film

The Iron Giant

iron_giant

Minggu lalu, Brad Bird baru aja ngeluarin trailer baru untuk film fiksi ilmiahnya, Tomorrowland. Orang-orang pun pada membicarakan karya-karya beliau, termasuk The Iron Giant ini. Dan rasanya, ini saat yang baik untuk mengunjungi lagi salah satu film kartun 2D yang digadang-gadang sebagai satu dari yang terbaik.

The Iron Giant berkisah tentang Hogart Hughes, anak lelaki yang tinggal dekat hutan dan suatu hari mendengar keributan dari sana. Ketika sampai di sana, dia melihat sesosok robot besar yang terjerat kabel dekat pembangkit listrik. Hogarts yang tadinya ketakutan akhirnya pun menolong. Setelah itu, mereka membangun persahabatan. Akan tetapi, seperti halnya persahabatan antara dua ‘ras’ yang berbeda, selalu saja ada halangan dan rintangan.

Ceritanya memang sederhana, mungkin malah terlalu biasa. Namun, dikesederhanaan yang dituturkan dengan jujur, polos, dan tulus itulah yang jadi kekuatan film ini. Kekonyolan dan keberanian khas anak-anak. Dialog-dialog yang natural dan menyentuh. Nggak memaksa mendewasakan diri atau bikin semuanya rumit, ya ini film anak-anak dan bahkan bisa dapet di hati orang dewasa.

Hogarts mengajarkan bahwa jangan takut untuk berbeda, jangan takut untuk mati, tapi takutlah untuk menyakiti orang lain karena itu buruk! Gimana Giant perlahan-lahan mempelajari itu, itu bikin terharu banget. Juga nyentil banget kata-katanya.

Iron-Giant-Superman

Nonton The Iron Giant ngingetin banget dengan cerita-cerita anak bertema serupa, Narnia, Pan’s Labyrinth, serta My Neighbor Totoro (dan Spirited Away). Orang-orang dewasa yang nggak bisa ngelihat apa yang dilihat anak-anak karena imajinasi mereka yang tak kenal takut dan murni. Kangen nggak sih yang seperti itu. Ngelakuin hal-hal atas nama penasaran dan ingin tahu. Ah, rasanya pengin punya rasa ingin tahu seperti anak-anak selamanya. Tapi, tapi, ke mana semua itu menguap sekarang?

Aku nggak bisa menahan tangisku, di bagian akhir cerita, ketika Giant bilang bahwa dirinya ingin jadi ‘Superman’. Akan tetapi, bukan hanya itu momen terbaik dari film ini, seluruh film adalah sebuah momen yang tak terlupakan!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s