komik

Batman: Year One

batman year one

Dari Returns ke Year One terasa begitu nostalgia. Diterbitkan dalam jarak dua tahun, 1986 ke 1987, mewakili 40 tahun dalam cerita, Frank Miller kembali dengan sosok Bruce yang melankolis.

Aku nggak tahu apakah memang seluruh Batman bernuansa angst dan dramatis seperti ini. Akan tetapi, dari dua karya Frank Miller yang kubaca, atmosfir itu kerasa banget. Kali ini, di Year One adalah cerita di awal kemunculan Batman. Ketika Bruce kembali muncul kembali setelah 18 tahun. Bruce Wayne putra Gotham yang terkaya dan tertampan.

Dituturkan dari dua sudut pandang, Jim Gordon dan Bruce Wayne. Jim Gordon adalah polisi yang dipindahkan ke Gotham. Dia rela pindah sebab istrinya Barbara sedang mengandung. Dia terpaksa untuk lebur dalam kepolisian Gotham yang korup dan busuk. Sampai akhirnya dia bisa mendapatkan posisi yang bagus, juga berkat bantuan seorang polisi perempuan, Essen. Jam kerja yang ketat membuat keduanya terlibat affair.

batman year one 1

Sementara itu, dari sudut pandang Bruce Wayne. Setelah bertahun-tahun menyiapkan diri, akhirnya dia siap untuk terjun. Percobaan pertamanya nyaris gagal total. Dia pergi masih tanpa kostum dan terlibat perkelahian yang membuatnya terluka. Pertama kali menggunakan kostum dia nyaris membunuh seorang remaja laki-laki. Ini adegan yang bagus banget, ketika dia berkali-kali bilang pada dirinya sendiri: ‘I’m not killer’. Percobaannya sebagai batman berkali-kali berhasil, tetapi juga banyak gagalnya. Pada satu bagian, dia ditolong oleh Selina Kyle.

Sampai akhirnya, dia yakin harus bekerja sama dengan Jim Gordon. Akhir dari cerita ini, akan ngeliat adegan yang familier banget kalau sudah nonton Batman Begins. Ketika Batman ketemu dengan Jim yang membawa informasi tentang The Joker.

Cerita ini bukan tentang superhero, tetapi lebih ke cerita orang-orang biasa aja. Dua orang yang sama-sama mencoba mencari posisi baru di tempat asing. Keduanya dengan kendala masing-masing. Keduanya dengan caranya sendiri-sendiri. Pada akhirnya, keduanya bersimpang jalan dan jadi tempat baik. Makanya, kerasa melankolis banget. Keduanya sama-sama marah. Sama-sama berusaha mengubah kondisi yang buruk bagi mereka. Sesekali mereka salah. Namun, akhirnya, bukan berarti mereka juga jadi benar. Tetapi, inget adegan di Returns ketika Bruce dan Jim minum sampanye bareng sambil minum sampanye. Aku yakin keduanya nggak ada yang mengira kalau pertemanan mereka berlangsung sampai 40 tahun lebih.

Ilustrasi dalam Batman Year One dikerjakan oleh David Mazzuchelli. Kurasa dia bisa benar menangkap gloomy-nya Batman, Bruce, dan Jim dari cerita yang disampaikan Frank Miller. Warna-warna gelap dan cenderung berbayang, bikin ceritanya memang kerasa suram dan melankolis.

Batman: Year One adalah salah satu komik Batman terbaik. Nggak terlalu panjang kok, cuma sekitar 100-an halaman aja. Kalau suka Batman Begins-nya Chris Nolan, aku kira kamu harus baca komik ini yang jadi salah satu inspirasinya. Kerasa banget kok jejak-jejak Year One di Batman Begins. Namun, meski bukan penggemar Batman pun, aku rasa ini salah satu komik yang harus coba kamu baca. Siapa sih yang nggak kenal Batman?😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s