buku

Stories of Your Life and Others

SoYL chiang - adit

Ted Chiang adalah salah satu penulis terbaik di genre SFF saat ini. Cerita-ceritanya, seperti Exhalation, Story of Your Life, dan Lifecycle of Software Objects, begitu populer dan wira-wiri di berbagai ajang penghargaan. Masih merasa belum familier juga? Namanya tak seterang GRRM atau Neil Gaiman atau JKR atau Veronica Roth, tapi jika kamu mau menyelam sedikit saja lebih dalam di komunitas SFF, kamu pasti akan menemukan namanya di jejeran cerita SFF terbaik dan harus dibaca.

Ted Chiang memang tidak (atau belum) menulis satu novel pun. Karya-karya yang ditelurkannya didominasi cerita pendek atau novella. Jumlah ceritanya yang sudah dirilis pun tak banyak, hanya belasan judul. Tapi, itu cukup untuk membuat banyak orang tersihir.

Selain Lifecycle of Software Objects yang pernah dirilis dalam bentuk buku (dan alamak susahnya carinya, aku aja belum dapat!), delapan karya awal Ted Chiang juga dikeluarkan dalam bentuk kumpulan cerita Stories of Your Life and Others. Diterbitkan tahun 2002 oleh Tor dan tahun ini diterbitkan ulang lagi oleh Tor. Cuma versi yang kupunya, yang fotonya dipajang di atas itu keluarga Small Beer Press.

Kekuatan prosa-prosa Ted Chiang, bukan hanya dari keindahan tuturannya, tapi juga kedalaman cerita. Pada setiap kisah yang dia tulis, cara dia mengombinasikan antara hal-hal ilmiah dan sisi kemanusiaan dari manusia itu selalu menggugah. Mungkin sekali dua kali penjelasannya nggak cukup dibaca sekilas saja, tapi ketika membaca ulang, lagi dan lagi, maknanya bisa lebih dalam. Bahkan bagian yang tadinya terasa biasa saja bisa menyentuh.

Itu juga kurasakan ketika membaca ulang Story of Your Life. Sebelum punya buku ini aku sudah sempat membacanya, ketika berjuang menyelesaikan buku ini pun, aku sempat mengulang membacanya lagi. Ada hal-hal baru yang kudapat ketika baca ulang, yang bikin ‘whoaaaaa’ dan mengerti.

Story of Your Life sendiri bercerita tentang seorang ahli bahasa yang diminta berkomunikasi dengan alien. Sejalan dengan perkembangan komunikasi ahli bahasa dengan makhluk ekstraterrestrial tersebut, si ahli bahasa juga cerita tentang hubungannya dan anaknya. Di bagian akhir, semua yang alien, semua yang ilmiah, adalah sesuatu yang sulit dipisahkan dari kehidupan si ahli bahasa itu. Story of Your Life ini sedang diadaptasi ke bentuk film oleh Denis Villeneuve (Prisoners, Sicario) dan dibintangi Amy Adams.

Bukan hanya memberi pembacanya banyak ‘info’, cerita-cerita Ted Chiang pun selalu bikin efek merenung dan menghela napas panjang di akhir. Seakan semua yang terjadi dalam cerita yang penuh elemen fantastis itu bisa terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari.

Salah satu cerita lain yang berkesan banget untukku dari buku ini adalah Liking What You See: A Documentary. Mungkin karena aku perempuan dan kecantikan selalu jadi isu yang terkait dengan perempuan, jadi cerita ini terasa powerful dan menawarkan banyak sudut pandang untukku.

Pada cerita ini, berlatar di sebuah kampus yang ingin menerapkan teknologi semacam serum yang bisa mempengaruhi persepsi otak terhadap kecantikan/kegantengan. Jadi, ketika kamu mau disuntik serum itu, kamu akan melihat semua orang sama, nggak ada yang cantik sekali, nggak ada yang ganteng banget. Semua sama. Tertarik?

Tentunya di kampus itu pun terjadi pro dan kontra. Semua punya argumen. Semua merasa benar dengan argumennya. Justru di situlah kekuatan cerita ini, bagaimana Ted Chiag mengilustrasikan perbedaan-perbedaan itu tanpa kehilangan apa yang sebenarnya ingin diceritakan dan disampaikan.

Cerita-cerita lain dalam buku ini tidak kalah menarik (dan mengagumkan), seperti Hell is The Absence of God yang berkisah tentang keberadaan surga, neraka, dan malaikat-malaikatnya yang nyata. Setiap kali ada kehadiran malaikat, itu sebuah anugerah, tapi bagi beberapa orang menjadi musibah. Cerita ini memenangkan Hugo dan Nebula sekaligus.

Stories of Your Life and Others ini adalah salah satu buku SFF yang wajib banget untuk dipunya. Aku rekomendasikan untuk yang menyenangi konsep-konsep unik dan ganjil, serta yang menyukai kisah dengan fondasi manusia dan budaya. Ayo, ayo, temani aku bergabung dan hanyut dalam indahnya tulisan Ted Chiang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s