buku / film

Gone Girl

gone girl

Aku keseret dalam hype film adaptasi novel ini kira-kira bulan lalu. Selain karena digarap oleh David Fincher, novelnya sendiri punya reputasi bagus. Setelah nonton trailernya, ngeliat muka Ben Affleck yang begitu, jadi makin penasaran deh. Akhirnya, baca juga dan aku jadi nggak sabar nunggu adaptasinya!

Pada dasarnya, Gone Girl ini menceritakan tentang hilangnya Amy Elliot, istri dari Nick Dunne, dari rumah mereka di Missouri. Sepanjang novel diceritakan tentang pencarian Amy yang bukti-buktinya mengarah kepada suaminya sendiri sebagai pelaku. Selingi dengan kisah-kisah masa lalu mereka sampai menikah dan akhirnya pindah ke Missouri. Tentunya, kejutan di sana-sini. Aku cuma mau berbagi plotnya itu aja.

Kisah ini adalah psychological thriller dan berdasarkan karakter banget. Ceritanya dituturkan dari Amy dan Nick bergantian dengan apik banget. Gillian Flynn berasa kenal banget dengan Amy dan Nick sampai-sampai kita mudah ngebedain sedang baca bagian dari Nick atau Amy. Ditulis dengan enak banget, meski banyak banget umpatan ‘fuck’ dan ‘bitch’ di dalamnya (kayaknya ini novel dengan umpatan sebanyak itu yang pernah kubaca haha). Dan novel ini juga panasnya pelan-pelan.

Panas pelan-pelan ini terutama untuk thriller-nya. Akan tetapi, buatku ceritanya sama sekali nggak ngebosenin, terutama bagian drama domestiknya. Banyak banget pelajaran yang bisa dipetik terutama, buat yang masih jomlo dan yang belum menikah. Haha. Serius deh. Bikin mikir-mikir lebih banyak ketika mau menikah. Aku rasa ini salah satu novel yang pernah kubaca dan begitu blak-blakan nyeritain serem-indahnya pernikahan itu seperti apa.

Karena berdasarkan karakter, cerita ini nggak akan menggiring kita untuk simpati ke salah satu pihak (pada akhirnya, atau mungkin aku aja yang begitu). Sebab kedua karakter diceritain dari dalam keluar, jadi tahu baik-buruknya. Bikin aku mikir, kayanya karakter apapun kalau si Gillian Flynn ini yang nulis bakal jadi ‘menjijikkan’. Nggak ada yang baik. Nggak ada yang buruk. Dunia nggak hitam putih.

Sebab memang bukan domestic drama yang bergenre chicklit, ya nggak ada adegan manis-manisan keju-keju gitu. Kamu mungkin malah marah atau kesel. Atau bergidik ngeri kalau tiba-tiba sadar orang yang sudah kamu pilih adalah orang yang salah. Aku nggak nakuti-nakutin sih, tapi memang benar. Haha.

Pengembangan dan deskripsi karakter di sini bagus banget. Kerasa banget kenapa terjadi begini dan begitu. Bukan sekadar peristiwa ini merujuk ke situ. Akan tetapi, untuk jadi Amy dan Nick sekarang, ada banyak hal yang bikin mengarah ke sana, bukan hanya serangkaian peristiwa yang melibatkan keduanya. Itu yang bikin cerita ini jadi panjang. Akan tetapi, tetep nggak ngebosenin! Kerasa banget kalau nulis cerita ini nggak mudah, karena gampang banget untuk kepleset dari thriller jadi cerita domestic drama standar. Untuk novel ini, aku sama sekali nggak ngerasain itu! Aku harap, filmnya yang skenarionya ditulis sendiri oleh Gillian Flynn dan kabarnya thrid act-nya akan beda dari novelnya, nggak terjebak dalam klise seperti itu.

Ketika aku selesai baca cerita ini, aku agak ngerti kenapa David Fincher mau mengadaptasi novel ini. Tentunya karena psychological thriller dan berdasarkan karakter banget. Fincher kan emang jago soal development karakter dari cerita, bayangin aja film adaptasinya nanti kombinasi dari SevenZodiacBenjamin Button. Haha. Gone Girl rilis bulan Oktober 2014, tapi sayangnya novelnya belum diterjemahkan ke bahasa Indonesia.

Nih, trailer Gone Girl. Trailer favoritku selama 2014 ini (yang kedua setelah Interstellar tentunya, fufu fufufu). Suka banget lagu cover lagu ‘She’ di trailer 1. Tenang aja, trailernya nggak spoilerin ceritanya kok. Itu cuma bagian awalnya doang. Haha.

7 thoughts on “Gone Girl

  1. kalo menurut gue keren ko.. awal pasti bilang memang si dunne bunuh istrinya.. ditengah ketauan kalo istrinya yang sosiopat.. and last end.. bisa di asumsikan memang they arrange barengan… memang ga terlalu complicated sih… but ga ngebosenin buat di tonton… (aku nonton movienya)

  2. gw penasaran nih pengen nanya, itu aslinya knp si amy ngasi hadiah alat tes kehamilan ke nick ya? apa dia hamil beneran?
    terus pas adegan nick ngomong sama margo, kalo di film nya pas sebelum dia diwawancara sharon di akhir film, itu maksudnya apa ya? apa nick ada hubungan tersembunyi sama margo?

  3. Hai2 saya demen banget nonton film ini tp di belakang sy agak kurang ngerti ceritanya sih seperti kenapa yah dgn barang bukti pentungan boneka yg ditemukan sehingga nick harus ditangkap? Trus margo ditangkap dgn alasan membantu nick slama ini? Trus kok bisa yah si amy hamil di akhir film?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s