buku

Foundation Trilogy

foundation1

Sebelumnya aku pernah menulis tentang buku pertama dari trilogi Foundation, “Foundation”. Tapi, karena trilogi ini nggak cukup dibaca sekali–aku putuskan untuk kali ini aku langsung tulis ketiga-tiganya saja. Sebenarnya, seri Foundation dari Isaac Asimov ini terdiri atas tujuh buku. Tiga yang diterbitkan paling awal didaulat sebagai original trilogy, yaitu Foundation, Foundation & Empire, dan Second Foundation.

Ketiga buku ini mencakup 400 tahun pertama dari 1000 tahun masa barbar yang diperkirakan Hari Seldon, sang psychohistorian. Beliau mengumpulkan para cendekiawan untuk mengerjakan Encyclopedia Galactica. Namun usaha mereka sempat dianggap pengkhianatan oleh Galactic Empire dan akhirnya mereka semua dipindahkan ke planet di ujung galaksi, yaitu Terminus. Kelompok tersebut diberi nama Foundation. Nah, selain membangun Foundation utama, Hari Seldon juga bilang kalau ada second foundation yang berada di Star’s End. Tapi keberadaannya ada atau tidak, samar dan tidak benar-benar diketahui kejelasannya.

Hari Seldon sendiri meninggal tidak lama setelah kepindahan mereka ke Terminus. Jadi, ini cerita-cerita yang ada dalam Foundation adalah generasi penerus dari Foundation generasi pertama dan daerah sekitarnya. Salvor Hardin (favoritku!), Hober Mallow, Lathan Denver, Bayta Darrell, Ebling Mis, Han Pricther, sampai Arkady Darrell. Masih banyak sih karakter yang lain karena memang ceritanya beda-beda era ya. Satu buku dengan lainnya bisa terpisah antara 100-200an tahun.

foundation2

Dengan ilmu psychohistory yang dibangun Seldon, beliau meramalkan krisis yang akan dihadapi generasi penerusnya kelak. Beliau menghitung lewat berbagai faktor yang ada. Dan beliau akan muncul setiap kali krisis akan dimulai, tapi… segalanya tentu tidak semulus yang diperkirakan Hari Seldon. Salah satunya adalah kemunculan The Mule, sang mutan yang tidak dapat diperkirakan Seldon. Itu membuat segalanya menjadi makin menarik.

Trilogi Foundation ditulis Asimov ketika umur 21 tahun dan pada tahun 1963 didaulat sebagai seri terbaik sepanjang waktu oleh Hugo Awards. Kisah dalam Foundation ini terasa beda dengan novel-novel sekarang yang lebih banyak mengedepankan action. Dalam Foundation, kisahnya didominasi oleh dialog dan perdebatan antara karakternya. Tentunya bukan debat kosong ya, tapi debat yang penuh ide dan konsep. Action (dan twist)-nya sendiri baru muncul di buku kedua dan ketiga.

Ada yang bilang itu membosankan. Bagiku sendiri hal tersebut jadi tantangan ketika membaca. Untuk menyerap ide dan melihat konsep besar apa yang menimpa Foundation dan Galactic Empire. Sangat menarik melihat bagaimana awalnya sains disebarkan sebagai agama, kemudian lewat jalur perdagangan, sampai akhirnya muncul dua kelompok yang ingin tetap menjaga agar Rencana Seldon ini tetap murni atau berkembang seiring dengan perkembangan sosial, politik, dll.

Jika kamu menemukan konsep itu terasa familier. Ya, Asimov memang menulis buku ini terinspirasi dari The Rise and Fall of Roman Empire karya Edward Gibbon. Jadi, meski Foundation ini terjadi puluhan ribu tahun ke depan–ketika Bumi udah nggak ada lagi–apa yang terjadi kepada manusia tidak jauh beda dengan dulu di awal-awal peradaban baru berkembang.

ganteng

jonathan nolan. ganteng.

Buku ini cocok bagi kamu yang menyenangi untuk mendalami ide dan konsep, yang diungkap secara jelas. Kalau kamu lebih senang dengan action atau drama, mungkin bacanya nanti saja kalau sudah siap, atau menjelang serialnya siap tayang. Hahaha.

Yap, Foundation memang akan digarap oleh Jonathan Nolan untuk HBO. Ketika baca ini, aku tidak bisa tidak membayangkan bagaimana kisah Foundation diadaptasi menjadi serial televisi. Ya, itu bisa. Tapi jelas untuk bisa dinikmati penonton, Jonah harus mengembangkan cerita tersebut. Dialog-dialog yang ada sudah bagus dan mengena, tapi action, ya butuh action! Aku belum terbayang apa yang akan dia lakukan kepada Foundation ini. Yang jelas aku sungguh antusias menunggu untuk mengunjungi Trantor, Terminus, sampai… bertemu The Mule!

3 thoughts on “Foundation Trilogy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s