film

Snowpiercer

Snowpiercer-poster

Aku penasaran dengan film yang dirilis tahun 2013 ini karena dapet review dan buzz bagus dari mana-mana. Terlebih ketika orang-orang US pada protes karena jatah tayang di US harus dipotong 20 menit. Apalagi Snowpiercer ini juga besutan sutradara dari Asia, Bong Joon Ho, dan dibintangi oleh Chris Evans, Tilda Swinton, dan John Hurt. Snowpiercer ini diadaptasi dari novel grafis Le Transperceneige karya Jacques Lob, Benjamin Legrand, dan Jean-Marc Rochette.

Idenya tentang orang-orang yang bertahan di kereta karena pendinginan global juga menarik. Semacam ngembangin ide dari cerita klasik Nabi Nuh (Noah), bahtera, dan bencananya. Kita tahu akhirnya, bahtera itu mendarat dan orang-orang selamat bisa melanjutkan hidup. Tetapi apa yang sebenarnya terjadi di dalam bahtera, kita nggak pernah tahu. Di sini, di Snowpiercer, ide tersebut di eskplorasi, pada kereta yang berjalan 18 tahun dan hanya mereka manusia yang tersisa di muka Bumi, apa yang terjadi di dalam sana?

Pendinginan global itu terjadi tatkala manusia mencoba untuk mengurangi pemanasan global. Dalam waktu singkat suhu global menurun drastis, mereka yang selamat menumpang kereta yang disediakan oleh Wilford. Di dalamnya, berlapis-lapis, seperti miniatur dunia kecil, Wilford sebagai “nabi” dan si mesin sebagai “mukzijat”, sementara manusia berjejalan dari penumpang kelas utama, pekerja, sampai orang-orang yang kumuh di gerbong belakang. Curtis, salah satu penumpang gerbong belakang, bercita-cita untuk mengubah nasib semuanya, dan mengorganisir kelompok yang mau maju. Dengan bantuan, Nam, mereka membuka satu demi satu pintu, sampai ke depan.

Dari kumuh kemudian terasa ke kehidupan yang layak. Itu yang ada dari gerbong ke gerbong. Panjang betul, entah berapa banyak, soalnya nggak pernah masuk di layar semua jumlah gerbongnya, mungkin sekitar dua puluh. Kebanyakan di antaranya nggak punya selasar, sehingga harus nembus gerbong yang satu dengan yang lain. Setnya keren banget! Suka banget ketika mereka lewat kebun dan kolam macam seaworld. Selain set, yang kelihatan keren juga costum dan make-upnya!

snowpiercer-1

Selain itu, yang keren lagi juga adalah Tilda Swinton! Hahaha. Suka banget akting beliau di sini. Bikin terus maju untuk nonton. Lainnya sih, Chris Evans dll, ya okelah. Nggak perlu ada yang diragukan. Cuma akting cermerlang itu kok agak terasa terganggu dengan shot adegan per adegannya.

Beberapa sinematografi kerasa bagus. Favoritku adalah adegan di gerbong sekolah, itu keren banget. Cuma beberapa lainnya, kerasa kurang halus gitu. Berasa rada nggak enak gitu. Kayak pas adegan berantem, terus kameranya kayaknya diposisikan handheld dan ngikutin gerakan si yang berantem, goyang-goyang gitu, aku nggak terlalu suka.

Sebenarnya bukan serta merta kekurangpasan sinematografi sik, tapi beberapa hal kurang ketangkep. Cerita Snowpiercer ini bagus, tapi nggak sampai nyubit. Latar belakang Curtis maju ke depan itu, memang jelas untuk ngubah nasib. Akan tetapi, orang-orang yang sama dia kelihatan nggak termotivasi. Bikin, nggak percaya sama kemampuan karakter utama. Nggak gereget gitu, kalau dibandingin dengan crowd di Hunger Games/The Catching Fire, efek tersiksa mereka tuh lebih kelihatan.

Meski akhirnya, Curtis cerita sesuatu kepada Nam di akhir, itu kerasa terlambat banget. Sudah banyak yang mati. Sudah di depan dan nggak tahu mau ngapain. Bahkan Nam mau keluar dari kereta, apa itu nggak kerasa bodoh? Mau makan apa di luar sana. Beberapa dialog memang kerasa ngganjel banget, bahkan Curtis nggak tahu apa pentingnya gerbong air. Ya, pidato dari Tilda Swinton tetep keren sih, dan adegan ketika lewat jembatan Yekaterina juga aku suka!

Satu yang perlu kuperingatkan, bahwa film ini sadis dan brutal. Bikin bergidik. Darah muncrat-muncrat. Walaupun, tadi sih, sadisnya kurang artistik. Jadi, kurang gereget gitu.

Nggak melulu tentang kekerasan dan “idea of change” sih. Ada beberapa hal, kayak gimana orang-orang memuja “the machine (kereta)” dan Wilford, anak-anak yang lahir di kereta didoktrin bahwa keluar dari kereta akan mati, dan ide bahwa kereta kecil itu adalah satu ekosistem. Ekosistem buatan yang harus diatur sendiri oleh Wilford, termasuk bagaimana “mengendalikan populasi”. Sayangnya, ide-ide tersebut kurang tertanam dari awal, jadi kurang nendang gitu. Padahal, itu semua bagus sekali!

Ending film ini agak-agak nggak realistis menurutku. Kadang-kadang orang lebih mikir untuk bebas dari pada untuk bisa bertahan hidup. Meskipun adegan akhirnya cukup keren juga sih.

Snowpiercer ini menyenangkan dinikmati kalau kamu nggak terlalu sensitif dengan detail, dialog yang ngganjel, dan karakter yang kurang tergali. Pemandangan salju dan kereta menembus saljunya keren banget! CGI-nya juga cukup bagus. Ikut terpana ketika ngelihat sebuah pelabuhan yang seluruhnya membeku. Dan kalau memang menggemari dystopia banget, dengan tema berlapis, film ini bisa jadi pilihan!

 

2 thoughts on “Snowpiercer

  1. Curtis nggak meyakinkan itu aku rasa disengaja. Tokohnya dibikin sebagai anti-white savior, anti-Messiah. Orang-orang ikut dia sebagian karena punya kepentingan masing-masing (cari anak, pengin brantem, pengin nyimeng). Jadi dia gagal pun, penonton gak kaget juga. Tapi aku suka akting Chris Evans waktu Curtis ngomong ke Nam sebelum masuk ke gerbong Wilford. Ekspresi dan nada bicaranya dapet banget. Film yang bagus dengan tema bangus, cuma kayaknya agak susah laku kalo diputar di bioskop, IMO.

    • Terima kasih udah mampir dan berbagi opini, mbak Eve Shi. Aku nggak berpikir sampai ke situ dan senang sekali dapet perspektif baru.đŸ™‚
      Film ini sempat diputar sebentar di bioskop blitz. Tapi memang tema seperti ini, bukan pilihan banyak penonton di sini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s