buku

Jonathan Strange & Mr Norrell

norrell

Jonathan Strange & Mr Norrell versi terjemahan Gramedia, 2009. Suka kovernya!

Aku selalu punya tempat spesial di hati pada kisah tentang sihir dan penyihir. Jonathan Strange dan Mr. Norrell, keduanya adalah penyihir di Inggris era awal 1800-an. Pada waktu itu, penyihir praktis adalah sesuatu yang langka di sana. Padahal 300 tahun sebelumnya, begitu banyak penyihir. Mengapa itu bisa terjadi?

Dua orang dari Organisasi Penyihir York, Mr Segundus dan Mr Honeyfoot mencoba mencari jawabannya. Hingga akhirnya mereka berdua menemukan Mr Norrell dengan perpustakaannya yang luar biasa! Isinya adalah buku-buku sihir yang mengajari sihir. Segundus dan Honeyfoot berhasil meyakinkan Norrell untuk keluar ke muka umum, tapi mereka berdua malah mendapatkan balasan yang tragis.

Langkah Norrell menghidupkan lagi sihir Inggris tidak semudah yang dia perkirakan. Justru kesulitannya bukan pada sihir itu sendiri, melaikan birokrasi dan tetek bengek pergaulan lainnya! Dia baru menemukan jalan saat mendapat kesempatan mempraktikkan kemampuannya untuk Lady Pole. Hebat? Ya! Namun itu mengawali seluruh kejayaan Norrell, termasuk hingga ke masa kelamnya dan kemunculan penyihir praktis yang kedua: Jonathan Strange.

Aku bisa bercerita lebih lanjut tentang kisah ini dengan penuh antusias, tapi aku sadar harus berhenti! Apa yang aku tulis di atas hanya sekelumit dari kisah yang besar ini. Masih banyak hal yang terjadi di dalamnya dari sihir yang sederhana sampai yang… wah wah wah!

jonathan strange

aku beruntung bisa dapat boksetnya! karena sekarang udah susah carinya. :p

Sistem sihir yang ada pada kisah ini sangat menarik. Penyihir jadi satu profesi yang setara dengan dokter bahkan politisi. Yang harus belajar dari buku, mengembangkan dan memodifikasi mantra yang diturunkan turun-temurun, bahkan harus mencari-cari makna dari buku-buku yang menceritakan secara tersirat tentang penyihir masa lampau. Hubungan para penyihir dengan makhluk lainnya, seperti peri juga dijelaskan dan punya struktur menarik. Ada banyak hal yang bikin profesi penyihir kelihatan menawan, tetapi banyak juga alasan yang bikin profesi tersebut begitu ‘meh’.

Meski hanya ada ‘dua penyihir’ dalam novel ini, sesungguhnya kisah tentang penyihirnya sendiri sangat banyak. Norrell dan Jonathan yang sering berdiskusi setelah membaca buku–isi bukunya sering dilampirkan dalam bentuk footnote. Tentang penyihir A, B, mantra-mantra, mitos, sampai mengenai Raja Gagak.

Selain sistem sihirnya yang bikin aku terpesona dan karakter-karakternya yang menarik, hal yang paling berkesan buatku adalah ending-nya. Rasanya puas banget ketika sampai di halaman akhir. Bagaimana Susanna Clarke mengemas endingnya, memberi semua karakter akhir yang pantas, dan pokoknya… aku merasa ini salah satu ending terbaik yang pernah aku baca! Nggak salah kalau novel ini dipuji-puji sebagai salah satu novel standalone fantasi terbaik dan memenangkan Hugo Awards tahun 2005.

Meski di luar sana terbit sebagai standalone, versi terjemahan dari Gramedia-nya dibagi dalam tiga jilid. Dengan warna sampul yang beda-beda, tapi tetap keren–sederhana dan ada Raja Gagak! Terjemahannya juga bagus dan rapi sekali. Puas baca terjemahannya, tetap bikin aku ingin baca novel versi bahasa aslinya karena Susanna Clarke menulis novel ini dengan gaya pastiche (mengimitasi) cara¬†menulis dari Jane Austen, Charles Dickens, dll. Penasaran banget! Tapi, hal itu bikin novel ini gaya menulisnya memang kerasa kuno dan muter-muter gitu. Aku juga sempat lama di buku jilid satu. Tapi selepas itu, lancar jaya! Malah habis itu ceritanya makin seru dan susah banget untuk naruh bukunya sebelum selesai.

Novel ini baru saja diadaptasi menjadi mini seri di BBC One (UK/mulai 17 Mei) dalam tujuh episode. Episode pertamanya cukup oke menurutku. Meski terasa terlalu cepat dan kalau untuk yang baca terjemahan, episode satunya sama dengan buku jilid satu, tapi tidak mengurangi hal-hal esensial di dalamnya. Pemerannya pun keren-keren! (Di mini seri si Childermass-nya ganteng!)

js mn

Jonathan Strange & Mr Norrell versi mini seri BBC

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s