buku

An Astronaut’s Guide to Life on Earth

astronaut guide

foto koleksi pribadi

Ketika kecil, salah satu cita-citaku adalah jadi astronaut. Aku nggak begitu ingat kenapa akhirnya cita-cita itu luruh. Mungkin karena keder duluan dengan matematika dan fisika. Haha. Tapi tetap saja rasa penasaran dan kagumku terhadap para astronaut nggak pernah hilang. Rasanya keren banget dalam pakaian EVA, gelantungan di luar ISS, dan terbang menembus atmosfer pakai shuttle (tapi sekarang shuttle udah pensiun ya). Karena impian itu sudah jauh, cara paling dekat adalah ngikutin beritanya lewat twitter, mulai follow NASA, ESA, dan para astronaut, termasuk Commander Chris Hadfield.

Banyak orang yang berhasil terbang ke orbit, tapi semenjak shuttle dipensiunkan, sedikit-sedikit astronaut yang dikirim ke ISS. Yang artinya, masa tinggal mereka di sana lebih panjang, nah termasuk Chris Hadfield ini. Dalam buku ini, beliau menceritakan awal mula karirnya menjadi astronaut hingga ke misi terakhirnya di ISS pada tahun 2012.

Saat beliau memulai karirnya, astronaut itu masih jauh sekali karena selain beliau berwarganegaraan Kanada, tapi juga Kanada belum punya Space Agency. Jadi, beliau memilih karir sebagai pilot dulu, jadi pilot tes gitu, sampai akhirnya Kanada punya Space Agency sendiri dan beliau mendaftar. Kalau kamu ngerasa penjelasan aku masih sederhana banget dan merasa jalan beliau jadi astronaut itu mudah… ah… sama sekali nggak! Meski beliau disiplin dan cerdas, banyak hal lain yang bisa menggagalkan menjadi astronaut, termasuk keluarga dan kesehatan.

Yup, menjadi disiplin adalah hal yang paling beliau tekankan untuk bisa menjadi astronaut. Disiplin dalam simulasi, disiplin dalam belajar, disiplin menjaga kesehatan, dan banyak hal. Karena menjadi astronaut bukan berarti kamu hanya tahu misimu saja, tapi kamu harus tahu apa yang kamu naiki, tempat yang kamu tinggali, dan sebagainya. Kamu bukan hanya harus tahu jika ada masalah dan berkonsultasi ke Bumi, tapi harus bisa membenahi juga.

Banyak nilai-nilai baik yang dibagi oleh Chris Hadfield dalam buku ini. Selain kedisiplinan, hal lain yang beliau benar-benar jabarkan adalah untuk selalu waspada dan berpikir selangkah ke depan. Ketika berlatih simulasi dan berada di luar angkasa sana, ada satu pikiran yang tetap menjaga kewaspadaan, yaitu ‘sehabis ini apa lagi yang bisa membuatku mati?’.

Pikiran itu kelihatannya memang menakutkan, tapi tahu apa saja yang bisa membuatmu mati dapat membuatmu waspada. Beliau sendiri jadi lebih rajin dalam simulasi, belajar mengantisipasi banyak hal, dan yang paling penting selesaikan dulu masalah yang ada sebelum lari. Lagi pula, di ISS mau lari ke mana? Hahaha.

Pengalaman-pengalaman beliau ketika masa latihan sampai di ISS juga banyak betul yang dibagi dalam buku ini. Dari betapa pahit-manisnya menjadi astronaut. Keluarga astronaut yang ikut repot ketika ada anggota keluarga yang akan berangkat keluar angkasa. Cerita-cerita seru di ISS, dari mendadak buta ketika sedang EVA sampai alarm kebakaran yang mendadak nyala sendiri (serem ya bayanginnya)!

Termasuk juga beliau berbagi gimana dukungan keluarga dia adalah salah satu yang bikin karirnya sebagai astronaut melambung. Video Space Oddity yang direkam di ISS, itu ide dari salah satu anak beliau. Keren ya.

Sampai di akhir buku, rasanya ikut sedih ketika beliau bercerita tentang akhir misi ketiga yang juga jadi misi penutup beliau sebagai astronaut. Haru ketika beliau pulang dengan soyuz (meski di antaranya sempat cerita seru tentang soyuz teman yang hampir terbakar), melihat ISS terakhir kali, dan kembali lagi ke Bumi. Bagaimana pun menyenangkan dan seru hidup di orbit, melihat pemandangan spektakuler, tapi tetap ya… Bumi-lah yang jadi rumah. Dan perjalanan kembali ke rumah selalu menghadirkan rasa haru serta rindu.

Buku An Astronaut’s Guide to Life on Earth aku beli lewat periplus.com, dan yang punyaku ini versi terbitan Panmacmillan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s