Serial

Gotham 1.1: Pilot

gothamtease

Masih segar dalam ingatanku, kisah di Batman Begins yang aku tonton beberapa hari lalu karena adik yang paling kecil bolak-balik nanya: “Kenapa Batman jadi Batman?”. Juga, aku belum lupa, bulan lalu baca Batman: Year One-nya Frank Miller, yang di dalamnya mengandung kisah awal Jim Gordon ketika baru saja pindah dari Chicago ke Gotham.

Semesta Batman memang sudah berkembang begitu luas. Aku akui nggak (atau belum sempat) mengikuti semuanya. Bulan ini datang lagi satu adaptasi dari Batman, yaitu Gotham, cerita tentang kota tersebut pra-Batman. Yang jelas ceritanya akan dimulai dari kematian Thomas dan Martha Wayne.

gotham 1.1 jim

Sebagai pembuka, kita ngelihat Gotham dari mata Selina Kyle kecil. Di atas salah satu gedung, lalu ngelakuin apa yang pasti dia lakuin: nyuri dan nyopet. Mencuri susu yang masih penuh dan ketika beberapa adegan kemudian, susunya tinggal seiprit. Salah editing atau timeline yang di-skip?

Kemudian beranjak ke adegan kematian Thomas dan Martha. Di gang gelap, si penjahat muncul dan nembak gitu aja. Ini kayak jadi salah benang misteri sampai ke belakang. Jim Gordon, anak baru di kepolisian Gotham, bersama Harvey detektif yang lebih senior datang ke lokasi.

Yep, selanjutnya, hampir seluruh naratif ngikutin sudut pandang Jim Gordon. Berturut-turut kita dilihatin bermacam-macam karakter Batman ketika Jim melakukan investigasi pembunuhan orang tua Bruce. Kalau kamu nggak ngikutin Batman, atau cuma tahu Batman dari Nolan aja, mungkin nggak akan ngeh, kayak riddle, penguin, dan ivy. Karena aku juga nggak terlalu ngeh dengan beberapa karakter, kayak detektif cewek yang dulu pernah punya hubungan dengan Barbara Gordon.

Jadi, dengan bantuan Fish Mooney, yang kayaknya bandarnya penjahat dan mungkin rekan atau saingan Falcone, Jim dan Harvey berhasil melacak pembunuh orang tua Bruce. Namun, ternyata mereka salah. Dan siapa pembunuh sebenarnya orang tua Bruce, mesti nonton episode-episode mendatang.

Aku bilang episode ini biasa banget. Nggak ada hal yang bikin unik dan atraktif. Kayak mengawang-awang antara mau cerita Batman atau Gordon atau Gotham? Karena hal-hal kecil, kayak karakter-karakter tadi, sesungguhnya di episode pilot ini sesungguhnya bisa disisihkan dulu. Sebab kalau itu penting, rasanya kurang pas aja dijejelin semua di episode satu. Terlalu banyak informasi.

Yang jadi perhatian aku juga script-nya, duh. Dialog-dialognya kayak tulisan banget. Aktornya sih lumayan. Cuma serasa dengan sengaja kalimat-kalimatnya dibikin quoteable. Jadi berasa aktornya didikte buat ngomong.

Sisanya sih, kualitas produksinya juga biasa aja. Nggak ada yang istimewa dengan sinematrografi atau directing-nya. Aktor-aktornya sih lumayan, terutama yang meranin Jim Gordon, Harvey, dan Fish Mooney. Yang agak gimana gitu, muka Selina-nya kok rasa tante-tante banget, hihi. Terlalu cantik nggak sih untuk jadi pencuri pada umur segitu, aku malah ngeliatnya kayak orang berkecukupan. Dan Alfred, kenapa Alfred jadi galak dan kayak diktator gitu? :O

gotham 1.1

Meski begitu, masih ada hal-hal yang bisa jadi faktor untuk nonton selanjutnya, kayak gimana nantinya satu-satu karakter yang masih kecil itu muncul dan dewasa. Apa mereka bakal ketangkep radar Jim? Atau gimana? Juga, apa kesalahan Jim ngelepasin si Penguin? Dan Selina yang jadi saksi mata pembunuhan orang tua Bruce, ngikutin Bruce ke manapun, apa yang akan terjadi sama mereka berdua?

Aku berharap show ini bisa lebih baik ke depannya. Gotham selalu menarik dengan intrik dan dramanya, kriminalitas dan korupsinya. Seperti ngeliat keseharian aja yang nggak jauh berbeda. Jim Gordon, seorang polisi yang tergolong baik dan teguh, tentunya nggak akan mudah bertahan di sana. Kalau dia bisa bertahan dan menemukan banyak hal menarik di Gotham, mungkin kamu juga bisa.

One thought on “Gotham 1.1: Pilot

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s