film

Only Lovers Left Alive

only_lovers_left_alive_ver7

Jika kamu tanya, film ini bercerita tentang apa, jawabanku cuma satu: sepasang vampir yang menikmati hidupnya.

Adam (Tom Hiddleston) dan Eve (Tilda Swinton) adalah pasangan suami istri vampir yang sudah bersama sejak beberapa abad lalu. Mereka berdua menolak mengigit manusia, alih-alih hanya minum darah bersih yang dibeli secara ilegal. Mereka hidup terpisah, Adam di Detroit dan Eve di Tanger. Adam sebagai musisi yang bikin musik pemakaman dan nggak mau terkenal, sementara Even menikmati hidupnya dengan membaca buku, buku, dan buku! Ketika depresi si Adam menyerang, Eve memutuskan mengunjungi Adam. Semua berjalan baik-baik aja, sampai Eva (Mia Wasikowska), adik Eve, datang mengunjungi mereka berdua di Detroit. Masalah yang dibuat Eva, bikin Eve dan Adam harus lari di Tanger. Kelelahan, mereka ternyata kesulitan untuk dapat darah bersih dari sana. Keyakinan mereka berdua pun diuji…

Yes, dramanya memang cuma begitu aja. Bukan drama dengan konflik berat sama sekali atau cengeng-cengengan. Kamu ngikutin dan iri betapa menyenangkan hidup mereka berdua. Immortal. Hidup lama dari masa ke masa. Nggak diceritakan secara eksplisit memang, tetapi dari dialog-dialognya, kita tahu sama siapa aja mereka pernah bergaul. Siapa aja yang mereka bantu. Momen apa yang yang udah mereka lewati. Yang bisa gue bilang adalah dialog-dialognya enak banget dan cerdas!

Lainnya, adalah indahnya detail set dan sinematografinya. Aduh, adegan tiap adegannya bercerita. Karakternya nggak perlu ngobrol banyak, tapi dari adegan per adegan kita tahu latar belakang mereka. Adam yang terjebak dengan nostalgia, menolak teknologi terbaru, hidup di masa lalu… dan Eve yang lebih enjoy dengan semuanya, ngabisin waktunya dengan baca buku (berbagai bahasa) yang bikin aku sungguh iri, punya iPhone dan sebagainya. Gimana Adam dan Eve ini berinteraksi juga dapet banget chemistry-nya. Ya ampun, ngeliatin mereka berdua nyetir sepanjang film sambil ngobrol ngalor ngidul juga kayaknya nggak bakal bosen. Sebab adegan nyetir keliling-keliling Detroitnya juga cakep banget. Lighting-nya pas, bikin adegan-adegannya sendiri udah dramatis, lagi indah.

Konflik yang terjadi karena Eva memang kerasa ketebak banget sih. Cuma poin utamanya kan memang di hubungan Eve dan Adam. Mungkin buat yang berharap ada vampir berkelahi dan lain-lain, nggak akan dapet di sini. Memang drama banget.

Oh ya, dan musik latarnya. Sukaaaaa banget! Pilihan lagu-lagunya pas banget! Gimana Eve dansa di salah satu adegan… rasanya pengin ikutan! Deretan alat musik dan piringan hitam. Buku-buku. Ugh. Film ini memang kaya banget di detailnya! Apalagi semua itu ditambah dengan penampilan keren dari Hiddleston dan Swinton. Udah deh top.

Aku suka film ini karena mengangkat tentang vampir dan keabadian, ditunjangan dengan detail yang kaya, dialog yang bergas, dan visual yang bikin adem. Adegan-adegan di film ini adalah apa yang aku harapkan ketika nonton sebuah film. Gambar-gambar yang bercerita. Itulah kenapa aku suka nonton film, karena ada hal-hal yang nggak bisa aku temukan dan digantikan dalam bentuk prosa ketika baca buku. Intinya, aku suka banget film ini!

"only lovers left alive"

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s