Serial

Person of Interest 4.2: Nautilus

samaritan

Masih inget ketika minggu lalu, Root ngomong sama Harold: “Everyone matters. The numbers, our identities, they all mean something.” Minggu kedua dari season 4 ini, hal itu kembali kejadian. Minggu lalu, dari ‘person of interest’, Finch dapet ide untuk komunikasi mereka, terus nomor yang kali ini untuk apa?

Person of Interest kali ini adalah seorang mahasiswi jurusan Matematika, GPA 4, dan umur 16 tahun udah jadi chess grandmaster. Kita udah beberapa kali ngeliat cewek-cewek cerdas dan keren di PoI, rata-rata selalu bikin Finch tertarik. Yang kali ini, Finch harus dipaksa Reese dengan pura-pura makan malam bersama. Ha. Meski dengan alasan jago catur pun nggak bikin Finch jadi menurunkan kewaspadaannya, fokus dia cuma menjaga identitas rahasia the machine gang.

Akan tetapi, semua jadi menarik ketika Reese menjelaskan bahwa gadis itu, Claire Mahoney, baru aja beli senjata dan akhirnya bikin Finch ngikutin. Ternyata si cewek itu lagi main scavenger hunt di sekitar New York. Yeaaaah. Scavenger hunt yang nggak bakal kepikiran kita-kita yang rata-rata inilah. Nautilus jadi simbol dari scavenger hunt tersebut.

Setengah durasi dari Person of Interest episode ini ya mecahin siapa sebenarnya Claire Mahoney dan siapa yang bikin game itu?! Hahaha. Adegan di tengah itu… ketika Finch coba ngelacak siapa yang bikin gamenya dan dia kena serangan balik dengan supercepat bikin bengong dan deg-degan abis. Siapa dia?

“The creator of the game isn’t a hacker…it isn’t even human. It’s Samaritan.”

Padahal minggu lalu, aku baru bikin kalau Samaritan kok masih kayak anak baik-baik. Di episode ini kelihatan banget kalau Samaritan… itu pengin ditoyor dan dijejek banget deh. Irit ngomong, tapi nyebelin. Lagi-lagi episode ini kita ngeliat semuanya dari sudut pandang Samaritan. Apa The Machine bakal balik lagi? Di mana sebenarnya dia? Karena ternyata The Machine juga jarang ngomong kepada Root yang kelihatannya punya misi terpisah dari the machine gang. Root cuma muncul dua adegan, terutama yang kedua ketika bicara dengan Finch dan bikin Finch ngerti kenapa Claire dijadiin Person of Interest.

Nautilus-2

irisan melintang nautilus, ini semacam itungan matematika gitu deh. (sumber: artsyhome)

Dulu, di season-season sebelumnya kita nggak pernah lihat gimana The Machine ngerekrut Root. Sekarang, dari Samaritan, kita bisa lihat dia mulai bangun jaringannya, ngerekrut orang-orang terpilih, dan main catur bareng The Machine! Jadi, scavenger hunt ini adalah cara Samaritan untuk ngerekrut orang yang punya kapabilitas untuk jadi asetnya.

Tentu saja Claire sudah ketemu Finch dan Finch berusaha ngasih arah untuk menyingkir dari perang. Akan tetapi, Claire yang memang sedang mencari ‘makna’ tentang dirinya dan hidupnya nggak semudah itu dibujuk. Claire memilih jalannya sendiri, berdampingan dengan Samaritan, yang bilang padanya: “I. Will. Protect. You. Now.”

Jelas suatu saat nanti karakter Claire ini bakal muncul lagi. Namun apa fungsi dia sebenarnya untuk Samaritan? Kita belum tahu. Di mana-mana muncul berdebatan apakah dia anti-Root atau bukan? Setelah si rambut pirang minggu lalu dianggap sebagai anti-Shaw dan Hersh versi cewek.

Menarik untuk melihat gimana perkembangan selanjutnya dari perang kedua A.I ini. Terlebih sekarang machine gang sudah lebih leluasa, meski di episode ini dianggap terlalu mengekspos identitas mereka sih, karena sudah nemu rumah baru! Nggak se-cozy perpustakaan, tetapi antik dan keren. The Machine selalu punya jalan untuk the machine gang. Tentunya masih ada harapan dan kejutan yang aku tunggu, seperti kata Finch kalau Samaritan selama ini udah menyepelekan power dari The Machine.

Cicada

Scavenger hunt di episode ini terinspirasi dari dunia nyata lho, Cicada 3301. Organisasi misterius ngasih puzzle lewat internet, satu setiap tahun dimulai dari tahun 2012. Menurut keterangannya, puzzle itu untuk nyari ‘highly intelligent individuals’. Menarik banget. Kabarnya sih udah ada yang jadi pemenang dari event yang dinamai Cicada 3301 ini.

Dan lagu di akhir episode ini, ketika Claire memutuskan untuk memilih jalannya sendiri. Menuju Ocatagon Building, berdiri di tepi tangga dan ngeliat ke bawah kalau bentuk tangga itu beneran Nautilus… Lagu ‘Roads’ dari The Portishead. Itu cocok banget.

Ohh, can’t anybody see
We’ve got a war to fight
Never found our way
Regardless of what they say

Siapapun yang milih lagu itu, Jonah, Greg, atau siapapun, lagunya pas bangeeet! Dan yang patut kamu perhatikan lainnya adalah intro dari Person of Interest yang berubah, bukan lagi ‘You’re being watched…’ melainkan ‘We’re being watched’… dan lagi-lagi dari mata Samaritan. Ngeriiiii!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s