Catatan / Uncategorized

selamat ulang tahun, chris!

nolan 8_cr

Aku ingat lima tahun lalu, pada suatu sore aku datang ke bioskop untuk nonton Inception. Aku nggak tahu film apa itu, hanya saja twitter ramai banget membicarakannya. Jadi aku dan pacar (sekarang sudah mantan), nonton deh. Dan di situ, di momen itu, mungkin untuk kali pertama aku benar-benar terbakar api cemburu.

Dari awal, sejak Cobb bangun dari tidur, satu hal yang bikin aku terkesima adalah DARI MANA ORANG YANG BIKIN FILM INI DAPET IDE? Kenapa aku nggak pernah kepikiran. Waktu itu, antara mikir dan nonton, dan terpana banget. Di akhir, aku langsung nginget-nginget nama si pembuat: Christopher Nolan.

Tapi setelah itu, aku sempat lupa dengan dia. Bulan dan bulan berlalu sampai aku nonton The Prestige. Aku nggak terlalu suka cerita tentang pesulap, tapi mungkin ada yang mendorong aku waktu itu untuk nonton… dan aku nonton. Jaw-dropping dari awal sampai akhir. Lagi-lagi aku dijejali pertanyaan, kali ini lebih ke ide: GIMANA AKU BISA MENERAPKAN TEKNIK CERITA KAYAK GITU DI NOVEL/CERPEN?

Saat adegan terakhir di The Prestige berganti gelap. Lagu Analyse dari Thom Yorke keluar. Aku langsung mantengin. Nama itu. Nama itu muncul lagi! Dia, dia sutradara Inception.

Itu, itulah cerita hubunganku dengan Christopher Nolan. Sehabis itu, aku langsung masukin nama dia ke boks: bikin apa aja pasti aku tonton (aku cuma punya sedikit nama yang ada di level itu).šŸ˜€

Yah, dua pengalaman itu memang kelihatannya lebai dan lucu. Tapi memang sungguh aku ingat banget dua poin di atas itu sampai sekarang. Dia salah satu inspirasiku menulis dan sampai sekarang aku senang banget pakai non-linear narrative. Dan kalau sore itu, aku nggak pergi nonton Inception, aku yang hari ini mungkin nggak akan punya blog review film dan suka-suka ini.šŸ™‚

Awalnya ini harusnya jadi semacam tulisan untuk 5 tahun Inception. Kemudian molor terus dan akhirnya sampai di kemarin, ketika ulang tahunnya ke 45. Mungkin, paling pas untuk mengakhiri postingan ini dengan mengucapkan, selamat ulang tahun, christopher nolan.

salah satu foto dia favoritku! (dari EW)

salah satu foto dia favoritku! (dari EW)

Leave a Reply

