Serial

The Affair

AFFAIR_SHOW_60_43_70_15.eps

Seperti judulnya, itu sesungguhnya sudah mewakili banget apa yang terjadi dalam drama 10 episode yang akhir tahun lalu ditayangkan di Showtime ini. The Affair. Ya, tentang affair lelaki beristri, Noah, dan Alison yang juga sudah bersuami.

Yang membuat drama ini menarik adalah kisahnya yang dituturkan dari dua sudut pandang, setengah jam milik Noah, setengah jam milik Alison. Dan bilang kamu jeli, kamu akan melihat jelas perbedaan dari keduanya. Gimana dari mata Noah, Alison selalu tampak seksi dan menggairahkan. Alison-lah yang selalu lebih agresif dan meminta agar Noah bersikap jantan terhadapnya. #eaaaa

Sementara itu, dari mata Alison, kita tahu sesungguhnya Alison penampilannya biasa-biasa saja. Banyak perdebatan dalam dirinya sendiri. Juga, menurut dia, Noah-lah yang agresif dan membuat Alison sulit menolak!

Ha! Itu yang bikin aku betah nonton drama perselingkuhan ini. Meski tema dan alurnya umum, ngeliat dari dua perspektif memang bikin ketika nonton jadi geregetan sendiri dan mungkin sedikit membuka simpati (ya, meski tetap aja mengkhianati pasangan itu sungguh buruk!).

Alison dan Noah nggak akan bertemu kalau Noah dan keluarganya nggak berlibur ke rumah orang tua Helen, istri Noah. Di kota kecil itu, Montauk–sepanjang empat episode awal aku mikirin tentang kota ini dan keingetan ‘meet me at mountauk’ tapi di mana? Akhirnya, aku ingat sih, itu dari film Eternal Sunshine of Spotless Mind.šŸ˜€

Alison dan Noah bertemu di sebuah restoran kecil. Interaksi pertama mereka ketika anak Noah ada yang tersedak permen. Dan kemudian, pelan-pelan, dari kedua sudut pandang itu kita diajak melihat banyak hal, mengikuti berbagai event, yang bikin penasaran: kapan nih selingkuhnya? Haha.

Sesungguhnya dua sudut pandang itu mengajak kita menyusuri sisi psikologis dan emosional dari keduanya, dari orang-orang yang terlibat di dalam situ. Diajak ngerasain kehilangannya Alison, Noah yang nggak puas dengan hidupnya, Helen yang cinta banget dan terluka… ya begitu banyak hal. Banyak titik ketika sesuatu yang kamu anggap menjijikkan, dilihat dari sisi yang lain adalah sesuatu yang pilu.

Cerita ini nggak bermaksud membuat perselingkuhan jadi sesuatu yang benar, sama sekali nggak. Hanya saja, dari sini kelihatan kalau lebih banyak mudharat-nya. Sedihlah, udah nikah puluhan tahun dan dikhianati. Atau ternyata baru sadar menemukan cinta setelah nikah bertahun-tahun.

Di dalam sini, bukan hanya fokus kepada kisah cintanya, tetapi di balik itu semua ada kasus pembunuhan yang belum terungkap. Jadi, di awal Alison dan Noah diinterogasi ala True Detective. Ngasih penjelasan masing-masing yang kebanyakan justru tentang affair mereka itu. Sayangnya subplot tentang pembunuhan ini diakhiri dengan anti-klimaks. Penjelasannya kabur. Selain itu, setelah Noah pisah dengan istrinya, cerita The Affair agak kerasa menurun gitu tegangnya….

Satu hal yang bikin cerita ini lebih kerasa realistis bagiku adalah setting kota kecilnya kuat banget. Di kota kecil itu, yang penduduknya saling kenal, konfliknya pun berkembang. Kondisi dan situasi itu pun mempengaruhi hubungan Alison dan Noah. Mereka harus sembunyi-sembunyi. Mereka harus ke tempat lain. Dan aku suka banget setting pantainya!

Aku juga suka pembukanya, lagunya dari Fiona Apple dan di laut gitu. Uwuwuwuw!

Ya, kita memang nggak pernah memilih kepada siapa jatuh cinta, tapi kita juga nggak bisa mengendalikan realitas. Entahlah, cinta memang indah jika bisa bersatu. Dan saat cinta bersatu pasti ada hati lain yang terluka. Entahlah… yang jelas, kalau kamu pengin tontonan yang bikin gemas, kamu bisa cobain ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s