Catatan / Serial

Person of Interest: 13 Episode

samaritan

Ughh… ini bukan review. Bahkan berita tentang renew-nya saja baru didapat beberapa hari lalu. Jadi, setelah season 4 yang berakhir dengan cliffhanger… sekitar seminggu penggemar POI diombang-ambing antara dapat jatah untuk season 5 atau tidak. Ya, banyak yang khawatir terutama karena ratingnya yang memang nggak terlalu bagus (untuk CBS/network) dan kesibukan Jonah. Tapi ya, akhirnya keluar juga kabarnya, jika PoI masih akan mendapatkan season 5, tapi… hanya 13 episode.

Aku penggemar berat Person of Interest. Ini show pertama yang aku bisa lahap hampir 60 episodenya hanya dalam 2-3 minggu (masih banyak yang lebih cepat), tapi buatku sendiri itu sudah ‘wah’! Selain karena karakterisasi untuk tokoh-tokohnya yang terbangun dengan baik, aku paling tertarik dengan plot sci-fi-nya. Kisah The Machine dan rivalnya, Samaritan.

Di season 4, The Machine dan Samaritan sudah saling berhadapan-hadapan langsung. Beradu strategi. Saling main kejar-kejaran. Dan di akhir season, kita tahu jelas jika The Machine akhirnya kalah dari Samaritan. The Machine Gang: John, Finch, dan Root juga terdesak.

Aku sempat mengira jika mereka akan mengakhiri season lalu dengan open ending (meski sudah ada peringatan cliffhanger), jadi kalaupun mereka nggak diberikan kesempatan renew… aku akan legowo saja kalau memang harus usai. Tapi, ternyata akhirnya amat menggantung begitu. Jadi, aku ikut berharap kalau bisa melihat Samaritan dijadiin rempeyek sama The Machine.

Jatah 13 episode itu pun membuat banyak orang mengira kalau season ini bakal jadi yang terakhir. Karena merujuk seperti The Mentalist yang juga mendapatkan perlakuan serupa dari CBS. Sampai-sampai tim penulisnya pun buru-buru membungkus semua hal di waktu yang tersisa.

Aku sendiri malah senang dengan jatah 13 episode karena bisa fokus ke hal-hal penting, terutama konflik The Machine dan Samaritan. Apalagi dengan kondisi The Machine yang butuh dibangun lagi, masihkah bisa dia menghasilkan nomor-nomor seperti musim lalu?

Juga, aku setuju jika musim kelima atau keenam menjadi waktu untuk mengakhiri PoI. Bukan aku nggak sayang dengan show ini. Tapi, ketika mendengar sebuah cerita akan tiba di akhir, ada rasa antusias tersendiri. Aku juga percaya Jonah dan Greg punya rencana–mereka juga pernah mengungkapkan hal tersebut pada salah satu wawancara.

Tim penulis PoI yang awalnya aku nggak terlalu pedulikan, lama-lama aku tahu juga. Mereka semua orang-orang berbakat, aku senang kalau mereka diberikan kesempatan untuk bercerita hal lain. Menulis tentang karakter dan tema yang sama memang bisa menjadi ajang latihan teknik bercerita. Tapi, untuk mengembangkan kualitas dan karir kepenulisan, aku nggak pengin mereka stuck di satu tempat!

Aku datang ke show ini karena Jonah. Aku menggemari caranya bercerita dan aku ingin lihat dia bercerita lebih banyak lagi. Westworld, Foundation, aku sangat antusias ke dua proyek tersebut. Aku juga masih ingin lihat Jonah menulis film lagi dan mengembangkan karirnya sebagai sutradara!

Aku sangat menyayangi PoI, tapi jika memang harus berakhir, aku rela saja asalkan diberikan akhir yang pantas. Sesungguhnya sih, kekhawatiran terbesar aku karena sekarang PoI ada di puncak dan aku nggak mau show ini dikenang orang dengan “…iya PoI memang bagus, tapi cuma sampai season… dan sisanya hueeee.”

Seperti yang Jonah tulis di skenario The Dark Knight dan diucapkan Harvey Dent dengan sangat baik: “You either die a hero or live long enough to see yourself become the villain.”ย Aku ingin PoI berakhir sebagai ‘hero’ di hati penggemarnya.๐Ÿ˜€

8 thoughts on “Person of Interest: 13 Episode

  1. lama banget ya
    mudah2an ampe season 8
    sayang klo cuma ampe 5…film fiksi paling jenius dan cool banget..
    yg blom nonton silahkan tonton dijamin PUAS dengan cerita, plot, karakteristik, dan hal2 mangejutkan yg terjadi disetiap episode…banyak pelajaran yg bisa aku dapatkanl juga, rugi sendiri klo anda tidak menonton…peace
    salam buat penggemar PoI ..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s