film / komik / Uncategorized

Batman: The Dark Knight Returns

TDKR poster

Batman: The Dark Knight Returns adalah film animasi dua bagian (2012 & 2013) yang diangkat dari komik miniseri 4 volume karya Frank Miller. Komiknya sendiri sudah terbit sejak tahun 1986 dan digadang-gadang sebagai salah satu komik Batman terbaik, kedua setelah Batman: Year One. Sayangnya aku belum sempat baca komiknya, jadi nonton dulu versi animasinya yang juga menurut review para comic geek cukup bagus.

Aku nonton ini karena Michael Emerson (Harold Finch, Person of Interest) dapet ngisi suara Joker di bagian kedua. Peran tersebut dipuji-puji sama banyak reviewer karena lepas banget dari bayang-bayang Joker-nya Heath Ledger. Ya, memang bagian kedua rilis tahun 2013, tapi bayang-bayang Joker versi Heath Ledger (The Dark Knight, 2008) dan Jack Nicholson (Batman, 1989) kan nggak pernah hilang sama sekali….

Cerita ini terjadi 40 tahun setelah pertama kali Batman muncul dan 10 tahun setelah bat-signal terakhir kali hadir di langit kota Gotham. Bruce Wayne sudah berumur 55 tahun.serta Commisioner Gordon yang sudah berumur 70 tahun dan tinggal menghitung bulan hingga pensiunnya datang.

Namun, Gotham tak pernah sepi. Terlebih dari kejahatan. Sekelompok geng bernama Mutant berkeliaran di mana-mana dna menimbulkan teror serta keresahana. Di bagian satu, mereka inilah yang jadi musuh Batman. Dia memutuskan kembali ketika sudah jenuh melihat berita-berita kejahatan di televisi, meski sudah berumur. Dibantu oleh Robin, dia memberantas kejahatan. Bukan hanya Mutant yang harus Batman hadapi, tetapi juga Harvey Dent yang wajahnya sudah tidak lagi rusak.

Di bagian satu, ceritanya lebih fokus pada hidup Bruce Wayne pra-pensiun. Gimana dia masih ketemu dengan Gordon. Kemudian penyesalannya setelah kematian Jason Todd (Robin). Kemunculan sekilas dari Joker yang koma di Arkham Asylum. Mungkin karena itulah, di bagian pertama ini nggak terlalu banyak action. Meski memang berantem si Batman versus Bos Mutant di akhir cukup menegangkan.

TDKR 1 TDKR 2

Keadaan tersebut berbanding terbalik di bagian kedua. Dari awal full-action. Tentunya juga karena ada The Joker dan Superman di sini. Bikin seru banget. Joker yang kondisinya semakin membaik akhirnya bisa keluar dari Arkham dengan teror. Sementara itu, Presiden US menyuruh Superman untuk mengawasi Batman. Ada dua berantem keren di film ini, Batman versus Joker dan Batman versus Superman. Seru banget deh.

Meski Jokernya jauh berbeda dari versi Nolanverse, akan tetapi sama sekali nggak ngurangi kengerian dan kegilaan yang keluar sih. Ada ciri khas Joker yang tetep melekat, ditambah dengan Michael Emerson yang ngisi suaranya dengan brilian. Nggak kerasa berbahaya, tapi misterius dan ngeri gitu deh. Haha.

Karena aku nggak terlalu tahu tentang film animasi Batman yang sudah-sudah, bagiku TDK Returns ini benar-benar seru, terutama bagian keduanya. Kalau sudah kenal sedikit dengan Batman, tahu nama-nama kayak Jason, Selina Kyle, rasanya udah cukup kok buat modal nonton yang kedua.

Setelah nonton ini, sedikit-sedikit aku tahu kenapa banyak orang mengharapkan Nolan kembali dengan The Dark Knight Returns. Sebab atmosfir ceritanya sendiri udah melankolis dan suram. Penuh nostalgia, sementara Bruce Wayne makin tua dan mulai-mulai memikirkan kematiannya. Itu kerasa cocok aja dengan suasana yang udah Nolan bangun buat trilogi dia gitu. Sebenarnya, bagian pertama (komik volume 1 & 2), banyak yang ada di The Dark Knight Rises, salah satunya kondisi nggak ada Batman di Gotham. Pokoknya kalau nonton sendiri kerasalah. Sementara itu, bagian keduanya (komik volume 3&4), agak lebih jauh dari trilogi TDK, terlebih ada Superman. Ngomong-ngomong, komik The Dark Knight Returns inilah yang jadi inspirasi Zack Synder untuk Batman v Superman, akan tetapi film tersebut bukan adaptasinya.

Aku akan update lagi postingan ini setelah baca komiknya, udah ada sih tinggal dibaca aja. Hehe!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s