komik

Arkham Asylum: A Serious House on the Serious Earth

arkham cover

Sometimes its only madness that makes us what we are. Or destiny perhaps.

Dalam komik yang dirilis pertama kali tahun 1989 ini, ya… it’s all about madness. Arkham Asylum menjadi fokus utama dalam one-shot ini. Lewat cerita dari Grant Morrison dan ilustrasi yang dibuat oleh Dave McKean, kegilaan itu bikin kerasa banget.

Satu hal yang benar-benar luar biasa dan keren dari komik ini adalah artwork-nya. Dave McKean yang sebelumnya sudah aku kenal lewat Sandman, di sini bikin aku terpukau. Ilustrasi-ilustrasi yang dibuat bikin suasana gila di Arkham Asylum jadi hidup banget. Rasa teror, ngeri, dan sadisnya jadi kerasa banget. Meski gambar-gambar McKean kan rada-rada abstrak gitu ya, tapi justru itu yang jadi kekuatan. Bikin misterius. Bikin kayak baca komik horor.

arkham 1

Memang horor yang kerasa banget di komik ini. Hampir nggak ada action, meskipun Joker sendiri yang nantangin Batman. Jadi, lebih ke psychological thriller. Gimana Joker bikin Batman ngerasa “pulang ke rumah”. Di akhir, Joker aja bilang, kalau ngerasa udah nggak diterima di mana-mana, tempat ini bakal selalu terbuka untuk Batman.

Dimulai dari Jim Gordon yang nerima laporan kalau ada kekacauan di Arkham Asylum. Batman akhirnya datang ke sana. Oleh Joker, dia diajak main-main. Diberi waktu satu jam untuk melarikan diri dari Arkham Asylum. Nah, selama Batman keliling-keliling Arkham itulah, kita dipertemukan dengan beberapa villains yang pernah ada dan sedang berada di Arkham. Selain, alurnya diselingi dengan cerita dari jurnal Dr. Arkham, pendiri Arkham Asylum.

Adegannya mungkin nggak terlalu eksplisit, tapi tadi, lagi-lagi kekuatan komik ini ada di ilustrasinya. Beberapa adegan bikin bergidik banget. Nggak heran kalau habis ini bisa mimpi buruk atau ngerasa ngeri sendiri. Ada dua adegan yang nempel banget di kepalaku, yang pertama ketika Batman nusukin pisau ke tangannya, yang kedua cerita tentang keluarga Dr. Arkham, terutama anaknya, Harriet yang dibunuh dengan kejam. Sama sekali nggak eksplisit, tapi ilustrasi muka dan mata si anak dari dalem rumah boneka itu… menghantui banget. Serem.

Kalau kamu suka Batman dan Dave McKean, ini salah satu komik yang patut banget dibaca dan dikoleksi. Art-nya keren banget. Banyak yang bilang, dalam komik inilah, Joker paling mengerikan ditemukan. Selain karena ilustrasinya, gimana dia ngomong dan menyiksa karakter-karakter lain itu… bikin bulu roma berdiri!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s