahaya. Dan teror.

Jadi, selain karena masalah internal. Kondisi kru yang tertekan, mereka juga menghadapi masalah kondisi Europa yang nggak diduga-duga. Ini bukan cerita tentang misi yang berujung bahaya (karena umumnya perjalanan ke luar angkasa berjalan aman!). Juga, kalau mengharapkan adanya ‘first contact’, kalian juga nggak akan nemuin.

Alurnya berjalan lambat. Akan tetapi, karena aku menikmati banget video-video footage-nya jadi nggak kerasa ngebosenin. Beberapa video malah diambil dari video asli NASA, termasuk ketika peluncuran Europa. Juga, spaceporn yang ada beberapa diambil dari image Hubble yang kemudian ditambah dengan efek visual. Tapi sekali lagi, itu sama sekali nggak mengecewakan. Bahkan untuk ukuran film indie, efek dalam film ini bagus banget!

Memang filmmakernya berkonsultasi dan minta bantuan langsung dari pihak JPL (Jet Propulsion Laboratory) NASA sih. Mereka yang ngebantu banget biar set dan seluruh citra dalam film tersebut kelihatan realistis. Di salah satu adegan juga ada videonya Neil deGrasse Tyson ngomong Europa! Di sini juga cukup banyak istilah-istilah ilmiah yang nggak dijelaskan. Maksudnya, kalau nggak biasa nonton mungkin akan asing. Tapi, kalau nggak terlalu peduli detail, nggak masalah sih, soalnya situasi tegang yang terbangun udah cukup menjelaskan keadaan yang ada.

Beberapa adegan dari film ini ngeingetin sama 2001: A Space Odyssey, Moon, dan Contact. Meski begitu, film ini tetap punya rasa tersendiri. Bagus banget sebagai pemanasan menjelang Interstellar yang rilis November nanti. Haha. Europa Report ini adalah space opera dengan sains yang cukup akurat. Wajiiiib banget dicoba buat pecinta space opera!

europa-report-4 europa report 3 europa report 2 europa report 1

2 thoughts on “Europa Report

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s